Articles
DOI: 10.21070/icecrs2021896

Analysis of the Effect of Leadership Style and Job Satisfaction on Organizational Commitment to Improve Employee Performance: Organizational Commitment as an Intervening Variable at PT. Niki Mapan Surabaya


Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan : Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening di PT. Niki Mapan Surabaya

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Leadership Style Job Satisfaction Organizational Commitment Employee Performance

Abstract

This study aims to determine the effect of leadership style and work leadership on organizational commitment to improve employee performance through both direct and indirect influence and to determine the effect of organizational commitment at PT Niki Mapan Surabaya. As many as 102 employees of PT Niki Mapan Surabaya as research samples. Analysis techniques used were path analysis, t-test statistics and F-test statistics. Data analysis was performed with the help of the SPSS program. The results showed that the leadership style and breadth of work affect the organizational commitment and employee performance, and organizational commitment affects the performance of employees of PT. Niki Mapam Surabaya.

Pendahuluan

Masuknya era globalisasi diiringi dengan semakin ketatnya persaingin bisnis disegala bidang. Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi pelaku bisnis. Untuk dapat bertahan dan mengembangkan suatu bisnis, perusahaan harus mampu meningkatkan kualitas sumber daya yang dimilikinya, terutama sumber daya manusia dalam perusahaan. Perusahaan diharapkan dapat memilihara komitmen organisasi yang terbentuk dalam perusahaan. pemimpin mempunyai peran dalam membentuk komitmen organisasi. Seorang pemimpin untuk dalam menerapkan gaya kepemimpinan terlebih dahulu harus mengetahui siapa yang mereka pimpin. Dengan mengetahui siapa yang mereka pimpin, seorang pemimpin akan mengetahui seberapa kekutan bahawannya sebagai penyeimbang dari kelemahan mereka.

Hasil penelitian yang dilakukan Yavirach [1] bahwa kepemimpinan memiliki hubungan yang significan terhadap komitmen organisasi. Apabila bagian kepemimpinan memiliki cara kerja yang baik, maka komitmen organisasi (perusahaan) akan semakin tinggi, sebaliknya apabila kepemimpinan memiliki cara kerja yang buruk,maka komitmen organisasi keryawan akan semakin rendah. Disini penulis mengamati bahwa adanya kesenjangan dalam kantor dimana kepemimpinan kepuasan kerja dan komitmen organisasi sudah baik namun ada kinerja karyawan belum maksimal.

Metode

Jenis penelitan merupakan jenis pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dan observasi untuk pengumpulan data. Adapun pengolahan data menggunakan bantuan program SPSS 24.Obyek penelitian adalah PT. Niki Mapan Surabaya berjumlah 102 orang, dimana dalam dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling.

Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas dan dua variabel terikat, yaitu gaya kepemimpinan, (X1), dan kepuasan kerja (X2) sebagai variabel bebas, serta komitmen organisasi (Y1) dan kinerja karyawan (Y2) sebagai variabel terikat. Indikator masing-masing variabel dapat dilihat pada tabel 1 sebagai berikut:

Variabel Indikator
Kepemimpinan (X1) Pounder [2] 1. Pendidikan umum yang luas 2. Kemampuan analisis 3. Ketermapilan berkomunikasi
Kepuasan Kerja (X2) Fauzan [3] 1. Gajji 2. Pekerjaan 3. Rekan kerja 4. Atasan
Komitmen Organisasi (Y1) Sopiah [4] 1. Keinginan untuk sebagai anggota 2. Keinginan berusaha demi kesuksesan organisasi 3. Persamaan nilai-nilai organisasi
Kinerja Karyawan Dharma [5] 1. Kuantitatas kerja 2. Kualitas kerja 3. Jangka waktu output 4. Kerjasama
Table 1.Instrumen Penelitian

Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalus, dengan model seperti pada gambar 1 sebagai berikut:

Figure 1.Bagian Model Jalur

Hasil dan Pembahasan

Hasil

Berdasarkan penelitian responden didominasi karayawan berjenis kelamin pria sebesar 50% usia 36-45 tahun sebesar 68,3% pendidikan S1 sebesar 60,9% karyawan di PT Niki Mapan Surabaya didominasi karyawan berpendidikan S1 karena fungsi kerja perusahaan menjualkan berbagai mainan anak hingga luar negeri. Pengujian validitas dan reabiilitas menunjukkan bahwa hasil uji validitas semua item kuesioner setiap variabel pada tabel Corrected item total adalah diatas 0,306 dan uji reabilitas semua item kuesioner variabel pada tabel Croncbach’s Alpha diatas 0,6. Hal tersebut dapat diartikan bahwa semua item pertanyaan variabel gaya kepemimpinan (X1) kepuasan kerja (X2) komitmen organisasi (Y1) kinerja karyawan (Y2) dinyatakan valid dan realibel dan selanjutnya pertanyaan dapat digunakan dalam penelitian.

