Buku Ajar “Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar”
Abstract
Latar belakang dari penyusunan buku ini adalah sebuah pemikiran bahwa PKn adalah sebuah mata pelajaran yang kelak akan menjadi sebuah pionir utama dalam upaya menerapkan sebuah perilaku berkarakter kepada siswa SD sehingga para guru maupun calon guru diharapkan memiliki sebuah kemampuan dalam melakukan sebuah inovasi dan strategi guna mengembangkan pembelajaran pada mata pelajaran PKn di sekolah dasar. Pada saat ini kita sudah memasuki era digital di mana siswa sudah memiliki sebuah dunia yang berbeda dengan generasi siswa sebelumnya maka dari itu lah diperlukan sebuah kemampuan baru yang harus diajarkan kepada mahasiswa semester 5 untuk melengkapi skillnya guna memperkuat kemampuannya mahasiswa sebagai calon guru sekolah dasar. Hal yang baru telah menunggu para calon guru SD, tantangan baru terhadap kurikulum yang baru yaitu kurikulum 2013 dan perkembangan era revolusi industry 4.0 disusul dengan penguasaan the 21 century skill , di mana calon guru ataupun guru harus memiliki kreativitas untuk melakukan pengembangan terhadap model pembelajaran, maupun strategi dalam manajemen kelas di Sekolah Dasar. Seluruh elemen pembelajaran harus dilakukan sebuah validasi agar sesuai dengan perkembangan kurikulum yang tengah mengalami perubahan.
Downloads
Metrics
References
Ahid, Nur. 2010. Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ahmad, H. M. 1998. Pengembangan Kurikulum. Bandung: CV Pustaka Setia
Ahmadi, Abu. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Alipandie, Imansjah. 1984. Didaktik Metodik Pendidikan Umum. Surabaya: Usaha
Al-Tabany Badar, Ibnu Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif , dan Kontekstual:Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI). Jakarta : PrenadamediaGroup
Al-Tabany, Trianti Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP
Amin, Zainul Ittihad. 2009. PendidikanKewarganegaraan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Aqib, Zaenal. 2009. Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: CV
Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arsyad , Azhar , media pembelajaran Jakarta , PT . RajaGrafindo Persada , 2006
Atmaja Prawira, Purwa. 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta :
Ar-Ruzz Media Awaludin.Dkk. 2006.Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas V. Jakarta: Airlangga Badan Standar Nasional Pendidikan. Standar Isi Untuk SatuanDasar Dan Menengah [pdf],(http://www.sekolahdasar.net/ diakses tanggal 20 Maret 2016)
Bahri dan Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bakry, Noor Ms. 2002. PendidikanKewarganegaraan. Yogyakarta : LibertyYogyakarta.
Barron, Paul (2009). Brain Power SD: Aktivitas, Permainan, dan Ide Praktis Belajar di Luar Kelas. Jakarta: Erlangga
Bennett, W. (1993).The book of virtues New York: Simon & Schuster.
Berbasis Kearifan Lokal [pdf]. Diakses dari http://staff.uny.ac.id , tanggal 10 Maret 2016.
Brooks, J. G. & Brooks, M. G. (2001) In search of Understading: The Case of ConstrucyivitsClassroom. Upper Saddle
River, NJ. Merrill. Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral Jakarta:Rineka Cipta.
Bunyamin M dan Sapriya. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Graha Ilmu
Canrely, F. Micheldan Chandirin, D Jean. 1988. Teacher a curriculum Planners Amsterdam Vanue: Teacher collage Press.
Chan M. Sam & Sam T. Tuti.2006. Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Citra Umbara. Clara, R.Pudji Jogyanti. 1998. Pendidikan Moral. Jakarta: Universitas Indonesia.
Colvin, Geoff. 2008. 7 Langkah Untuk Menyusun Rencana Disiplin Kelas Proaktif. California : Indeks Company
Cooper M James, 1990. Classroom Teaching Skill. Lexyngton, Massa-chusetts Toronto : D.C. Heath and Company Crow and Crow, A., (1960), AnIntroduction to Guidance. New York : American BookDananjaya, Utomo. 2012. Media Pembelajaran Aktif. Bandung:Nuansa
Daradjat, Zakiyah. 1970. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang Delphie.
