Buku Ajar Profesi Kependidikan
Abstract
Guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tingkat institusional dan intruksional, peran strategis tersebut sejalan dengan UU No 14 tahun 2015 tentang guru dan dosen, yang menempatkan kedudukan guru sebagai tenaga profesional sekaligus sebagai agen pembelajaran. Sebagai tenaga profesional, pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan jenjang pendidikan tertentu (Sidiq, 2018). Oleh karena itu sebagai tenaga professional, seorang guru harus mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional, dengan kata lain seorang guru profesional harus mampu mengutamakan kepentingan profesinya sebagai guru dibandingkan kepentingan pribadi (Chaniago, 2015). Di samping dengan keahliannya, guru profesional harus menunjukkan tanggung jawabnya dalam melaksanakan seluruh pengabdiannya serta mampu memikul dan melaksanakan tanggung jawab sebagai guru kepada peserta didik, orang tua, masyarakat, bangsa negara dan agamanya. Guru profesional mempunyai tanggung jawab sosial, intelektual, moral dan spiritual. (Hamid 2017)
Downloads
Metrics
References
Dudung, A. 2018. “Kompetensi Profesional Guru.” Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan (JKKP) 5(1):9–19.
Hamid, A. 2017. “Guru Profesional.” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan 17(2):274–85.
Indonesia, P. R. 2006. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Kurniawan, A., & Astuti, A. P. 2017. “Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru Dan Calon Guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Semarang.” in PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL.
Larson, Kermit D.; Wild, John J. and Chiappetta, Barbara. 2005. Fundamental Accounting Principles, 17 Th Edition, McGraw-Hill - Irwin. International Edition.
Lase, F. 2016. “Kompetensi Kepribadian Guru Profesional.” Pelita Bangsa Pelestari Pancasila 11(1).
Roqib, M., and N. Nurfuadi. 2020. Kepribadian Guru. Yogyakarta: CV. Cinta Buku.
Saragih, A. H. 2008. “Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar.” Jurnal Tabularasa 5(1):23–34.
Voogt, J., P. Fisser, N. N. Pareja Roblin, J. Tondeur, and J. van Braak. 2013. “Technological Pedagogical Content
Knowledge - a Review of the Literature.” Journal of Computer Assisted Learning 29(2):109–21.
Wijaya, Etistika Yuni, Dwi Agus Sudjimat, and Amat Nyoto. 2016. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.” Universitas Negeri Malang. 1(1):263–78.
Copyright (c) 2021 Machful Indra Kurniawan, Zuyyina Fihayati, Mahardika D K Wardana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.