Pendidikan Ips SD Kelas Awal
Abstract
Pendidikan yang berkualitas dapat dicapai melalui aktivitas-aktivitas pembelajaran yang bermutu, salah satunya pembelajaran pendidikan IPS. Anggapan bahwa IPS kurang bermanfaat dibandingkan mata pelajaran lain seperti IPA dan matematika tentu persepsi yang salah. Pandangan tersebut harus diubah karena IPS sama pentingnya dan sama bermanfaatnya dengan mata pelajaran lainnya.Pendidikan IPS di sekolah dasar harus dikemas dan disajikan dengan baik agar para siswa semakin tertarik mempelajari IPS dan merasakan kebermanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini menyajikan materi tentang pendidikan IPS SD kelas awal sehingga dapat dijadikan salah satu acuan bagi mahasiswa maupun guru dalam membelajarkan IPS pada SD kelas awal.
Downloads
Metrics
References
Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Akbar, S., dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Basuki, I., dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Rosda.
Bruce and Joyce. 1986. Models of Teaching. New Jersey: Prentice Hall International.
Carin, A.A. & Sund, R.B. (1989). Teaching Science Through Discovery. Columbus: Merrill Publishing Company.
Dale, E. 1969. Audiovisual Methods in Teaching. New York: The Dryden Press, Holt, Rinehart and Winston, Inc.
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djamarah, S. B., dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djemari Mardapi. 2011. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Gerlach, V. G. dan Ely, D.P. 1971. Teaching and Media: A Systematic Approach. Eaglewood Cliffs: Prentice Hall, Inc.
Good, R. G. (1977). How Children Learn Science. New York: Macmillan Publishing Co.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.Levie, W. Howard dan Levie, Diane. 1975. Pictorial Memory Processes. AVCR Vol 23 No. 1 Spring 1975.
Harsiati, T. 2011. Penilaian dalam Pembelajaran. Malang: UM Press.
Ishack, S. U., dkk. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Johnson, E. B. 2006. Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It Is Here to Stay. California USA: Corwin Press. Inc.
La Maronta Galib. (1992). Studi Terhadap Kemampuan Berpikir Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Konservasi Kuantitas Dan Berat Pada Empat Sekolah Dasar Negeri Di Kota Administratif Kendari Dan Tiga Sekolah Dasar Negeri Di Pulau Siompu Kabupaten Buton Propinsi Sulawesi Tenggara. Tesis PPS IKIP Bandung: tidak diterbitkan.
Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press.
Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Buku Teks Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Pitadjeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russel, J. D. 2008. Instructional Technology and Media For Learning. USA: Pearson.
Suparman, M. A. 2014. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Susanto, A. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Penerbit Kencana.
Widoyoko, E. P. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Woolfolk, A. E. & Nicolich, L. M. (1980). Educational Psychology for Teachers. New Jersey: Prentice Hall Inc.
Copyright (c) 2019 Firdaus Su’udiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.