Buku Ajar Mata Kuliah “Elaborasi Pendidikan Islam: Konsep dan Kajian Islam
Abstract
Puji syukur kehadirat Allah swt., Tuhan Yang Maha Esa hanya kepada-Nya kita berserah diri dan mencari ridlaNya. Semoga kita selalu memperoleh petunjuk dan bimbinganNya kejalan yang benar dan mampu meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akherat. Shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada
Nabi Muhammad saw hamba Allah swt terbaik, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang selalu tunduk kepada ajaran yang disampaikannya. Memasuki awal abad XXI, pendidikan Islam sangat dibutuhkan oleh Ummat. Pendidikan Islam yang diharapkan dalam hal ini adalah pendidikan yang mampu menguatkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan Islam yang mampu mencegah keruntuhan akhlak dan perilaku generasi Bangsa dan Ummat, karena intelektual berkembang dengan cepat, teknologi semakin pregressive, sementara kehidupan beragama dan keyakinan terhadap agama semakin terkikis.
Buku yang ada dihadapan pembaca ini berjudul “Elaborasi Pendidikan Islam: Konsep dan Kajian Islam” disusun sebagai bahan introspeksi akan pentingnya eksistensi pendidikan Islam. Konsep Pendidikan dan realita pendidikan adalah dua aspek yang saling berkaitan, karena pendidikan Islam selalu
memotret persoalan manusia dari tiga aspek utama pendidikan yaitu, manusia butuh belajar, manusia harus dibimbing, dan manusia harus dilatih. Dalam konteks tersebut, Pendidikan Islam harus disajikan tanpa batas dan tanpa mengenal waktu dan perubahan, karena ia akan dibutuhkan oleh setiap perubahan
zaman. Buku “Elaborasi Pendidikan Islam” sangat penting dibaca oleh Mahasiswa Fakultas Agama Islam, Guru-guru Agama Islam baik yang berada di lembaga pendidikan umum maupun Guru-guru dilembaga pendidikan bercirikan Islam sebagai referensi/rujukan kajian pendidikan Islam saat ini.
Downloads
Metrics
References
Al-Faruqi, Ismail Raji’. Islam dan Kebudayaan. Bandung: Mizan, 1984.
Ali, Mohammad Daud. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
Bawani, Imam dan Isa Anshori, Cendekiawan Muslim Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1991.
Hasan, Muhammad Tholhah. Islam dan Masalah Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lantabora Press, 2003.
Jalaluddin. Teologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.
Langgulung, Hasan. Pendidikan dan Peradaban Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1985.
Nata, Abbudin. Filsafat Pendidikan Islam. Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 1997.
Purwanto, Edi dan Suyadi. Pendidikan Agama Islam. Surakarta: Widya Duta, 2004.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2008.
Sapuri, Rafy. Psikologi Islam: Tuntunan Jiwa Modern. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.
Shariati, Ali. Tugas Cendekiawan Muslim. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996.
Nata, Abuddin. 2010. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajawali Pers.
Supiana dan Karman. Materi Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Roda Karya.
Husni Thoyar. 2004. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan,
Muhammad Ali Somali, 2014. Etika Modern. Jakarta: PT Nur Al-Huda,
https://rohissmpsn14depok.wordpress.com
http://asysyariah.com/keutamaan-iffah-dan-bersabar.html
Al-Khaubawi, Usman bin Hasan bin Ahmad Syakir, Durratun Nashihiin. Beirut: Darul Kitab Al-Islamiy,
Al-Qur’anul Karim. Umary, Barmawi. Materi Akhlak. Solo: CV. Ramadhani. 1967.
Supiana. M. Karman. Materi Pendidikan Agama Islam. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2004. 105
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edisi revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.
Moh Rathomy, Abdai. Sendi Agama Tauhid Fiqih Tasawuf. Tiga Serangkai. 1983.
Bagir, Muhammad Al-Habsyi, Fiqih praktis menurut Al-Quran,As-sunnah,dan pendapat para ulama. Bandung: Mizan. 1999.
M. Pustaka. Abatasa. Macam - macam ibadah. Pustaka. http//: m.pustaka.abatasa.co.id>detail>fiqih.macam-macam-ibadah.html. diakses pada rabu, 23 Maret 2016.
Zuhdi, Masjfuk. Studi Islam jilid II: Ibadah. Jakarta: CV. Rajawali. 1988.
Syaikh Abdur Razzaaq al-Abbaad. Sebab-Sebab Naik Turunya Iman. Jakarta: Cakrawala Publishing, 2004.
Mustahdi dan Sumiyati ,2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII, Edisi Revisi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahmah, Syifalir. 2008. Malaikatpun ingin menjadi Manusia. Surabaya; Ikhtiar Surabaya.
Imam Abdirrahim Bin Ahmad Al-Qadhiy, 2003. Rahasia Alam Ghaib Dan Alam Akhirat (Terjemah Daqqoiqul Akhbar). Surabaya : Ampel Mulia.
Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: Karya Putra.
Hidayat Rachmat, Hendriyana Budi ,pendidikan agama Islamuntuk smp kela VII (Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011).
Amin, Ahmad, Etika (Ilmu Akhlak), (Terj), Farid M’aruf, dari judul asli al-Akhlak, Jakarta:Bulang Bintang, 1983
Karim, Helmi. Fiqh Muamalah. Jakarta : PT.RajaGrafindo Persada, 2002. Poerbakawatja, R. Soegarda . Ensiklopedi Islam. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1999.
Dahlan, Abdul Aziz. Ensiklopedi Hukum Islam. Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve, 1996.
Muhammad. Zakat Profesi Wacana pemikiran dalam Fiqih Kontemporer. Jakarta: Salemba Diniyah, 2002.
Supiana, M. Kamal. Materi Pendidikan Agama Islam. Bandung : PT.Rosdakarya, 2004.
Ash Shiddieqy,T.M. Hasbi Pedoman Zakat, ( Jakarta : PT. Bulan Bintang , 1897.
Akhyar, Kifayatul. 1990. Terjemahan Ringkas Fiqh Islam Lengkap. Jakarta: Rineka Cipta
Almath, Muhammad Faiz. 1991. 1100 hadits terpilih: sinar ajaran Muhammad. Jakarta: Gema Insani.
Mahfud, Rois. 2011. Al-Islam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Supiana dan Kariman. 2004. Materi Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 106
Nasution, Lahmuddin. 1995. Fiqh 1. Logos Wacana Ilmu dan Pemikiran.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk
SMP/MTs kelas VII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Masyhud, dkk. 2011. Pendidikan Al-Islam untuk SMA/SMK/MA Muhammadiyah Kelas 11. Surabaya: Majelis Dikdasmen PWM Jatim.
Wahyudi, Nafitri Imam Wahyudi. 1997. Sistematika Ajaran Islam. Surabaya: Kanwil Depdikbud Jatim
Copyright (c) 2019 Ainun Nadlif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.