Vol 8 (2020): Educational and Psychological Conference in the 4.0 era
Articles

Mathematics Anxiety in Class V SDN Kedungboto Porong
Kecemasan Matematika Pada Kelas V SDN Kedungboto Porong


Mega Alvin Rifdayanti
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Mahardika Darmawan Kusuma Wardana
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Published July 16, 2020
Keywords
  • kecemasan matematika
How to Cite
Rifdayanti, M. A., & Wardana, M. D. K. (2020). Mathematics Anxiety in Class V SDN Kedungboto Porong. Proceeding of The ICECRS, 8. https://doi.org/10.21070/icecrs2020480

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyak siswa yang memiliki indikasi cemas, tegang, dan takut pada saat pembelajaran matematika. Supaya indikasi ini menjadi jelas, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengungkapkannya. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan matematika dan faktor penyebab kecemasan matematika yang terjadi pada siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas V sebanyak 11 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi. Instrumen yang digunakan ialah kuisioner. Dari hasil uji coba 25 pernyataan dalam kuisioner diperoleh 15 pernyataan yang dinyatakan valid dan 10 pernyataan dinyatakan tidak valid. Koefesien reliabilitas adalah 0,904. Data penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecemasan matematika pada siswa kelas V termasuk dalam kategori kecemasan matematika pada tingkat yang sangat tinggi. Kecemasn ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti psikologis sebagai penyebabnya.

References

  1. Tobias. 1993. Proses Pembelajaran yang Membingungkan. Furner & Berman. Gresham. 2007
  2. Anita, Ika Wahyu. 2014.“Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP”, Infinity Vol. 3 No. 1
  3. Dzulfikar, Ahmad. 2016. Kecemasan Matematika pada Mahasiswa Calon Guru Matematika, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.1 No.1.
  4. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Jakarta : Alfabeta.
  5. Sudarjo, Siska. 2003. “Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa”, Jurnal Psikologi No. 2.