Monograf Transformasi Penjualan Tiket Kereta Api Di Era Digital Terhadap Pendapatan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Periode 2019-2023

Authors

  • Sarwenda Biduri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Keywords:

Transformasi Digital, Pendapatan Perusahaan, Transportasi Publik

Abstract

Judul Monograf Transformasi Penjualan Tiket Kereta Api Di Era Digital Terhadap Pendapatan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Periode 2019-2023

  • BAB 1 PENDAHULUAN
  • BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA
  • BAB 3 METODE PENELITIAN
  • BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN PENELITIAN

Editor: M.Tanzil Multazam & Mahardika Darmawan Kusuma Wardana

Published by

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Press, Sidoarjo, 2025

ISBN:

  • ISBN

Deskripsi :

Monograf ini mengkaji secara komprehensif transformasi sistem penjualan tiket kereta api di Indonesia dari model konvensional menuju model digital yang terintegrasi, serta dampaknya terhadap pendapatan PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada periode 2019 hingga 2023.Era digital membawa perubahan signifikan dalam perilaku konsumen, ekspektasi layanan, dan sistem transaksi dalam industri transportasi. PT KAI sebagai salah satu BUMN strategis di sektor perkeretaapian, secara progresif mengadopsi teknologi digital—mulai dari aplikasi pemesanan tiket online.

Fokus Utama :

  • Analisis Transformasi Digital dalam Sistem Penjualan Tiket

Mengkaji perubahan dari metode konvensional menuju sistem digital (aplikasi KAI Access, website resmi, mitra e-commerce, dan pembayaran digital) yang diterapkan oleh PT KAI selama periode 2019 - 2023.

 

Fitur Unik :

  • Pendekatan Analitis Berbasis Periode Krisis dan Pemulihan
    Monograf ini mengangkat periode 2019–2023 secara spesifik, mencakup era pra-pandemi, masa pandemi COVID-19, hingga pemulihan pascapandemi. Ini memberikan gambaran menyeluruh tentang bagaimana krisis mempercepat adopsi digital dan memengaruhi pendapatan PT KAI.

Target Audiens :

  • Manajemen dan Pegawai PT Kereta Api Indonesia (Persero)
    Sebagai pihak internal yang secara langsung terlibat dalam pengambilan keputusan strategis dan pengembangan layanan, monograf ini dapat menjadi bahan evaluasi sekaligus acuan perumusan strategi digital jangka panjang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhandayani, A. (2020). Modul Metode Penelitian 2 (Kualitatif).

Agustian, B., & Hadimin, D. N. (2022). Analisis Efektivitas Penerapan Mobile Application

KAI Access Di PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Jurnal Dimmensi, 2(1), 19–27.

Anggito, A., & S.Pd. Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari, Ed.).

CV Jejak.

Anggraini, R., & Rizki, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Industri

Transportasi: Studi Kasus PT. KAI. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 19(2).

Anggraini, R. Y. (2017). Masuknya Paradigma Interpretif Pada Kajian Ilmu Akuntansi. Jurnal

Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 1(1), 51–62.

Astuti, K. W., & Wahjono, S. I. (2022). Pengorganisasian Bisnis PT. KAI Di Era Kemajuan

Teknologi.

Dahlan, Wibowo, H., Arsyad, M. F., Abdurachman, A. A., & Puspita, S. M. R. (2021).

Transformasi Digital Perkeretaapian Di Eropa Dan Indonesia. Jurnal Institut Transportasi

Dan Logistik Trisakti, 1(1), 19–26.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. INFOKAM, 2, 116–

123.

Djasuli, M. (2017). Paradigma Interpretif Pada Riset Akuntansi (Sebuah Opini: Peneliti Pemula

Tidak Terjebak Dalam Penelitian Minimalis Akuntansi). Jurnal Pamator, 10(2), 97–106.

Dwijayani, H., Septian, J. R., & Harinie, L. T. (2022). Pengaruh Persepsi Penggunaan,

Efisiensi, Efektif Terhadap Kemudahan Pemesanan E-Ticketing Kereta Api. Journal of

Public Power, 6(1), 59–65.

Fauzi, A., & Harli, E. (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode

RAD. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 76–81.

