Modul Laboratorium Observasi
Abstract
Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmatnya, modul laboratorium observasi ini bisa terselesaikan. Penyusunan modul ini bertujuan sebagai media mahasiswa untuk berlatih meningkatkan keterampilan melakukan observasi. Modul ini disusun untuk melengkapi bahan ajar dosen dalam mengampu mata kuliah observasi. Modul ini berisi tiga bab, yaitu pendahuluan, kurikulum, dan materi modul. Dalam bab pendahuluan terdapat informasi terkait profil laboratorium, manejemen laboratorium, pengggnaan laboratorium, dan peralatan yang digunakan dalam laboratorium psikologi. Bab dua berisi tentang analisis instruksional, silabus praktik, dan satuan acara perkuliahan praktik. Dalam modul ini, dirancang enam jenis praktik untuk menerapkan enam teknik dasar melakukan observasi. Bab tiga modul ini merupakan penyajian dan prosedur untuk menerapkan enam teknik observasi, mulai dari pengantar observasi dasar, teknik deskripsi specimen, sampling waktu, sampling peristiwa, checklist, dan rating scale.
Tidak bisa dipungkiri bahwa kami memerlukan masukan dan kritik dari berbagai pihak untuk melengkapi modul ini hingga bisa mencapai kesempurnaan. Kami merasa bahwa modul ini masih ada yang kurang. Dengan masukan dan kritik tersebut kami juga berharap pelaksanaan praktikum di laboratorium observasi berjalan dengan lebih baik dan memudahkan mahasiswa untuk terbiasa menggunakan observasi sebagai metode asesmen psikologi.
Downloads
Metrics
References
Irwin, D.M., & Bushnell, M. (1980). Observational Strategiesfor Child Study.
Holt, Rinehart and Winston, Newyork.
Copyright (c) 2021 Eko Hardi Ansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.