Persepktif Desain Produk : Merancang Atribut Produk

  • Ribangun Bamban Jakaria Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Iswanto Iswanto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Edi Widodo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Paramitha Amelia Kusumawardani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Desain, Produk, Atribut, Perspektif, Merancang

Abstract

Perubahan kurikulum prodi teknik industri menyebabkaan adanya perubahan MK, yang diikuti
perubahan silabus dan SAP sehingga buku Buku Persepektif desain Produk : Merancang Atribut Produk
perlu di tulis untuk mendukung pembelajaran yang dilakukan. Buku ajar ini merupakan salah satu bab
dalam buku Perencanaan dan Perancangan Produk, sehingga buku ini dimungkinkan menjadi buku
penguatan buku ajar Perencanaan dan Perancangan Produk.
Sasaran pengguna buku ini adalah Mahasiswa Teknik Industri, sementara sasaran umum adalah
Mahasiswa teknik Industri serta khalayak yang berkutat pada permasalahan Perencanaan dan
Perancangan produk. Buku ajar ini memiliki capaian pembelajaran yang berbeda, sehingga perlunya
mempelajari buku ini secara runtut agar tahapan materi yang di susun dapat dipahami. Sistematika
Buku Persepektif desain Produk : Merancang Atribut Produk terdiri atas 5 bab yaitu :
Bab 1 Pengantar : Memahami Atribut Produk
Bab 2 Proses Menyusun Atribut Produk
Bab 3 Optimasi Atribut Produk
Bab 4 Implementasi dan Komunikasi
Bab 5 Evaluasi dan Perbaikan berkelanjutan

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

R. B. Jakaria and Tedjo Sukmono, Buku Ajar Mata Kuliah Perencanaan Dan Perancangan Produk. Umsida Press, 2021. doi: 10.21070/2021/978-623-6292-41-9.

A. Timoshenko and J. R. Hauser, “Identifying Customer Needs from User-Generated Content,” Marketing Science, vol. 38, no. 1, pp. 1–20, Jan. 2019, doi: 10.1287/mksc.2018.1123.

Marzuki Ibrahim, Reka Bentuk Produk. Kuala Lumpur, Malaysia: Dewan Bahasa dan Pustaka, 2013.

Ulrich KT, Eppinger SD, Product Design and Development, 6th ed. McGraw-Hill, New York, 2016.

V. Krishnan and K. T. Ulrich, “Product Development Decisions: A Review of the Literature,” Management Science, vol. 47, no. 1, pp. 1–21, Jan. 2001, doi: 10.1287/mnsc.47.1.1.10668.

D. S. Kim, R. A. Bailey, N. Hardt, and G. M. Allenby, “Benefit-Based Conjoint Analysis,” Marketing Science, vol. 36, no. 1, pp. 54–69, Jan. 2017, doi: 10.1287/mksc.2016.1003.

Orme BK, Getting Started with Conjoint Analysis: Strategies for Product Design and Pricing Research, 2nd ed. Research Publishers, Madison, WI, 2006.

https://id.wikipedia.org/wiki/Muhammadiyah.”

https://news.republika.co.id/berita/ovgcna349/muhammadiyah-tuban-dirikan-pabrik-suli-5.”

https://infomu.co/alhamdulillah-produksi-air-minum-suli-5-diluncurkan-warga-persyarikatan-siap-mengkonsumsi/.”

https://news.republika.co.id/berita/ow4gez349/suli-5-ekspansi-bisnis-di-solo-raya.”

Y. Wang, D. Y. Mo, and M. M. Tseng, “Mapping customer needs to design parameters in the front end of product design by applying deep learning,” CIRP Annals, vol. 67, no. 1, pp. 145–148, 2018, doi: 10.1016/j.cirp.2018.04.018.

Sullivan LP, Quality function deployment., 19(6). Quality Progress, 1986.

Hauser JR, Clausing D, The house of quality. Harvard Bus. Rev. 66(3), 1988.

