Articles
DOI: 10.21070/icecrs2021895

The Effect of Knowledge Management Implementation and Motivation on Employee Performance with Learning Organization as an Intervening Variable (Study on a Construction Consulting Service Company INKINDO East Java Member)


Pengaruh Penerapan Knowledge Management dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan dengan Learning Organization Sebagai Variabel Intervening (Study Pada Perusahaaan Jasa Konsultansi Konstruksi Anggota INKINDO Jawa Timur)

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Knowledge Management Motivation Learning Organization and performance

Abstract

The purpose of this study is to determine the Influence of Application Knowledge Management And Motivation To Employee Performance that is mediated by Learning Organization either directly or indirectly. The data in this study using the data tabulation of respondents from the results of the questionnaire. The sample used in this research is 248 employees in Construction Consultant Company of Inkindo Member of East Java. The analytical tool used is SEM (Structural Equation Modeling) analysis with Amos program. The primary data is obtained from the questionnaire which measurement using Likert scale  which tested the  validity  and  reliability, SEM evaluation and  hypothesis test  with  the respondent's deskritif and variable. Result of research based on validity and reliability test show that data have valid and reliable. Based on the SEM test shows that Knowledge Management and Motivation affect the learning organization, besides Knowledge Management and motivation also have an effect on the performance that is mediated by learning organization either directly or indirectly.

Pendahuluan

Permasalahaan terkait dengan sumber daya manusia masih menjadi sorotan utama bagi perusahaan untuk dapat bersaing di pangsa pasar. Sumber daya manusia menjadi kunci pokok untuk mengembangkan dan mempertahankan kualitas dalam keberhasilan untuk suatu perusahaan. Disamping itu tanpa adanya sarana dan prasarana yang mendukung pencapaian suatu keberhasilan akan menjadi kendala dalam perusahaan tersebut. Oleh karena itu segala kebutuhan dalam pelaksanaan perusahaan hendaklah dilakukan dengan kualitas dan kinerja yang baik. Proses learningorganization dapat dilakukan dengan cara progam pelatihan berkaitan dengan pentransferan pengetahuan dan keterampilan[1]. Pembelajaran akan terus diterapkan sampai ada kesesuaian kompetensi yang dimiliki oleh karyawan dengan kompetensi tuntutan pekerjaan di perusahaan. Ide untuk menghubungkan praktek learningorganizationdengan kinerja sangatlah menarik bagi hampir keseluruhan perusahaan. Memang mudah untuk diucapkan, namun dalam prakteknya learningorganizationsulit untuk dilaksanakan.

Perusahaan Jasa Konsultansi Konstruksi Anggota Inkindo di Jawa Timur belum sepenuhnya menggunakan knowledgemanagementsebagai dorongan untuk menciptakan dan mempertahankan peningkatan nilai dari inti kompetensi. Berdasarkan pada latar belakang dan ruang lingkup penelitian diatas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh PenerapanKnowledgeManagementDan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan LearningOrganizationSebagai Variabel Intervening (Study Pada Perusahaaan Jasa Konsultansi Konstruksi Anggota Inkindo Jawa Timur)”.

Metode

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan[2].Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data SEM (Structermasuk dengan jenis survey eksplanasi. Penelitian eksplanasi merupakan penelitian yang berhubungan tertentu yang menggambarkan sejumlah kegiatan atau fenomena yang terjadi dilapangan. Dengan pengguanan survey eksplanasi ini, penulis akan memperoleh fenomena atau gambaran secara langsung tentang variabel penelitian yaitu lingkungan kerja, kepemimpinan, komunikasi dan kinerja karyawan PT. Hero Supermarket Tbk.

Kinerja karyawan mempengaruhi keberhasilan perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya[3]. Hasil kerja yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melakukan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Selain itu perusahaan dalam mencapai tujuannya, maka kinerja karyawan harus didukung oleh knowledgeyang dimiliki setiap individu karyawan. pengetahuan (knowledge) merupakan sumber daya utama suatu bangsa baik secara militer maupun secara ekonomi. Knowledge berbeda dengan lahan (land),pekerja (labor),dan modal (capital)[4].Selain itu motivasi juga memiliki peranan penting dalam peningkatan kinerja karyawan. motivasi yang berkaitan langsung dengan kebutuhan, tentu menjadi motif tersendiri bagi karyawan dalam memenuhi standar kinerja [5]. Model penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model struktur berjenjang dan untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan teknik analisis SEM (StructuralEquationModelling) yang dioperasikan melalui program AMOS. Alasan yang dikemukakan berkaitan dengan pemakaian SEM yaitu SEM merupakan sekumpulan teknik statistikal yang memungkinkan pengujian sebuah rangkaian hubungan yang relative “rumit” secara simultan.