Bandi. 2006. Pembelajaran AnakTunagrahita. Bandung:PT Refika Aditama Departemen Pendidikan
Nasional.(2001). Standart Operasional Prosedur (SOP) Pengembangan Silabus Berbasis Kemampuan Dasar Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) Mata Pelajaran Kewarganegaraan. Jakarta: Ditdikmenum Ditjen Dikdasmen Depdiknas RI.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP). (online), (www.sekolahdasar.net)
Depdiknas.2008. Pengembangan Silabus Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran DalamKTSP. Jakarta: Direktur Tenaga Pendidikan, Dirjen P- MPTK, Depdiknas. Depdiknas.2008a. Panduan Pengmbangan
Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Dirjen Mandikdasmen,Depdi knas. Depdiknas.2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 2 tahun 2008Tentang Buku. Jakarta: Depdiknas
De Potter, B. Reardon M.& Nourie S. 2014. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Diaz, C. (1997). Unpublises review of J. W. Santrock’s Education psychology (New York: Mc- Grow-Hill).
Djuliyarsih.Dkk. 2006.Pendidikan Kewarganegaraan untuk kelas 1. Jakarta: Airlangga.
Dr. Agung Iskandar, Prof. Dr. Nadiroh, & Rumtini, MA., Ph.D. 2011. Pendidikan membangun karakter bangsa. Jakarta : Bestari Buana Murni.
Dr. HM. MUSFIQON ,M.Pd. (2011).pengembangan & Sumber Pembelajaran Jakarta ,PT .Prestasi Pustakaraya.
Dr. Prof. Winarno Surakhmad.2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Erlangga.
Drs. H. Baharuddin, M.Pdi. &Moh. Makin, S. Ag., Am. Pd. 2007.Pendidikan Humanistik, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Drs. Hudiyono, M.Si. ,2012. Membangun karakter Siswa. Surabaya : Erlangga.
Dryden Gordon & Dr. Vos Jeannette. 2001. Revolusi cara belajar. Bandung : Kaifa.
Fadjar, Malik. 2005. Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Gravindo
Fatmawati, Sri, Ariesta, Nina, Susanti, Yunita, Laily, dll.2015. Desain Laboratorium Skala Mini Untuk Pembelajaran Sains Terpadu. Yogyakarta: Deepublish, (0nline),(https://books.googl e.co.id).
Gagne, Robert M. dan Briggs, Leslie J. (1979). Principles of instructional Design.New York: Holt Rinehart &Winston.
Goode, William. 1995. Sosiologi Keluarga (The Family), Terjemah Laila Hanom Hasyim. Jakarta: Bumi Aksara
Hall, C.S. & Lindzey, G. 1993. Teori- teori Sifat dan Behavioristik: Allport,Sheldon,Catell, Dollard, Miller & Skinner. (terjemahan A.Supratiknya). Yogyakarta:Penerbit Kanisius.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hartati, Sofia. 2007. How To Be a Good Teacher and To Be a Good Mother. Jakarta: Enno Media
Hc, Cheppy. 1988. Pendidikan Moral Dalam Beberapa Pendekatan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hidayat, Komaruddin dan Azyumardi. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan.J akarta: PT. Bumi Aksara.
Ibrahim, M. Rachmadiarti, F.dkk. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Imam Suyitno. Jurnal Pendidikan Karakter Tahun II, Nomor 1, Februari 2012.Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal [pdf].Jumat 25 Maret 2016.
Internalisasi Hukum di Kalangan Peserta Didik [pdf].http://jurnal/.upi.edux/f ile/isep.pdf. jumat 25 maret 2016.
Ivor K. Davies (1991). Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali
Jin Shin, Yee. 2014. Mendidik Anak Di Era Digital. Jakarta:Noura Books
Johnson, LouAnne. 2005. Pengajaran Yang Kreatif dan Menarik. Jakarta : PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Kaelan dan Zubaidi, Achmad. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta : Paradigma
Kansil.2005. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Pradnya
Kansil.2005. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.Jakarta : PT Kemendiknas. 2010. Pendidikan Karakter di Pendidikan Dasaran Menengah. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Khilmiyah,A. Nugroho,B.dkk. 2005. Metode Pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Majelis Pendidikan Tinggi.
