Panduan Aplikasi Matlab Teknik Mesin

Main Article Content

Edi Widodo
Rohman Dijaya

Abstract

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan hidayahNya, penulis dapat memulai menyusun panduan aplikasi Matlab khususnya untuk aplikasi teknik mesin. Mata kuliah algoritma pemrograman untuk teknik mesin memang memiliki porsi yang sedikit dalam struktur kurikulum. Hal ini disebabkan salah satunya adalah begitu luasnya kajian dalam bidang teknik mesin, atau lebih dikenal dengan istilah mechanical engineering. Namundemikian, kehadiran mata kuliah algoritma pemrograman, tetap diperlukan, mengingat untuk dapat menyelesaikan permasalahan teknik dalam mekanika, diperlukan suatu piranti yang mumpuni dan akurat. Kehadiran komputer sebagai alat hitung tidak terpisahkan dalam perkembangan pengetahuan dan teknologi. Pemrograman Matlab, atau dikenal dengan Matrik Laboratory, sudah dikenal memiliki kemampuan dalam perhitungan matematik yang tidak diragukan dan luas dipergunakan dalam penelitian maupun industri. Untuk dapat menjembatani mahasiswa dalam penguasaan program Matlab untuk aplikasi dalam teknik mesin, dibutuhkan metoda dan panduan yang memudahkan untuk diaplikasikan dalam menyelesaikan masalah dan melakukan perhitungan. Kehadiran modul ajar ini diharapkan dapat memberikan panduan sederhana dan mudah dipahami serta mudah diaplikasikan dengan konsep-konsep dasar penyelesaian persamaan matematis. Modul ini memberikan peletakan dasar pemahaman dalam penguasaan program matlab. Untuk dapat menguasai lebih jauh dalam aplikasi program untuk masalah yang lebih kompleks, dibutuhkan kajian yang lebih mendalam dengan referesensi yang spesifikdan relevan. Pada akhirnya penulis berharap modul yang akan disusun ini mampu memberikan pengantar dasar penguasaan dan pemahaman bagi mahasiswa, terutama mereka yang memulai dari nol untuk pembelajaran algoritma dan pemrograman.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Widodo, E., & Dijaya, R. (2021). Panduan Aplikasi Matlab Teknik Mesin. Umsida Press, 1-150. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-59-1
Issue
Section
Buku Ajar

References

Ferreira, A.J.M. 2009`. MATLAB Codes for Finite Element Analysis. Porto, Portugal : Springer, 2009`.
Suparno, Supriyanto. 2011.Komputasi untuk Sains dan Teknik Menggunakan Matlab. Jakarta : Departemen Fisika-FMIPA Universitas Indonesia, 2011.
—. 2011.Komputasi untuk Sains dan Teknik Menggunakan Matlab. Jakarta : Departemen Fisika FMIPA Universitas Indonesia, 2011.
Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian. 2014.Petunjuk Praktikum Dasar Pemrograman. Bangkalan, Madura : Universitas Trunojoyo, 2014.
Widiarsono, Teguh. 2005.Tutorial Praktis Belajar MATLAB. Jakarta : s.n., 2005.