Pengujian Hipotesis I pengaruh langsung dari hasil analisis jalur dengan nilai perhitungan SPSS 25 menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,015 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan mengindasikan bahwa ada pengaruh gaya kepemimpinan (X1) terhadap komitmen organisasi. Hipotesis 2 menghasilkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,021< 0,05 maka Ho ditolak dan mengindasikan ada pengaruh kepuasan kerja (X2) terhadap komimen organisasi (Y1). Hipotesis 3 menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan menyatakan gaya kepemimpinan (X1) ada pengaruh terhadap kinerja karyawan (Y2). Hipotesis 4 menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,012 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan menyatakan kepuasan kerja (X2) ada pengaruh kepuasan kerja (X2) terhadap kinerja karyawan (Y2). Hipotesis 5 menujukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,001 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan menyatakan komitmen organisasi (Y1) terhadap Kinerja karyawan (Y2).

Pembahasan

Berdasarkan hasil penelitian adanya pengaruh yang signifikan terhadap komitmen organisasi. Hal ini diperkuat juga pada penelitian lain yang mengemukakan hasil bahwa terdapat pengaruh yang positif antara variabel gaya kepemimpinan dengan komitmen organisasi menurut hasil penelitian Avolio et al [6] menghasilkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi. Dari hasil analisis diketahui kepuasan kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi, dinyatakan pula bahwa terdapat pengaruh positif antara kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi. Selaras dengan penelitian yang dilakukan Tania [7], yang memperoleh hasil bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi.

Berdasarkan data yang diperoleh bahwa variabel komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Didukung dengan dengan penelitian Fitriana [8] yang menyatakan bahwa komitmen organisasi memiliki pengaruh pada tinggi rendahnya kinerja karyawan. Hasil penelitian menyatakan bahwa kepuasan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan dari hal ini dapat dikatakan bahwa semakin baik kinerja juga samakin baik. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan.

Kesimpulan

Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) gaya kepemimpinan memiliki pengaruh terhadap komitmen organisasi karyawan di PT. Niki Mapan, 2) kepuasan kerja memiliki pengaruh terhadap komitmen organisasi karyawan di PT. Niki Mapan, 3) komitmen organisasi memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan di PT. Niki Mapan, 4) kepuasan kerja memiliki pengaruh kinerja karyawan di PT. Niki Mapan, dan 5) gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Niki Mapan. Hendaknya manajemen PT. Niki Mapan memperhatikan masalah mengenai gaya kepemimpinan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap komitmen organisasi dan kinrja karyawan, gaya kepemimpinan yang tepat meningkatkan komitmen organisasi dan kinerja karyawan.

Ucapan Terima Kasih

Terima kasih kepada responden dan semua pihak yang telah mendukung penulis secara moril maupun materil sehingga penelitian dan tulisan ini dapat terselesaikan.

References

  1. Irwaan Noor Yavirachh, "Pengaruh Gaya kepemimpinan Terhadap Kinerja Organisasi(Studi Pada Karyawan Radar Malang PT. Malang Intermedia pres)," Jurnal Administrasi Publik, vol. 3, no. 7, pp. 1268-1272, 2011.
  2. James Pounder, "New Leadershio and University Organizational Efektiviness Exploring the Relation, Leadership & Organizational Development," American Journal of Educational Research, vol. 22, no. 6, pp. 281-290, 2011.
  3. Fauzan, "Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja dengan Komitmen Organisasi sebagai variabel Intervening (Studi pada PT. Yudhistira Ghalia Indonesia Area Yogyakarta)," Skripsi Universitas Diponegoro, 2014.
  4. Sopiah, Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.
  5. Surya Dharma, Manajemen Kinerja: Falsafat, Teori Dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
  6. Weichun Avolio, "Transformational Leadership and Organizational Commitment: Mediating Role of Psychological Empowerment and Moderating Role of Structural Distance," Jurnal of Organizational Behavior , vol. 25, no. 2, p. 9510968, 2017.
  7. Anastasia Tania dan Eddy M. Sutanto, "Pengaruh MOtivasi Kerja Dan Keuasan kerja Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan PT. DAI Knife di Surabaya," AGORA, vol. 1, no. 3, pp. 1-9, 2013.
  8. Fitriana, "Pengaruh Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja serta Komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan pada PT. Adi Dharma Balikpapan," Jurnal Manajemen Universitas Jember, 2013.