Killen, Roy (1998) .Effective Teaching Strategies: Lesson from Research and Practice, second edition .Australia, Social Science Press.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.
Koswara, E. 2009.Teori-teori Kepribadian. Bandung: PT Eresco.
Kusuma,Ine.Susartim,Marhum.2010 .Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor:G halia Indonesia
Lawson, Michael J. 1991.” Testing for Transfer Following Strategy Training”, dalam Evan, Glen ( editor), Learning and Teaching cognitive skills.
Hawthorn: The Australian Council for educational Research Ltd.
Lickona Thomas.1991.Educating For Character.Jakarta. PT Bumi Aksara.
Listyarti, Retno (2012). Pendidikan Karakter Dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Erlangga
Lowney, C., Heroic Leadership: Praktik Terbaik “Perusahaan” Berumur 450 Tahun yang Mengubah Duni. Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama, 2005
Majid Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya. Maron, Faisal Sadam. 2013.
Penerapan Metode Permainan Sirmulasi Dalam Pembelajaran Pkn Untuk Menumbuhkan Etika Warga Negara Pada Siswa. Bandung: Universitas PendidikanIndonesia.
Martorella, P. H. 1994. Social studies for elementary school children: developing young citizens. New York: Macmillan College Publishing Company, Inc.
Maryati. 2007. Tanya Jawab Tentang Pengembangan Diri di Sekolah. Semarang: Masitoh. “Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)”. Universitas Pendidikan Indonesia.
McLoad, William T ( managing editor) .1989. The New Collins Dictionary and Thesaurus.
Megawangi. 2008. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mertoprawiro, H. Soedarsono.1992. Pembinaan Gerakan Pramuka dalam kegiatan Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mu‟arif. 2008. Liberalisasi Pendidikan,Yogyakarta : Pinus.
Muhadjir, Noeng. 2000 Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan
Pelaku Sosial Kreatif.Edisi 5.Yogyakarta : Rake Sarasin Muhibbin Syah (2013). PsikologiPendidikan. Bandung: PTRemaja Rosdakarya.
Mulkhan, Abdul Munir. 2002. Cerdas atau Culas Bermula dari Kelas dalam John P. Miller, Cerdas di Kelas Sekolah Kepribadian, Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Mulyasa, E. 2012. Manajemen Kelas ,cet ke 2. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Murdiono, Mukhamad. Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfiqon, HM. 2008. Aplikasi Media Pembelajaran. Sidoarjo: Muhammadiyah University Press.
Muslich Masnur.2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Muslimin.(1979). Pendidikan Moral Pancasila .Surabaya : Gramedia
Nasih, Ahmad M. & Kholidah, Lilik N. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Ningsih, Rini. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan kelas 3 SD. Bogor: Yudhistira.
Nucci, L. P. (2004). The development of moral reasoning.In
P. Smith & C. Hart (Eds), Blackwell handbook of cognitive development. Malden, MA: Blackwell.
Paramita Partin, Ronald L. 2009. Kiat Nyaman Mengajar di dalam Kelas. Jakarta:PT Indeks.
Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar NasionalPendidikan.
Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta Pidarta, Made. 2013. Landasan Kependidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Prijosaksono Ari, 2004. Tujuan Pendidikan Leadership. Jakarta: Akademia
Prof Baharuddin. 2010. Pendidikan & psikologi perkembangan. Jakarta : AR-RUZZ
Prof. DR. H. Wina Sanjaya, M. PD. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana, prenada media group.
Purwanto, M. Ngalim. 1994. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rachmawati, Yeni & Kurniati, Euis.2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
Reber, Arthur S. 1988. The penguin Dictionary of Psycology. Ringwood Victoria : Penguin Book Australia Ltd. Renee Rosenblum-Lowden, Felicia Lowden Kimmel (2008).
Strategi Managemen Kelas Yang Membuat Pekerjaan Anda Menjadi Lebih Muda dan Menyenangkan. Jakarta: Indeks
Copyright (c) 2020 Feri Tirtoni, Firdaus Su’udiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.