Frizni, D., & Adnan, M. F. (2024). Penerapan Inovasi Access By KAI Dalam Transformasi

Pelayanan Publik Pada PT KAI (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat. Jurnal

Administrasi Pemerintahan Desa (JAPD), 5(11), 1–8.

Hannan, A. A. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kereta Api Layanan

Lokal Bandung Raya Berbasis Aplikasi KAI Access (Studi Kasus Pada PT KAI). Applied

Business and Administration, 2(1), 36–54.

Heryati, A., & Menzata Z, R. A. (2018). Hubungan Antara Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)

K3 dan Pemberian Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Kereta Api Indonesia

(Persero) Devisi Regional III Palembang. Jurnal Ekonomi Global Masa Kini Mandiri ,

9(1), 71–76.

10

Hidayat, A. R. (2023). Analisis Adopsi Penggunaan Sistem Pembayaran Fintech pada Generasi

Milenial Menggunakan Teori Difusi Inovasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 13(1), 117–132.

Hutagalung, H., Purwana, D., Suhud, U., & Hamidah, H. (2021). Analisis Kualitatif

Fenomenologi Interpretatif pada Kemandirian Masyarakat Desa Wisata di Yogyakarta,

Indonesia. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4, 781–800.

Izzalqurny, T. R., & Nabila, F. (2021). Apakah Paradigma Nonpossitivsm (Interpretif, Krisis

dan Posmodernis) dalam Akuntansi “Ilmiah”? MAKSIMUM: Media Akuntansi

Universitas Muhammadiyah Semarang, 11(1), 13–26.

Jurana, Yamin, N. Y., & Indriasari, R. (2019). Interpretivisme: Sebuah Perspektif yang

Digunakan dalam Pengembangan Ilmu Akuntansi. Aktsar, 2(1), 1–20.

Laksamana, P., Saripudin, & Suharyanto. (2023a). Digital Community Service Development

And Social Entrepreneurship PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Jurnal Budimas, 5(2),

1–14.

Laksamana, P., Saripudin, & Suharyanto. (2023b). Digital Community Service Development

And Social Entrepreneurship PT. Kereta Api Indonesia (Persero) . Jurnal Budimas, 5(2),

1–14.

Mailin, Rambe, G., Ar-Ridho, A., & Candra. (2022). Teori Media/Teori Difusi Inovasi. Jurnal

Guru Kita, 6(2), 158–168.

Makmum, & Wijaya, I. T. K. (2020). Penerapan Sistem Pembayaran Electronic Ticketing

Kepada Penumpang Kereta Commuter Line Di Stasiun Rangkasbitung. Public

Administration Journal, 4(1), 15–27.

Makmun, & Wijaya, I. T. K. (2020). Penerapan Sistem Pembayaran Electronic Ticketing

Kepada Penumpang Kereta Commuter Line Di Stasiun Rangkasbitung. Public

Administration , 4(1), 15–27.

Maria, N. S. B., & Widayati, T. (2020). Dampak Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap

Perilaku Pengguna Media Sosial Dalam Melakukan Transaksi Ekonomi. JKBM: Jurnal

Konsep Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 234–239.

Maryanti, T., & Febyansyah, A. (2023). Analisa Pengaruh Pendapatan Angkutan Penumpang,

Pendapatan Angkutan Barang Dan Pendapatan Sewa Menyewa Terhadap Profitabilitas.

MUSYTARI: Neraca Manajemen, Akuntansi Ekonomi, 1(2), 1–16.

Micic, L. (2017). Digital Transformation And Its Influence On GDP. Economics, 5(2), 135–

147.

Mukhlis, R., & Haryati, R. (2020). Pengakuan Pendapatan Pada PT. Kereta Api Indonesia

(Persero) Divre II SUMBAR. Pareso Jurnal, 2(2), 352–364.

10

Muntaha, N. G., & Amin, A. (2023). Difusi Inovasi, Diseminasi Inovasi, Serta Elemen Difusi

Inovasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 2548–2554.

Muslim. (2016). Varian-varian Paradigma, Pendekatan, Metode dan Jenis Penelitian Dalam

Ilmu Komunikasi. Wahana, 1(10), 77–85.

Nurhayati. (2015). Melukiskan Akuntansi dengan Kuas Interpretif. Bisnis, 3(1), 174–191.

Prasetyo, E., & Yuliana, S. (2022). Analisis Fluktuasi Pendapatan PT. KAI dari Penjualan Tiket

Kereta Api: Periode 2019-2021. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(3).