Akao Y, Quality Function Deployment (QFD): Integrating customer requirements into product design. New York: Productivity Press, 2004.

L.-K. Chan and M.-L. Wu, “Quality function deployment: A literature review,” European Journalof Operational Research, vol. 143, no. 3, pp. 463–497, Dec. 2002, doi: 10.1016/S0377- 2217(02)00178-9.

D. Zahay, A. Griffin, and E. Fredericks, “Sources, uses, and forms of data in the new product development process,” Industrial Marketing Management, vol. 33, no. 7, pp. 657–666, Oct. 2004, doi: 10.1016/j.indmarman.2003.10.002.

P. E. Green and V. Srinivasan, “Conjoint Analysis in Consumer Research: Issues and Outlook,” Journal of Consumer Research, vol. 5, no. 2, pp. 103–123, Sep. 1978, doi: 10.1086/208721.

D. S. Kim, R. A. Bailey, N. Hardt, and G. M. Allenby, “Benefit-Based Conjoint Analysis,” Marketing Science, vol. 36, no. 1, pp. 54–69, Jan. 2017, doi: 10.1287/mksc.2016.1003.

Agus Sutopo, Dian Fitriana Arthati, Utari Azalika Rahmi, Kajian Indikator Sustainable Development Goals (SDGs). Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2014.

BPS Jawa Timur, “Persentase Rumah Tangga yang Memiliki Akses Terhadap Sumber Air Minum Layak Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur, 2016-2021,” 2022. [Online]. Available: https://jatim.bps.go.id/statictable/2022/10/27/2372/persentase-rumah-tangga-yang-memiliki- akses-terhadap-sumber-air-minum-layak-menurut kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-timur- 2016-2021.html

D. J. Permana, “Perancangan pengembangan produk air mineral dalam kemasan (AMDK) merk ‘XYZ’ 600 ml berdasarkan model Kano dan dimensi kualitas Garvin,” jabe, vol. 6, no. 4, p. 300, Aug. 2020, doi: 10.30998/jabe.v6i4.6424.

Garvin, D. A., “What Does ‘hltoduct Quality’ Really Mean.,” Sloan management review., 1984.

M. M. Munyaradzi Mutsikiwa, “The Impact of Aesthetics Package Design Elements on Consumer Purchase Decisions: A Case of Locally Produced Dairy Products in Southern Zimbabwe.,” IOSR-JBM, vol. 8, no. 5, pp. 64–71, 2013, doi: 10.9790/487X-0856471.

Marzuki Ibrahim, Reka Bentuk Produk. Kuala Lumpur, Malaysia: Dewan Bahasa dan Pustaka, 2013.

Z. S. Aditia and R. B. Jakaria, “Penerapan Metode Geneva Emotion Wheel (GEW) dalam Merancang Kemasan Mineral Water 600 ml Merk Umsida,” jatiunik. jurnal. ilm. teknik. manaj. industri., vol. 6, no. 1, pp. 1–13, Oct. 2022, doi: 10.30737/jatiunik.v6i1.2487.

P. E. Green, J. D. Carroll, and S. M. Goldberg, “A General Approach to Product Design Optimization via Conjoint Analysis”.

Engel, J.F., Roger, D.B., Paul. W.M., Perilaku konsumen (terjemahan), vol. volume ke-1. Jakarta, (ID): Binarupa Aksara, 1994.

E. Skreli and D. Imami, “Analyzing Consumers’ Preferences for Apple Attributes in Tirana, Albania,” International Food and Agribusiness Management Review, vol. 15, no. 4, 2012.

Published
2024-10-29
How to Cite
Jakaria, R. B., Iswanto, I., Widodo, E., & Kusumawardani, P. A. (2024). Persepktif Desain Produk : Merancang Atribut Produk. Umsida Press, 1 - 64. https://doi.org/10.21070/2024/978-623-464-106-6
Issue
Section
Reference Book