Buku Ajar Ilmu Pendidikan Islam
Abstract
Puji syukur kehadirat Allah Swt., Tuhan Yang Maha Esa hanya kepada-Nya kita berserah diri dan mencari ridla-Nya. Semoga kita selalu memperoleh petunjuk dan bimbingan- Nya kejalan yang benar dan mampu meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akherat. Shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw hamba Allah swt terbaik, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang selalu tunduk kepada ajaran yang disampaikannya.
Memasuki awal abad XXI, Pendidikan Islam sangat dibutuhkan oleh Ummat di era gelombang teknologi digital saat ini. Pendidikan Islam yang diharapkan dalam hal ini adalah pendidikan yang mampu menguatkan nilai-nilai ajaran Islam dalam gelombang teknologi informasi yang tak mampu dibendung lagi. Pendidikan Islam yang mampu mencegah keruntuhan akhlak dan kemerosotan perilaku generasi Bangsa dan Ummat, karena intelektual berkembang dengan cepat, teknologi semakin pregressive, sementara kehidupan beragama dan keyakinan terhadap agama semakin terkikis.
Downloads
Metrics
References
Pelajar.
Abdullah Ali, dan Jamaludin. 1999. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Afida, Ifa. 2018. “Historitas Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” FALASIFA : Jurnal
Studi Keislaman 9(1): 17–34.
Al-Abroshy, M. Athiyah. 1970. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Andi Abd Muis, Arifuddin. “Metode Mengajar Pendidikan Agama Islam.” Lp Univ
Muhammadiyah Pare pare.
Apriliah, Dita. 2021. “Implementasi Media Pembelajaran Daring Pelajaran Tematik Siswa
Kelas I Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.” : 10–22.
www.journal.uta45jakarta.ac.id.
Arifin, Ahmad Zainal. 1976. Memperkembangkan Dan Mempertahankan Islam Pendidikan Di
Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang.
Arifin, HM. 1991. Ilmu Pendidikan Islam Dalam Suatu Tinjauan Pendekatan Interdisipliner.
ed. cet 1. Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, M. 1993. Kapita Selekta Pendidikan (Islam Dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara.
———. 1997. Hubungan Timbal Balik Antara Pendidikan Sekolah Dan Keluarga. 3rd ed.
Jakarta: Bulan Bintang.
Azis, Rosmiaty. 2019. A. Rosmiaty Azis. cetakan ke. ed. Baharuddin. Yogyakarta: Ngringinan
palbapang Bantul. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13856/1/Ilmu Pendidikan Islam.pdf.
Bafadhol, Ibrahim. 2017. “Lembaga Pendidikan Islam Di Indoesia.” Jurnal Edukasi Islami
Jurnal Pendidikan Islam 06(11): 59–72.
Baharun, Hasan. 2017. Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Cantrik
Pustaka.
Baqi, M. Fuad Abdul. Al-Mu’jam Al-Mufahras Li Al-Fadhi Al-Qur’an Al-Karim. Beirut: Dar
al-Fikr.
Buseri, Kamrani. Dasar, Asas Pendidikan Islam. I. Banjarmasin: IAIN Banjarmasin.
Chaeruddin. 2013. “Jurnal Diskursus Islam Volume 1 Nomor 2, Agustus 2013.” Jurnal
204
Diskursus Islam 1(3): 421–36.
Dahlan, M.D. 1984. Model-Model Mengajar. Bandung: Diponegoro.
Darajat, Zakiyah. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Cet.3. Jakarta: Bina Aksara.
———. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Darwis, Djamaluddin dlam habib Thoha, Abdul Mu’thi. Strategi Belajar Mengajar. Semarang:
Wali Songo.
Deden Makbulloh. 2011. Pengembangan Mutu Pendidikan Islam; Model Pengembangan Teori
Dan Aplikasi SPM. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dewi, Dkk. 2016. “Pengaruh Model Pembelajarn Kolaboratif Berbasis Lesson Study Terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Edukasi 3 (2).
Dimyathi. 2008. Reaktualisasi Paradiqma Pendidikan Dalam Islam.
Fathul Jannah. 2013. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Jurnal Dinamika
Ilmu 13: 164.
Ginanjar, hidayat. M. 2016. “Pendidikan Islam Di Era Masyarakat Ekonomi Asean.”
Akademika, Jurnal Pendidikan dan Keagamaan 11(6): 7–25.
http://journalbengkalis.ac.id/index.php/akademika/article/view/1.
Islam, A Pengertian Pendidikan. 1994. “Bab Iii H a Ki K a T P E N D I D I K a N I S L a M.” :
68–112. file:///C:/Users/Hilda Zuhri/Downloads/bab 3.pdf.
Ismail, Faisal. 2019. Paradiqma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
———. Paradiqma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismail, Syuhudi. Hadits Nabi Yang Tekstual Dan Kontekstual. Jakarta: Bulan Bintang.
ITS, Tim Dosen PAI. Pendidikan Agama Islam; Membangun Karakter Mahasiswa Di
Perguruan Tinggi. Surabaya: Litera Jannata.
Izutsu, Toshihiiko, ter. AE Priyono dkk. 2003. Konsep Konsep Etika Relegius Dalam Al-
Qur’an. Yogyakarta: Tiara wacana.
Kemendikbud. 2005. Peraturan Perundang-Undangan Perhimpunan Sisdiknas. Jakarta: Fokus
Media.
Khalida, Herlina Hasan. 2014. Membangun Pendidikan Islami Dalam Keluarga. Jakarta:
Pustaka Iman.
Lahmuddin lubis, Wina Asry. 2020a. Ilmu Pendidikan Islam. Medan: Perdana Publishing.
