Modul Pengembangan Life Skill Dan Konselor Sebaya

Main Article Content

Ghozali Rusyid Affandi
Nurfi Laili M
Fitria Nur Hasanah
Amaliyah Syabana
Rakhmat Auliya` ` Hidayat

Abstract

Alhamdulillahirobbil’aalamiin.
Segala Puja dan Puji hanya untuk Alloh SWT Yang Maha Esa penggenggam seluruh Ilmu Pengetahuan. Hanya dengan karunianyalah Modul Pengembangan Life Skill dan Konselor Sebaya ini hadir. Shalawat serta salam kita haturkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.
Modul ini disusun guna menjawab salah satu persolan yang dihadapi oleh Pengelola Panti Asuhan, terutama berkenaan dengan kemampuan life skill Anak Panti Asuhan serta penanganan yang tepat dalam menangani setiap persolan yang dihapai oleh pengurus panti dalam mengelola anak-anak yang
tinggal disana. Sehingga buku ini hadir sebagai pedoman dalam pengabdian kepada masyarakat pada anak-anak Panti Asuhan Yatim ‘Aisyiyah Balongbendo. Modul ini tersusun tahap demi tahap dalam setiap kegiatannya disertai dengan praktek agar materi yang disampaikan dapat diaplikasikan secara nyata oleh anak-anak panti asuhan. Kami ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang turut memberikan dukungan sehingga penyusunan modul sebagai pedoman pengabdian kepada masyarakat dapat terwujud, khususnya kepada:
1. Jajaran Rektorat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
2. Direktur, Kasie serta staff Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UMSIDA.
3. Dekan, Kapordi serta staff Prodi Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan UMSIDA.
4. Majelis Kesejahteraan Sosial PWA Jatim dan PDA Sidoarjo.
5. Kepala Panti Asuhan Yatim ‘Aisyiyah Balongendo beserta jajarannya dan juga kepada Anak-anak Panti.
6. Rekan dosen seprofesi yang turut berperan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat serta mahasiswa yang membatu terselenggaranya PKM dan penulisan Modul ini. Modul ini adalah langkah awal kami untuk memberikan sumbangsih keilmuan kepada masyarakat, tentunya masih banyak kekuarangan dan kelamahan. Oleh sebab itu, saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan guna menjadikan modul ini menjadi lebih baik kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Affandi, G. R., Laili M, N., Hasanah, F. N., Syabana, A., & ` HidayatR. A. (2021). Modul Pengembangan Life Skill Dan Konselor Sebaya. Umsida Press, 1-129. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6081-12-9
Issue
Section
Buku Ajar

References

Chen, Y. H., & Lin, Y. J. (2018). Validation of the Short Self-Regulation Questionnaire for Taiwanese College Students (TSSRQ). Frontiers in psychology, 9, 259.
Damajanti, M., Juwitasari, M., Unik Pratiwi, A., Fatimah, E., & Sudaryanti. (2010). Pedoman teknik konseling kesehatan remaja bagi konselor sebaya. 1–57.
http://kesga.kemkes.go.id/images/pedoman/TEKNIK KONSELING BAGI KONSELOR SEBAYA.pdf De Corte, K., Buysse, A., Verhofstadt, L. L., Roeyers, H., Ponnet, K., & Davis, M. H. (2007). Measuring empathic tendencies: reliability and Validity of the dutch version of the interpersonal reactivity.
Psychologica Belgica, 47(4), 235–260. http://dx.doi.org/10.5334/pb-47-4-235 Elihami, E. (2018). Konsep pengenalan diri. March, 1–9.
https://www.researchgate.net/publication/323656 839_Konsep_Pengenalan_Diri/link/5aa2558ea6fdcc 22e2d2ec31/download Life Skills Education Toolkit for Orphans & Vulnerable Children in India, India – (October 2007) Muslikah, Hariyadi, S., & Nurul Amin, Z. (2015).
Pengembangan model peer counseling sebagai media pengala- man praktik konseling. Indonesian Modul Pengembangan Life Skill dan konselor sebaya 116 Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 5(1), 39–44.
journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk Prasetiawan, H. (2016). Konseling teman sebaya (peer counseling) untuk mereduksi kecanduan game online. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1),6475.http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/ JBK/article/download/453/421 Putu Yuli, D. (2016). Modul Komunikasi Verbal Dan Non Verbal.13.https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_dir/a3a4fc3bf4ad19b0079f4a31c593398b.pdf