Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan

Main Article Content

Moch. Bahak Udin By Arifin
Nurdyansyah

Abstract

Puji Syukur kehadirat Allah SWT, akhirnya buku yang berjudul “Metode Penelitian dan Pengembangan” ini dapat terselesaikan. Buku ditulis dengan harapan dapat menjadi sumber belajar dan rujukan bagi para dosen, mahasiswa, dan guru dalam memahami dan mengaplikasikan metode penelitian pendidikan.Buku ini terdiri dari tujuh bab, yang membahas tentang tahapan teoritis dan praktis metode penelitian pengembangan. Masing-masing bab memiliki penekanan yang berbeda-beda. Setiap bab disusun secara sistematis untuk mempermudah pemahaman dan penerapan metode penelitian metode penelitian pendidikan.Dalam membaca buku ini, pembaca perlu membaca dari bagian awal sampai bagian akhir secara berurutan. Karena buku ini disusun berdasarkan urutan tahapan pemahaman secara teoritis dan praktis. Setelah membaca buku ini diharapkan bisa menerapkan metode penelitian pendidikan sesuai dengan problem dan kebutuhan yang ada dilapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
By Arifin, M. B. U., & Nurdyansyah. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Umsida Press, 1-143. https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-19-5
Issue
Section
Buku Ajar

References

Arikunto, S., 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Black, James dan Dean J. Champion, 1992. Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Bandung: Eresco.
Bautista, Ma. Lourdes S. dan Stella P. Go.,ed. 1985. Introduction to Quantitative Research Methods. Manila, Philippines: Research Center, De La Salle University.
Brannen, Julia. 1997. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bogdan, Robret. C., & Sari Knopp Biklen, 1998. Riset Kualitatif untuk Pendidikan: Pengantar ke Teori dan Metode. Jakarta: PAU-UT. (Alih bahasa Munandir).
Bryman, Alan, 1988. Quantity and Quality in Social Research. London: Unwin Hyman.
Brog, R. Walter & Meredith D. Gall, 1983. Educational Research: An Introduction, Fourth Edition, London: Longman Inc.
Creswell. Jhon W., 2016. Research Desing, Qualitative, Quantitative, And Mixwd Methods Approaches, Fourth Edition, SAGE Publication, Inc.
Danim, Sudarwan. 2005. Pengantar Studi Penelitian Kebijakan, Jakarta: Bumi Aksara.
Gall, Meredith D., & Joyce P. Gall, 2003, Educational Research: An Introduction, New York: Pearson Education Inc.
Kasiram, Moch., 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN Maliki Press.
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. . (1988. ). The Action Research Planner. 3rd ed. Victoria: Deakin University.
Khun, Thomas S., 1970. The Structure of Scientific Revolution, Chicago, University of California Press.
Madya. (2007). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.
Marshall, Catherine & Gretchen B. Rossman. 1989, Designing Qualitative Research, London: Sage.
Moleong, Lexy. J., 1991. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhadjir, Noeng, 1989. Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin.
Nasution, S., 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito.
O'Brien. (2001). An overview of the Methodological Approach of Action Research.Toronto: Faculty of Information Studies. Rahardjo, d. S. (2011). Modul PLPG Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: UNS.
Priyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Sidoarjo, Zifatama Publishing.
Sudjana, N. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sumadayo, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sunendar, T. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. LPMP Jawa Barat
Suyanto, dkk, 2007. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan, Jakarta: Prenada Media Group.
UNESA, T. P. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Konsorsium Sertifikasi Guru.
Wallace, Walter L., 1973. The Logic of Science in Sociology. Chicago: Aldine.

Most read articles by the same author(s)