Articles
DOI: 10.21070/icecrs2021910

Analysis of the Opinion of Ustadz Abdul Somad on the Concept of the Sakinah Family


Analisa Pendapat Ustadz Abdul Somad Tentang Konsep Keluarga Sakinah

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Peaceful Famil Concept Peaceful Family According To Ustadz Abdul Somad Marriage Advice

Abstract

Islam regulates everything in human life, one of which is the problem of marriage. And today many of the Muslims will fail in fostering a sakinah family, and finally they separate. Whereas Islam does not like it all, because Islam teaches every Muslim how to choose a partner, so it does not cause damage in the household for those who follow the instructions in Islam. And therefore Muslims need sakinah family concepts to practice in their families everyday, so as not to confuse them in practicing them and make it easier for them to practice them. The type of research used is quantitative. The method of collecting data is obtained through review of books and video. While the analysis used is the opinion of Ustadz Abdul Somad About the Sakinah Family. Based on the results of the discussion in this paper that building a sakinah family must begin before marriage  and  after  marriage.  As  for  before  marriage,  he  prepared  religion  and  entered  Islamic communities to indulge in immorality. As for after marriage, he maintains the feelings of his partner, so that growing love and affection between the two.

Pendahuluan

Peneliti menulis judul : Analisa Pendapat Ustadz Abdul Somad tentang konsep keluarga sakinah karena banyaknya kaum muslimin dizamaan sekarang ini yang tidak tau bagaiamana cara mewujudkan kelurga sakinah menurut Islam. Dan tidak sedikit yang gagal dalam mempertahankan rumah tangga mereka. Dan sekalipun mereka tetap bersama, banyak para wanita ataupun lelaki yang tersiksa dan mencoba mempertahankan rumah tangganya supaya tidak hancur. Dan ustadz yang diteliti juga mempunyai penggemar yang sangat banyak di Indonesia ini, sehingga jika mereka membaca konsep kelurga sakinah, maka mereka bisa mengamalkan dan mempraktekkan kedalam kehidupan mereka sehari-hari. Oleh sebab itu peneliti ingin memberikan sebuah wadah agar kaum muslimin menerapkan dan mempraktekkan konsep tersebut kedalam kehidupan mereka sehari-hari, sehingga terciptalah suasana keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah apabila mereka mengikuti konsep-konsep tersebut insyaAllah.

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam mencari sumber informasi, maka dilakukan dengan cara menelaah buku dan video Ustadz Abdul Somad. Sedangkan analisa yang digunakan adalah pendapat Ustadz Abdul Somad Tentang Keluarga Sakinah.

Hasil dan Pembahasan

Peneliti memulai dari menjelaskan syarat-syarat keberhasilan keluarga sakinah kemudian langkah-langkah yang harus dibiasakan didalam keluarganya dan menajaga perasaan pasangannya serta akan dijelaskan apa-apa saja yang harus dijauhi darinya. Konsep keluarga sakinah menurut Ustadz Abdul Somad terbagi menjadi 7. Syarat-syarat berhasilnya yang harus dikerjakan untuk mewujudkan keluarga sakinah. Syarat-syarat keberhasilan keluarga sakinah yang dilakukan sebelum nikah ada 6: 1) Dia harus berniat diawal bahwa tujuan menikah itu untuk ibadah kepada Allah; 2) Harus memilih pasangan yang amanah. 3) Memilih pasangan yang mau memulai perjuangan dari awal. 4) Memilih pasangan yang baik agamanya. 5) Memilih pasangan yang baik akhlaknya. 6) Tidak memilih mertua yang mata duitan.

Langkah-langkah yang harus dibiasakan didalam keluarganya dan apa-apa saja yang harus dijauhi [9]. Langkah-langkah yang harus dibiasakan didalam keluarganya: 1) Saling berkasih sayang diantara pasangan suami istri; 2) Saling memahami diantara keduanya; 3) Istri hendaknya berdandan sebelum suaminya pulang; 4) Suami istri hendaklah sama-sama mengaji ilmu agama ke pengajian Para Ustadz; 5) Suami harus peka terhadap istrinya. Sesuatu yang harus dijauhi oleh pasangan suami istri [1], Istri jangan menggurui suaminya, Menjauhi saling memata-matai didalam keluarganya, Menjauhi menuntut pasangan yang berlebihan (banyak).

Kesimpulan

Keluarga sakinah itu didalam hati penuh dengan ketenangan dan bahagia, baik senang hatinya maupun pikirannya. Ada syarat-syarat yang harus dilakukan sebelum menikah dan ini adalah syarat agar berhasil mewujudkan keluarga sakinah. Langkah-langkah yang harus dibiasakan setelah menikah sebagai pematangan usaha yang dilakukan sebelum menikah.

References

  1. Video Youtube, Kiat-Kiat Membangun Keluarga Islami. (Perum, BI Pancoran) 02-00-7202 : https://youtube/JpAgLD2r122 diakses tanggal 07 Januari 7202
  2. Ustdz Abdul Somad, Semua Ada Saatnya, Pustaka Al-Kautsar
  3. Athiyah Saqar, Mausu’ah Al-Fiqhiyah
  4. Video Youtube, Keluarga Sakinah Menuju Jannah, Masjid Sholahuddin, Sidoarjo : https://youtu.be/dxqpVGCemyY diakses tanggal 09 Januari 7202
  5. Ustadz Abdul Somad, Ketika Rumah Tangga di Ambang Kehancuran, Pustaka Al-Kautsar
  6. Pengertian Keluarga : https://mawdoo9 .com diakses tanggal 79 November 7200
  7. Mahmud Al-Misri, Pernikahan Islam yang bahagia