Buku Ajar Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar

Main Article Content

Machful Indra Kurniawan

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting untuk diajarkan pada jenjang sekolah dasar, karena pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu pelajaran yang berkaitan langsung dengan kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, para pelaku pendidikan dalam memberikan pelajaran pendidikan kewarganegaraan harus memiliki pengetahuan tentang konsep-konsep dasar pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Buku ini membahas tentang konsep-konsep dasar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar yang terdiri dari pokok bahasan, antara lain: 1. Konsep dan prinsip Pendidikan Kewarganegaraan, 2. Paradigma pendidikan kewarganegaraan, 3. Perbandingan pendidikan kewarganegaraan di berbagai negara, 4. Perkembangan pendidikan kewarganegaraan di indonesia, 5. Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sekolah dasar. Buku ini disajikan secara sistematis dan sederhana dengan tujuan agar pembaca mudah memahami pembahasan yang telah disajikan dalam setiap bab. Oleh karena itu, buku ini sangat sesuai dijadikan referensi bagi praktisi maupun akademisi terutama dilingkungan perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Kurniawan, M. I. (2021). Buku Ajar Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. Umsida Press, 1-115. https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-32-4
Issue
Section
Buku Ajar

References

Abdul Aziz Wahab, & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
Amin, Zainul Ittihad. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arnyana, I. B. P. 2004. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah di Pandu Strategi Kooperatif serta Pengaruh Implementasinya terhadap Kemamampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta didik SMA pada Pelajaran Ekosistem. Disertasi. PPs Universitas Mulawarman
Arend, Richard I. 2004. Learning to Teach. New York: Mc Graw Hill Companies
BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa, Bandung: Widya Aksa Press
Cholisin. (2000). Materi Pokok Ilmu Kewarganegaraan- Pendidikan Kewarganegaraan. UNY: Yogyakarta.
Depdiknas. 2003. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Ennis. R.H. 1985. Goals for A Critical Thinking I Curriculum. Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Virginia: Association for Suopervisions and Curriculum Development (ASCD) pp. 54-57
Galbreath J.1999. “ Preparing the 21th Century Worker: The Link Between Computer Based Technology and Future Skills Sets” Educational Technology. Desember 1999 pp. 14-22
Johnson. E.B. (2000). Contextual Teaching and Learning . California: Corwin Press, Inc.
Joyce, B and Marsha Weild. 2009. Models of Teaching: Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Kemendikbud . (2012). Bahan Uji Publik Pengembangan Kurikulum 2013. Kemendikbud
Liliasari. 2001. “Model Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru sebagai Kecenderungan Baru pada Era Globalisasi. Jurnal Pengajaran MIPA 2 (1). Juni 2001. hal 55 – 56.
Moore, Kenneth D. (2005). Effective Instructional Strategies From Theory to Practice. London: Sage Publications
Mujiono. 1992. Metode Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Omar,H. 1993. Metodik Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Genesa.
Raka, Joni. Strategi Belajar Mengajar, P3G, Jakarta : 1980
Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. Sanjaya Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Kencana. Jakarta : 2008.
Suryanef. 2001. Penerapan SMU Model-Model VCT di Kota Padang: UNP, Padang.
Suryadi dan Somardi. (1999) Konsepsi Kewarganegaraan dan Pendidikan Kewarganegaraan: Sebuah Reflesksi. Nasionalisme dan upaya Demokrasi. Vol I. No. 1412-5463
Stein, Jared., & Graham, C.R. (2014). Essentials for Blended Learning: A Standar Based Guide. USA: Routledge.
Trilling & Hood, 1999. Learning, Technology and Education Reform in The Knowledge Age. Educational Technology , Juni-Mei pp 5-18.
Undang-undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wahab,A. 1996. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdikbud
Winataputra, Udin S. (2006). Konsep dan Strategi Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah: Tinjauan Psiko-Pedagogis (Paper). Pamulun
Wing On Lee dan Chi Hang Ho. 2005. Ideopolitical Shifts and Changes in Moral Education Policy in China,‛ Journal of Moral Education, Vol. 34, No.4, December, pp. 413-431.
W. O. Lee.2006. Tension and Contentions in the Development of Citizenship Curriculum in Asian Countries,‛ Keynote Address at the CITZED International Conference, Oriel College, Oxford, 25-27 July, 16 pages.
Zhou, Molly Zhou and David Brown (2015). Educational Learning Theories. University System of Gorgia: Galileo

Most read articles by the same author(s)