Vol 8 (2020): Educational and Psychological Conference in the 4.0 era
Articles

Muhammadiyah Magersari Subdistrict Strategy in Community Development
Strategi Ranting Muhammadiyah Magersari dalam Pembinaan Masyarakat


Erinda Ambarani
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Muhlasin Amrullah
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Widya Adiningtyas
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Imarotul Fatma
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Fisty Wilda Safitri
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Devi Novianti
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Published August 26, 2020
Keywords
  • Muhammadiyah,
  • Strategi,
  • Pembinaan
How to Cite
Ambarani , E., Amrullah, M., Adiningtyas, W., Fatma, I., Safitri, F. W., & Novianti, D. (2020). Muhammadiyah Magersari Subdistrict Strategy in Community Development. Proceeding of The ICECRS, 8. https://doi.org/10.21070/icecrs2020534

Abstract

Muhammadiyah merupakan organisasi yang menjunjung Islam.Organisasi Islam Muhammadiyah memiliki struktur dalam keorganisasian, dari tingkat yang paling tinggi ya itu pusat, wilayah, daerah, cabang,dan yang paling rendah ranting.  Semua tingkat keorganisasian di Muhammadiyah memilki peran dan tanggung jawab masing - masing. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat dan juga untuk mengetahui strategi dalam mengembangkan Muhammadiyah di Ranting Magersari. Manfaat observasi ini juga menambah keilmuan terutama pada bidang agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengambilan data  dilakukan dengan cara observasi dan wawancara bapak Abdul Rochim selaku Pimpinan Muhammadiyah Ranting Magersari. Oleh sebab itu, Bapak Abdul Rochim selaku masyarakat Magersari mendirikan RANTING MUHAMMADIYAH yang bertujuan untuk mengajak semua masyarakat dalam mengamalkan ajaran Islam yang sesuai di kehidupan sehari-hari untuk menggerakkan pemberantasan tahayyul, bid’ah, serta khurafat serta untuk membantu warga menuju ke hal yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan tersebut, ketua Ranting Magersari mengadakan sebuah pertemuan rutin seperti majelis taklim untuk dakwah membahas mengenai islam yang sebenarnya. Hasilnya mereka diharapkan bersedia mengikuti pertemuan rutin tersebut.

References

  1. Alimuddin, Nurwahiddah. 2007. KONSEP DAKWAH DALAM ISLAM. Jurnal Hunafa. Vol.4.Siddik, Dja’far. 2017.
  2. DINAMIKA ORGANISASI MUHAMMADIYAH DI SUMATERA UTARA. JOURNAL OF CONTEMPORARY ISLAM AND MUSLIM SOCIETY. Vol 1, No 1 Siddik (2017).
  3. PWM Jawa Barat, 2009. Dasar-Dasar Gerakan Muhammadiyah,PWM Jawa Barat : Bandung