Menjadi Guru Yang Well Being Di Masa Pandemi Covid-19

  • Fimas Maulana Al-Jufri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Isa Anshori Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Eni Fariyatul Fahyuni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Guru, Well Being, Covid-19

Abstract

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillah, akhirnya buku ini bisa diterbitkan setelah melalui revisi dan editing yang sangat panjang. Buku ini adalah hasil kajian kami yang dilatarbelakangioleh keperihatinan terhadap kualitas sumber daya pendidik yang mengalami penurunan kinerja dan loyalitasnya terhadap lembaga terlebih di masa pandemic covid-19 ini dimana banyak sekali perubahan yang mau tidak mau harus disesuaikan oleh para guru. Sementara tuntutan terhadap lembaga pendidikan sangat tinggi di tengah-tengah persaingan pendidikan yang semakin kuat. Selain itu rasa keikhlasan dengan tuntutan pimpinan yang terkadang dijadikan beban dalam mengembangkan lembaga pendidikan menjadi penurunan kinerja dan loyalitas guru terhadap lembaga pendidikan. Suasana kerja dan perasaan memiliki terhadap lembaga pendidikan bagi guru juga perlu ditingkatkan. Maka diperlukan well being atau perasaan Menjadi Guru yang Well being di Masa Pandemi Covid-19  sejahtera baik secara individu maupun sejahtera ketika di tempat kerja. Memunculkan kesejahteraan bagi guru akan memiliki pengaruh terhadap kinerja dan loyalitas seorang pendidik di lembaga pendidikan tersebut. Suasana ukhuwah (kebersamaan) juga sangat diperlukan untuk mendukung profesionalitas kerja dan juga dalam menghadapi pandemic covid-19 ini yang memiliki dampak luar biasa dalam pendidikan. Bisa saja mereka menerima gaji yang tidak terlalu tinggi atau mungkin dibawah standar, tetapi ketika secara personal dan professional mendapat penghormatan, maka rasa memiliki terhadap lembaga pendidikan semakin meningkat sehingga kinerja dan loyalitas terhadap lembaga dapat meningkat. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu proses penerbitan buku ini. Semoga Allah Swt membalas kebaikan panjenengan semua dengan balasan yang sebaik-baiknya. Amin.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahmad, L. O. (2017). Konsep Penilaian Kinerja Guru dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Manajemen Pendidikan Idaarah Vol. 1, No. 1, 133-142.

Akhbar, M. N. (2020). Peran Kesejahteraan di Tempat Kerja terhadap Kesiapan untuk Berubah. Jurnal Psikologika Volume 25 Nomor 2, 229-244.

Amy L. Bartels, S. J. (2019). Understanding Well-being at work: Development and Validation of the Eudaimonic Workplace Well-being Scale. Journal International PLoS ONE Volume 14. NO. 4, 1-21.

Angner, E. (2010). Subjective well-being. The Journal of Socio-Economics Volume 39 Issue 3, 361-368.

Anshori, I. (2017). Perilaku Memilih Lembaga Pendidikan: Perspektif teori Rational Chooice dan Bounded Rational. Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan, 136-145.

Anshori, I. (2018). Penerapan Nilai Budaya Kerja: Peluang dan Tantangan Bagi Peningkatan Kinerja Menjadi Guru yang Well being di Masa Pandemi Covid-19 95

Madrasah. Jurnal Pendidikan dan Humaniora: CENDEKIA, Volume 2, No. 3, 191-201.

Anshori, I. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran di MTS Al-Asyar Bungah Gresik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Islamic Management, Vol 3, No 2, 181-199.

Atmadja, K. (2020). Hubungan antara komponenkomponen subjective well being dengan internet addiction. Jurnal Psikologi Humanitas Vol. 4 No. 1, 27-42.

Ayu Dwi Kesuma Putri, N. I. (2017). Pengembangan Profesi Guru dalam Meningkatkan KInerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 2 No. 2, 202-211.

Balkis, A. S. (2016). Memahami Subjective Well-Being Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri (Sebuah Studi Kualitatif Fenomenologis). Jurnal Empati, Volume 5(2), 223-228.

Eis Endah, E. K. (2018). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja Guru terhadap Loyalitas Guru di Sekolah SMA Negeri 10 Samarinda Sebrang, Kalimantan Timur. Jurnal Motivasi Volume 6 No.1., 60-71.

Fajar, A. M. (2009). Pergumukulan Permikiran Pendidikan Tinggi Islam. Malang: UMM Press.

Fridayanti, K. T. (2019). Peran Workplace Well-Being terhadap Mental Health: Studi pada Karyawan Disabilitas. Jurnal Ilmiah Psikologi Psympatic Volume 6, Nomor 2, 191-200.

Menjadi Guru yang Well being di Masa Pandemi Covid-19 96

Gunawan, L. R. (2019). Psychological Well-being pada Guru Honorer di Indonesia : A Literature Review.

Jurnal Psikologi Psikoislamedia Volume 4 Nomor 1, 105-113.

Hardjo, S. (2020). How is Psychological well being in teenagers? An analysis related to the Meaning In Life factor. Jurnal Diversita Vol 6 No 1, 63-76 DOI: 10.31289/diversita.v6i1.2894 .

Herwanto. (2017). Pengaruh Workpalce Wellbeing terhadap Kinerja Guru SD. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, Vol 6, No 1, 55-60.

Herwanto. (2017). Pengaruh Workplace Well-being terhadap KInerja Guru SD. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi Volume 6. No. 1., 55-60.

Juhaya S., P. (2003). Profesionalisme Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka.

Larasati, &. N. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Subjective Well being. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan Vol 1 No 1, 54-62.

Mahfud, C. (2019). Evaluation of islamic education curriculum policy in Indonesia. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Vol 9. No 1, 34-43.

Mulyasa, E. ( 2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Setiawan, R. (2020). Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi di Tengah Pandemi Menjadi Guru yang Well being di Masa Pandemi Covid-19 97 Covid-19. Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan dan Sosiologi, Edusocius, Vol 4, No1, 1-13.

Sholihin, M. (2020). Mengembangkan Sumber Daya Ihsani. Sidoarjo: Kanzun Books.

Suwardi. (2017). Pengaruh Loyalitas Terhadap Kinerja Guru SD Awal. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora Volume 3. No. 1., 96-108.

Tay, L. &. ( 2011). Needs and subjective well-being around the world. Journal of Personality and Social Psychology, 101 (2), 354-365.

Winbaktianur, S. A. (2017). Hubungan Kompensasi dengan Loyalitas Guru SMK MUhammadiyah 1 Padang. Jurnal Psikologi Islam Al-Qalb Vol. 9, No.1, 54-67.

Wustari L.H., M. (2017). Pengaruh Workplace WellBeing terhadap Psychological Capital dan Employee Engagement. Proceedings: Strategic Role of I/O Psychology in Building Creative Society, 31-37.

Published
2021-09-20
How to Cite
Al-Jufri, F. M., Anshori, I., & Fahyuni, E. F. (2021). Menjadi Guru Yang Well Being Di Masa Pandemi Covid-19. Umsida Press, 1-115. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6292-09-9
Issue
Section
Text Book