Buku Ajar Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia SD Kelas Rendah

Main Article Content

Kemil Wachidah
Mahardika Darmawan Kusuma Wardana

Abstract

Buku ajar Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia ini, merupakan panduan bagi mahasiswa yang berisi tentang panduan mengajarkan kemampuan menulis dan membaca permulaan bagi siswa SD. Perbedaan dari buku ajar serupa, adalah penulis mengembangkan pembahasan teori, maupun prakek berbahasa
bagi siswa SD berbasis inklusi. Konsep berbahasa di SD kelas rendah, berupa menulis dan membaca permulaan, dibahas secara dalam bagi siswa berkebutuhan khusus dan non berkebutuhan khusus. Selanjutnya, pengajaran membaca dan menulis permulaan di SD kelas rendah, diajarkan melalui pendekatan, ataupun
metode yang disesuaikan dengan perkembangan anak secara inklusif.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Wachidah, K., & Wardana, M. D. K. (2021). Buku Ajar Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia SD Kelas Rendah. Umsida Press, 1-115. https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-40-9
Issue
Section
Buku Ajar

References

Akhadiah, Sabarti. 1998. Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti Depdikbud.
Arikunto, S. (1999) Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara. ISBN: 979-526-467-2.
Chaer, A. (1994) Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional (2003) Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Tersedia online di www.puskur.or.id
Carlo, De, J.E. 1995. Perspectives in Whole Language, USA: ALLyn &Bacon.
Desi, Humaira. 2012.”Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III Di Slb Sabiluna Pariaman”, Jurnal Ilmiah pendidikan khusus Vol. 1 Nomor 3 September 2012
Esti Ismati dan Faraz Umaya,2012.Belajar Bahasa di Kelas Awal, Yogyakarta: Penerbit Ombak
Firdaus, T.R. (2004) Ceria Membaca: Cerdas dan Riang Membaca Jilid 1, 2, 3. Bandung: Penerbit Emas.
Handojo. 2008. Autisme: Petunjuk & Praktis & Pedoman Materi untuk Mengajar Anak Normal, Autis & Prilaku Lain. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer
Hasma, Saharuddin Barasandji, dan Muhsin.Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1 ISSN 2354-614X
Herson, Kadir. 2017. “Peran Pendekatan Psikolinguistik Dalam Membangun Pola Interaksi Pembelajaran Bahasa Di Kelas”, Wahana Didaktika Vol. 15 No.2 Mei 2017
Iswara, P.D. (2006) Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas Rendah (Handout). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Sumedang.
Iswara, P.D. (2008) Membaca Alam: Belajar Membaca. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Sumedang.
Iswara, P.D. (2008) Menulisi Akal: Mengenal Huruf (Handout). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Sumedang.
Iswara, P.D. (2011) Membaca Alam: Belajar Membaca. Edisi Balita. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Sumedang.
Jamaris, Martini. 2015. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Jaruki, M. (2008) Bahasa Kita Bahasa Indonesia 1: SD dan MI Kelas 1 (Buku Sekolah Elektronik / BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Kusmayadi, I.; N. Pamungkas, A. Supena (2008) Belajar Bahasa Indonesia itu Menyenangkan: untuk Kelas 1 Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah (Buku Sekolah Elektronik / BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Moeliono, A. (ed) (1998) Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Moh Amin. 1995. Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Guru
Noviana, I. (2009) Belajar Membaca Tanpa Mengeja: Revolusi Belajar Membaca. Buku 1 dan 2. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Nur’aini, U.; Indriyani (2008) Bahasa Indonesia: untuk Sekolah Dasar Kelas 1 (Buku Sekolah Elektronik / BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (1988) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Kebudayaan.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPEE
Nurul, Hidayah. 2014.“Pendekatan Pembelajaran Bahasa Whole
Language” dalam Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 1 Nomor 2 Desember 2014 p- ISSN 2355-1925. Office of Special Education Programs. Seventeent Annual Report to Congress on the Implementation of the Individuals with Disabilities Act. Washington, DC: U.S. Department of Education, 1995.
Ramlan, M. (1967) Ilmu Bahasa Indonesia: Morfologi. Yogyakarta: CV. Karyono.
Ramlan, M. (1981) Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono. Suyatno, H.; dkk. (2008) Indahnya Bahasa
dan Sastra Indonesia: untuk SD / MI Kelas 1 (Buku Sekolah Elektronik / BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Smith, David. 2014. Sekolah Inklusif: konsep dan penerapan pembelajaran. Penerjemah Denis. Bandung: Nuansa Cendekia
Tarigan, H.G. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa. Wahyuni, S. (2010) Cepat Bisa Baca. Jakarta: Gramedia
Theo Riyanto. 2002. Pembelajaran Sebagai Proses Bimbingan Pribadi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Most read articles by the same author(s)