Hasil dan Pembahasan

Uji Kualitas Data

Pengujian kualitas data ini menggunakan bantuan softwareSPSS versi 19 for windows. Hasil uji validitas dan reliabilitas adalah sebagai berikut:

Uji Validitas

Uji ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bahwa setiap pertanyaan yang diajukan kepada responden telah dinyatakan valid atau tidak.

Item r hitung Cut off Keterangan
KM1 0,810 0,3 Valid
KM2 0,707 0,3 Valid
KM3 0,805 0,3 Valid
KM4 0,759 0,3 Valid
KM5 0,672 0,3 Valid
KM6 0,713 0,3 Valid
KM7 0,649 0,3 Valid
KM8 0,465 0,3 Valid
Table 1. Hasil Uji Validitas Knowledge Management Sumber : Hasil Olahan SPSS dirangkum

Hasil perhitungan uji validitas terhadap kuesioner KnowledgeManagement menunjukkan bahwa seluruh butir kuesioner semuanya valid. Item kuesioner dinyatakan valid karena harga r hitung untuk semua item kuesioner lebih besar dari 0,3.

I t e m r hitung r ta bel K e t e ra n ga n
M1 0,564 0,3 Valid
M2 0,531 0,3 Valid
M3 0,576 0,3 Valid
M4 0,757 0,3 Valid
M5 0,715 0,3 Valid
M6 0,702 0,3 Valid
M7 0,562 0,3 Valid
M8 0,486 0,3 Valid
M9 0,580 0,3 Valid
M10 0,507 0,3 Valid
Table 2. Ha s il U j i V a li d it a s M o t i va s i Sumber : Hasil Olahan SPSS dirangkum

Item kuesioner diatas dinyatakan valid karena harga r hitung untuk semua item kuesioner lebih besar dari 0,3.

I t e m r hitung r ta bel K e t e ra n ga n
LO1 0,792 0,3 Valid
LO2 0,857 0,3 Valid
LO3 0,785 0,3 Valid
LO4 0,772 0,3 Valid
LO5 0,766 0,3 Valid
LO6 0,800 0,3 Valid
LO7 0,679 0,3 Valid
LO8 0,742 0,3 Valid
LO9 0,797 0,3 Valid
LO10 0,858 0,3 Valid
LO11 0,789 0,3 Valid
LO12 0,790 0,3 Valid
Table 3. Hasil Uji Validitas Learning Organization Sumber : Hasil Olahan SPSS dirangkum

Item kuesioner diatas dinyatakan valid karena harga r hitung untuk semua item kuesioner lebih besar dari 0,3.

I t e m r hitung r ta bel K e t e ra n ga n
K1 0,714 0,3 Valid
K2 0,751 0,3 Valid
K3 0,763 0,3 Valid
K4 0,800 0,3 Valid
K5 0,729 0,3 Valid
K6 0,718 0,3 Valid
K7 0,703 0,3 Valid
K8 0,697 0,3 Valid
K9 0,734 0,3 Valid
K10 0,708 0,3 Valid
K11 0,741 0,3 Valid
K12 0,776 0,3 Valid
Table 4. Ha s il U j i V a li d it a s K iner j a Ka r y a w a n Sumber : Hasil Olahan SPSS diringkas

Item kuesioner diatas dinyatakan valid karena harga r hitung untuk semua item kuesioner lebih besar dari r tabel yaitu sebesar 0,3.

No Item Cronbach Alpha Keterangan
1 Knowledge Management 0,890 Reliabel
2 Motivasi 0,869 Reliabel
4 Learning Organization 0,956 Reliabel
5 Kinerja Karyawan 0,942 Reliabel
Table 5. Hasil Uji Reliabilitas Semua variabel Sumber : Hasil Out Put SPSS versi 19 (Data diolah)

Berdasarkan hasil uji reliabilitas menggunakan cronbachalphadiketahui variabel instrumen memiliki cronbach alpha lebih besar dari 0,6.

116 50,647 ,169 ,125
81 50,461 ,174 ,106
59 50,063 ,184 ,119
80 49,917 ,188 ,097
75 49,356 ,203 ,137
62 49,161 ,208 ,122
76 48,767 ,219 ,141
96 48,540 ,226 ,134
99 47,053 ,273 ,451
49 46,557 ,290 ,532
43 44,986 ,348 ,887
19 44,890 ,352 ,863
69 44,521 ,366 ,889
111 44,101 ,383 ,918
51 43,051 ,426 ,984
66 42,826 ,436 ,984
60 42,379 ,455 ,991
Table 6. U j i m a h a l a n o b i s Sumber : out put SEM

Untuk menghitung mahalonobis distance berdasarkan nilai chi-square pada derajad bebas sebesar 42 (jumlah indikator) pada tingkat p < 0.001 adalah 76.084 (berdasarkan tabel distribusi x2).

