Buku Ajar Mata Kuliah Pendidikan PKN SD Kelas Awal

Main Article Content

Feri Tirtoni

Abstract

Kiranya tanpa karunia-nya, mustahil naskah buku “Pendidikan PKn SD kelas Awal” ini dapat terselesaikan tepat waktu. Latar belakang dari penyusunan buku ini adalah sebuah pemikiran bahwa PKn adalah sebuah mata pelajaran yang kelak akan menjadi sebuah pionir utama dalam upaya menerapkan sebuah perilaku berkarakter kepada siswa SD sehingga para guru maupun calon guru diharapkan memiliki sebuah kemampuan dalam melakukan sebuah inovasi dan strategi guna mengembangkan pembelajaran pada mata pelajaran PKn di sekolah dasar khusus nya di level SD kelas Awal.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Tirtoni , F. (2021). Buku Ajar Mata Kuliah Pendidikan PKN SD Kelas Awal. Umsida Press, 1-355. https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-65-2
Issue
Section
Buku Ajar

References

Abidin, Yunus. 2016. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Akhmad Sudrajat.2009.Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Althof, W and Berkowits, MW. (2006). “Moral Education and Character Education: Tear Realationship and Roles in Citizenship Education”. Journal o Moral Education.
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Cogan, John J. 1998. Citizenship for The 21st Century: An International Perspective on Education. London: Creative Print and Design, Wales.
Djamarah, S. danZain, A. 2010.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RinekaCipta
Faizah, Hadi., P. Sudharto P., dan Syafrudin. 2015. “Pengelolaan Sampah Rumah Tang ga BerbasisMayarakat (Studi KasusdiKotaYogyakarta)”, dalamhttp://eprints.undip.ac.id/17210/.
Hamalik, Oemar.2009.Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem.Jakarta:PT Bumi Aksara.
Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar.Bandung : Pustaka Setia.
Ibrahim Syukur Abd dan Wahyuni Sri. 2013. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Bandung : PT Refika Aditama.
Jihad, Asep dan Suyanto. 2015. Menjadi guru professional. Jakarta: Erlangga
Jurnal Penelitian dengan judul Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum oleh Prawidya Lestari dan Sukanti STAINU Purworejo, Jawa Tengah dalam http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jurnalPeneliti an/article/view/1367 diakses pada Senin, 2 Oktober 2017 pukul 13.09 WIB.
Lestari, Prawidya. 2016. Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler dan Hidden Curriculum (di SD Budi Mulia Dua Pandeandari Yogyakarta). Purworejo: Jurnal Penelitian Vol. 10 No. 1, Februari 2016.
Maliki. 2016. Bimmbingan Konseling Di Sekolah Dasar Sautu Pendekatan Imajinatif.Mataram : Kencana.
Musfiqon dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Musfiqon. 2015. Mendesain Sekolah Unggul. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nana Sudjana.2010.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru, Al-Gensindo.
Neill, James. 2004. A Socio-cultural History of Outdoor Education. http://wilder dom.html
Neill, James. 2006. C:\Documents and Settings\Windowz XP\My Documents\PhilosophyofoutdoorEducation.htmCom/ps ychoevolutionary/SocioCulturalHistoryOutdoor Education.html.
NK, Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Noor, Rohinah M. 2012. The Hidden Curriculum. Yogyakarta: Insan Madani.
Nunu Mahnun.2012.Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dsn Implementasinya dalam Pembelajarannya).Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau.
Pusat Kurikulum. 2009. Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa. Jakarta : Pusku
Republik Indonesia. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Fungsi Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah: Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.
Rumiati. Penyusunan Silabus Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Serta Pengaplikasian Keterampilan Dasar Belajar Mengajar Dalam Pembelajaran Pkn Di SD.
Sagala,S. 2010.Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung: Alfabeta
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT. Remaja Rosda karya.
Samiawan Conny. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses : Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta : Gramedia.
Santrock John W. . 2012. Psikologi Pendidikan / Educational Psychology. Jakarta : Salemba Humanika.
Sapriati, amalia. 2008. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudjana, N dan Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sudjana, Nana.2009.Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaj Rosdakarya.
Suryadi, Ace. 2009. Paradigma Pembangunan Pendidikan Nasional: Konsep, Teori dan Aplikasi dalam Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Widya Aksara Press.
Syaiful, Sagala. 2012. Supervisi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Tarwiyah,Tuti.2012.Permainan Anak Betawi yang Menggunakan Nyanyian.Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Selatan. Jakarta.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu
Trianto. 2008. Mendesain pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) di kelas. Jakarta : cerdas pustaka publisher.
W, Sri Anita. 2014.Strategi Pembelajaran di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Widayanti, Ninik. 2001. Efektifitas Pembelajaran Geografi Melalui Metode Outdoor Study dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Buletin Pelangi Pendidikan, dalam http://pakguruonline.pendidikan.net.
Zuchdi, Darmiyati. (2011). Pendidikan karakter dalam prespektif teori dan praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Most read articles by the same author(s)