———. 2020b. Ilmu Pendidikan Islam.
Langgulung, Hasan. 1988. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Al-Husada.
205
Magdalena, Ina, Ayu Wahyuni, and Davina Dewi Hartana. 2020. “Pengelolaan Pembelajaran
Daring Yang Efektif Selama Pandemi Di SDN 1 Tanah Tinggi.” Edukasi dan Sains 2(01):
366–77. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.
Marita Sari, Dhian. 2019. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” At Turots:
Jurnal Pendidikan Islam 1(2): 144–69.
Minuchin. 2003. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関
する共分散構造分析Title.” 4: 147–73.
Mukhtar. 2003. Design Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2nd ed. Jakarta: Misaka
Galiza.
Munawwir, AW. 2002. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka
Progressif.
Nadlif, A. 2019. Buku Ajar Mata Kuliah “Elaborasi Pendidikan Islam: Konsep Dan Kajian
Islam. Pertama. Sidoarjo: Umsida Press.
https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/download/978-623-7578-15-
4/946.
Nasional, Undang undang Sistem Pendidikan. 1982. “Introduction and Aim of the Study.” Acta
Pædiatrica 71: 6–6.
Nur Inayah, Endry Fatimaningsih. “Sistem Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren.” Jurnal
Sociologie 1: 215–18.
Oemar Hamalik. 2001. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pawangi, Mawardi. “Sejumlah Masalah Yang Dihadapi Oleh Lembaga Pendidikan Tampak
Sangat Kom- Pleks, Di Antaranya Belum Maksimalnya Mutu Pada Semua Jenjang
Pendidikan.” : 243–55.
Permatasari, Dyah Yovita. 2017. “Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesia (Sebuah Tinjauan
Historis-Kronologis).” Falasifa 8(2): 223–40.
Pratama, Dian Arif Noor. 2019. “Tantangan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam
Membentuk Kepribadian Muslim.” Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
3(1): 198–226.
Priatmoko, Sigit. 2018. “PENDAHULUAN Seiring Dengan Perkembangan Zaman , Tantangan
Dan Hambatan Pendidikan Islam Juga Terus Mengalami Perkembangan Dan Perubahan .
Jika Pada Beberapa Dekade Silam Percakapan Akrab Antara Peserta Didik Dengan Guru
Terasa Tabu , Maka Hari Ini Justru.” 1(2): 221–39.
206
Rafi, Rahmad. “Bab II Kajian Pustaka.” eprint.umm.ac.id: 18–44.
Raharjo, Mudjia. 2009. Quo Vadis Pendidikan Islam. Malang: Cendekia Paramulya.
RI, Kemenag. 2022. “Menatap Wajah Pendidikan Islam.” https://kemenag.go.id/read/menatap-
wajah-pendidikan-islam.
RI, Kementerian Agama. 2012. Al-Qur’an Dan Terjemah. Bandung: Syamil Qur’an.
Risdianto, Eko. Analisis Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Bengkulu:
Universitas Bengkulu.
Riyadi, Dayun, dkk. 2017. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Roqib, Moch. 2009. Imu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Lkis Yogyakarta.
Ruli, Efrianus. 2020. “Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak.” Jurnal Edukasi
Nonformal 1(1): 143–46. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428.
Sarjono. 2005. “Nilai-Nilai Dasar Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2):
135–47.
Sarwadi, S. 2019. “Dinamika Kelembagaan Pendidikan Islam Di Indonesia.” At Turots: Jurnal
Pendidikan Islam 1(2): 112–43.
Sedán, Pastrana - et al. 2020. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関
連指標に関する共分散構造分析Title.” Journal of Chemical Information and Modeling
21(1): 1–9.
https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.03
4%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1
016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o.
Sidik, Dja’far. 1990. Dasar-Dasar Pendidikan Islam.
Soraya, Nyayu. 2016. “Lembaga Pendidikan Islam Pada Masa Awal.” Tadrib II: 1–10.
Subroto, B. Suryo. 1990. Beberapa Aspek Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sultan Alauddin, Jl. 2021. “Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar.”
Gedung Iqra Lt. IV Telp 5(259): 851914–223.
Sumiati, Etc. 2022. “Pendidikan Karakter Kedisiplinan Anak Dalam Perspektif Islam Dan
Barat.” Al- Muhaddib 4(1): 10–28.
Sutinah. 2006. “No Titleالتعويضات المتحركة الكاملة و التعويضات الفكية الوجهية.” منشورات جامعة دمشق
1999(December): 1–6.
Syam, Aldo Redho. 2019. “Guru Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di
Era Revolusi Industri 4.0.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 14(1): 1.
207
Tafsir, Ahmad. 2002. Metodologi Pengajaran Agama Islam. 6th ed. ed. Muchlis. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
———. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tri, Dita Widiyani;, Dr. Amalia; Fitri, and Agus Susteyo; Milu. 2016. “INDIKATOR
PEMBELAJARAN EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING (Dalam Jaringan)
PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 2 BANDOWOSO.” Jurnal Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan: 2–5.
Uhbiyati, Nur. 1998. Ilmu Pendidikan Islam "komponen Untuk MKDK Semua Jurusan.
Ul haq, Muhammad Zia, and Tasman Hamami. 2020. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan
Agama Islam Di Era 4.0.” Islamika 2(2): 251–75.
Winarso, Widodo. 2015. Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Cirebon: CV. Convident.
Yohana, Neni. 2017. “Konsepsi Pendidikan Dalam Keluarga Menurut Pemikiran Ki Hadjar
Dewantara Dan Hasan Langgulung.” Jurnal Ilmiah Kajian Islam 2(1): 1–18.
Copyright (c) 2022 Ainun Nadlif, Istiqomah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.