Eigenvalues

U j i cova ri a n m at r i x

9,063 3,898 1,599 1,392 1,317 ,804 ,679 ,663 ,529 ,511 ,448 ,402 ,376 ,326 ,319 ,294 ,245 ,238 ,233 ,208

,200 ,170 ,154 ,141 ,129 ,110 ,104 ,100 ,097 ,086 ,083 ,076 ,058 ,053 ,049 ,039 ,034 ,027 ,025 ,012 ,009

,006

Determinant of sample covariance matrix = ,124

Sumber out put SEM

Dari hasil pengolahan data tersebut dapat diketahui nilai determinant of sample covariance matrix sebesar 0,124 yang berada diatas nol.

G oo d n e s s o f f it in d e k s Cu t-of f V a lue Ha s il E va lua s i M o del
Chi – Square <211,217 53,618 Baik
Probability ≥0.05 0,094 Baik
RMSEA ≤ 0.08 0,047 Baik
GFI ≥ 0.90 0,917 Baik
AGFI ≥ 0.90 0,892 Marginal
CMIN / DF ≤ 2.00 1,754 Baik
TLI ≥ 0.95 0,959 Baik
CFI ≥ 0.95 0,943 Marginal
Table 7.Hasil Pengujian Kelayakan Model Pada Analisis Structural Equation Model (SEM)Sumber : Out Put SEM diolah

Hasil tersebut menunjukkan bahwa model yang digunakan dapat diterima, yang menunjukkan sebagai suatu model persamaan struktural yang baik.

Estimate S.E. C.R. P Label
Learning_Organization < Knowledge_Management ,541 ,244 2,764 *** par_39
Learning_Organization < Motivasi 1,434 1,134 2,265 *** par_40
Kinerja < Learning_Organization ,681 ,112 6,018 *** par_41
Kinerja < Knowledge_Management ,742 ,096 2,318 *** par_43
Kinerja < Motivasi ,632 ,337 2,537 *** par_44
Table 8. Pen g uji a n H ipo t esis Sumber : Hasil SEM diolah

Dari hasil pengujian diperoleh bahwa semua nilai CR berada di atas 1,96 atau dengan probabilitas yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat diambil penjelasan bahwa

Knowledge Management berpengaruh signifikan positifterhadap LearningOrganization. Knowledge Management berpengaruh signifikan positifterhadap kinerja karyawan. Motivasi berpengaruh signifikan positif terhadap LearningOrganization.

Motivasi berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan.

Learning Organization berpengaruh signifikan positifterhadap kinerja karyawan.

K es i m p ulan

Dari hasil analisis data, hipotesis penelitian serta pembahasan yang telah dilakukan pada bab-bab sebelumnya, maka penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

KnowledgeManagement berpengaruh signifikan positif terhadap LearningOrganizationKaryawan di Perusahaaan Jasa Konsultan Konstruksi Anggota Inkindo Jawa Timur.Semakin tinggi Knowledge Managementmaka LearningOrganizationsemakin meningkat

Motivasi berpengaruh signifikan positif terhadap terhadap Learning OrganizationKaryawan di

Perusahaaan Jasa Konsultan Konstruksi Anggota Inkindo Jawa Timur. Sehingga Semakin baik Motivasi maka LearningOrganizationjuga semakin meningkat

KnowledgeManagementberpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaaan Jasa

Konsultan Konstruksi Anggota Inkindo Jawa Timur . Semakin tinggi KnowledgeManagementmaka semakin tinggi pula Kinerja Karyawan

Motivasi berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaaan Jasa Konsultan Konstruksi Anggota Inkindo Jawa Timur. Semakin baik Motivasi dapat meningkatkan Kinerja Karyawan LearningOrganizationberpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaaan Jasa Konsultan Konstruksi Anggota Inkindo Jawa Timur . Semakin tinggi learningOrganizationmaka tidak Kinerja Karyawan juga semakin meningkat

KnowledgeManagementdan Motivasi berpengaruh signifikan positif terhadap Kinerja Karyawan yang dimediasi oleh LearningOrganization. Pengaruh KnowledgeManagementsecara langsung lebih besar dari pada pengaruh secara tidak langsung sedangakan pengaruh motivasi secara tidak langsung lebih besar dari pada pengaruh secara langsung

References