Vol 8 (2020): Educational and Psychological Conference in the 4.0 era
Articles

The Influence of Cooperative Learning Model Type Think Pair Share Assisted by Flip Book Media on Learning Outcomes in Graphic Design Subjects for Class X RPL Students at SMK PGRI 2 SIDOARJO
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Flip Book Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Siswa Kelas X RPL di SMK PGRI 2 SIDOARJO


Triafatchul jannah
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Cindy Cahyaning Astuti
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Nyoman Suwarta
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Published August 26, 2020
Keywords
  • think pair share,
  • flip book,
  • hasil belajar
How to Cite
jannah, T., Astuti, C. C., & Suwarta, N. (2020). The Influence of Cooperative Learning Model Type Think Pair Share Assisted by Flip Book Media on Learning Outcomes in Graphic Design Subjects for Class X RPL Students at SMK PGRI 2 SIDOARJO. Proceeding of The ICECRS, 8. https://doi.org/10.21070/icecrs2020524

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media Flip Book siswa kelas X RPL di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain pre experimental Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X TKJ di SMK PGRI 2 Sidoarjo yang berjumlah 34 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media Flip Book terhadap hasil belajar siswa.

References

  1. Yolando steven & Nurdjito, 2017. Pengembangan modul pengecoran logam di SMK Negeri 1 Magelang. Jurnal pendidikan vokasional teknik mesin. 5’1
  2. Sudjana, 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
  3. Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan). Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
  4. Mulyaningsih,N.N., & Saraswati, D.L (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvsoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5 (1), 25-32
  5. sugiyono, metode penelitian pendidikan (pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D), 25th ed. bandung: ALFABETA, 2017.
  6. Akbar. Sa’dun. 2013. Intrument Perangkat Pembelajaran. Bandung : Rosdakarya