Vol 8 (2020): Educational and Psychological Conference in the 4.0 era
Articles

Child Friendly Science Education
Pendidikan IPA Ramah Anak


Ainun Jariyah
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Dewi Ayu M
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Eka Mulyati N
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Sailatul Mauliah
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Zulfa Nur Maulidah
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Published August 26, 2020
Keywords
  • Pendidikan IPA,
  • Ramah Anak
How to Cite
Jariyah, A., M, D. A., N, E. M., Mauliah, S., & Maulidah, Z. N. (2020). Child Friendly Science Education. Proceeding of The ICECRS, 8. https://doi.org/10.21070/icecrs2020533

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan IPA ramah anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka atau library research yang bersumber pada data-data pustaka, seluruh data dianalisis dengan Teknik analisis data dan teknik deskriptif komparatif serta analisis kritis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendidikan IPA ramah anak merupakan suatu penerapan proses pembelajaran IPA yang inovatif, kreatif dan efektif yang berpusat terhadap anak sehingga anak merasa nyaman, betah dan aspiratif dalam melakukan kegiatan pembelajaran IPA yang cenderung pada kegiatan praktikum dan perhitungan ilmiah. Dalam Pendidikan IPA ramah anak mencakup dua hal yaitu pendidik yang ramah kepada anak dan proses pembelajaran yang ramah anak. Proses Pembelajaran yang ramah anak dalam pembelajaran IPA terdapat berbagai macam proses kegiatan belajar mengajar yang memusat pada 6 standar nasional pembelajaran yaitu; 1) Tujuan belajar, 2) Motivasi, 3) Hambatan atau atau tingkat kesulitan, 4) Stimulus dari lingkungan, 5) Situasi, dan 6) Respon peserta didik.

References

  1. Amrullah, Muhlasin, Khizanatul Hikmah. “Pendidikan Ramah Anak Dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia [Child Friendly Education in Indonesia's National Education Standards]”. Jurnal pendidikan. Vol. 8(1). 2019. [online], http://doi.org//10.21070/pedagogia.v8i1.1883.pdf [diakses 3 Maret 2020].
  2. Senowarsito dan Arisul Ulumuddin. “Implentasi Pendidikan Ramah Anak dalam Konteks Membangun Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Di Kota Semarang”. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran Vol. 6(1). 2012. [online].
  3. Ratnasari, Yuni. “Implementasi Pendidikan IPA Ramah Anakmelalui Model Pembelajaran Snowball Drilling Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Gribig Kudus”. Seminar Nasional Pendidikan. 2014. [online].
  4. Risminawati dan Siti Nur Rofi’ah. “Implementasi Pendidikan Ramah Anak Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Rendah SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar Vol. 2(1). 2015. [Online]