Prestasyawati, R. M., Ferichani, M., & Setyowati, N. (2021). Pengaruh Customer Relationship

Management Terhadap Loyalitas Konsumen di Cold n’Brew. E-Journal Ekonomi Bisnis

Dan Akuntansi, 8(2), 125–131.

Priyanto, A., & Kurniawati, D. (2021). Pengaruh Inovasi Teknologi terhadap Kinerja

Perusahaan Transportasi: Studi Kasus pada PT. KAI. Jurnal Teknik Industri, 20(1).

Putri, N. B. V., & Widyawati, D. (2013). Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan

Pendapatan Pada PT. Kereta Api Indonesia Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi,

2(9), 1–15.

Rahardjo, M. (2018). Paradigma Interpretif .

Rahayu, S. A. (2023a). Analisis Turn Around PT Kereta Api Indonesia sebagai

Respons terhadap Tantangan Bisnis Digital. ResearchGate Pelita Bangsa University,

1(1), 1–14.

Rahayu, S. A. (2023b). Analisis Turn Around PT. Kereta Api Indonesia Sebagai Respons

Terhadap Tantangan Bisnis Digital.

Rizqi, I. Z., Harmain, H., & Nuri, A. (2023). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi

Terhadap Penjualan E-Ticket Menggunakan Aplikasi KAI Access (Studi Kasus Pada PT.

Kereta Api Indonesia Medan). JKA: Jurnal Kendali Akuntansi, 1(4), 279–292.

Ruslani, Mahmud, Pakarti, P., & Wardhani, M. F. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi

Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Membentuk Niat Beli Ulang Tiket Kereta Api Pada

KAI Access. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9454–9467.

Rusmiarti, D. A. (2015). Analisis Difusi Inovasi Dan Pengembangan Budaya Kerja Pada

Organisasi Birokrasi. Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, 6(2), 85–100.

Shonhadji, N. (2021). Penggunaan Teori Sosial Dalam Paradigma Interpretif Pada Penelitian

Akuntansi. Jurnal Kajian Akuntansi, 5(1), 49–68.

Wardhani, L. K., Muqomah, W. I., Wardah, S. S., & Lestari, P. C. A. (2024). Mekanisme

Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Penumpang PT. KAI (Persero)

Daerah Operasi 9 Jember. Sharef, 2(1), 128–138.

10

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode

Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal

Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.

Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial (I. Fitria & Maryadi, Eds.). Gawe Buku.

Wibowo, A. (2023). Teori & Praktek CRM (Customer Relationship Management) (J. T.

Santoso, Ed.). Yayasan Prima Agus Teknik Bekerja sama dengan Universitas Sains &

Teknologi Komputer (Universitas STEKOM).

Wijaya, A., & Sari, M. (2021). Strategi Customer Relationship Management (CRM) dan

Pengaruhnya terhadap Pendapatan PT. KAI. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1).

Wulandari, E. A., & Fanida, E. H. (2023). Kualitas Layanan Aplikasi KAI Access Oleh PT.

Kereta Api Indonesia (Persero) (Studi Kasus Pada Pelanggan Kereta Api Lokal Penataran

Dhoho Di Stasiun Blitar DAOP VII). Publika, 11(3), 2137–2150.

Yoganata, M. W. (2024). Transformasi E-Business di Era Society 5.0 Mengubah Perilaku

Konsumen dan Model Bisnis. JKPIM: Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen,

2(2), 54–68.

Yuda, U. W., & Pratama, M. B. (2023). Implementasi Teknologi Informasi Dalam Sistem

Pemesanan Tiket Melalui Aplikasi KAI Access Pada PT. Kereta Api Indonesia. IJM:

Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(5), 1741–1747.

Zulvia, P., & Yerina, A. S. (2023). Motivasi Dan Pengalaman Pengguna Sebagai Faktor

Tambahan Dalam Meninjau Penerimaan Aplikasi Seluler KAI Access: Modifikasi

Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 27(2), 208–

228.

Published

2025-06-24

How to Cite

Biduri, S. (2025). Monograf Transformasi Penjualan Tiket Kereta Api Di Era Digital Terhadap Pendapatan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Periode 2019-2023. Umsida Press. Retrieved from https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/1515

Issue

Section

Monograph

Categories