Edukasi Halal Pembelajaran Proyek Tematik untuk PAI

  • Puspita Handayani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ali Mudlofir
  • M. Yunus Abu Bakar

Abstract

Judul Edukasi Halal Pembelajaran Proyek Tematik untuk PAI

  • Latar Belakang Pengembangan Bahan Ajar Halal Lifestyle Dengan Metode Project Based Learning Tematik Multidisipliner
  • Gambaran Umum Bahan Ajar Halal Lifestyle Dengan Metode Project Based Learning (Pjbl) Tematik Multidisipliner
  • Dasar Teori Bahan Ajar Halal Lifestyle Dengan Metode Project Based Learning (Pjbl) Tematik Multidisipliner beserta Hasil Temuan Penelitian

Editor: M.Tanzil Multazam & Mahardika Darmawan Kusuma Wardana

Published by

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Press, Sidoarjo, 2025

ISBN:

  • ISBN 978-623-464-119-6

Deskripsi :

Pendekatan ini bertujuan memperkenalkan konsep halal kepada siswa melalui pembelajaran berbasis proyek tematik dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode ini mengintegrasikan nilai-nilai halal ke dalam tema-tema pembelajaran yang relevan, sehingga siswa tidak hanya memahami konsep halal secara teoretis, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Fokus Utama :

  • Pemahaman Konsep Halal
    Memperkenalkan siswa pada prinsip dasar halal dalam Islam, mencakup makanan, minuman, perilaku, hingga transaksi ekonomi.
  • Integrasi Nilai Islami dan Tematik
    Menggabungkan nilai-nilai halal ke dalam tema pembelajaran PAI yang relevan, seperti akhlak, ibadah, dan muamalah.

Fitur Unik :

  • Pendekatan Interdisipliner
    Mengintegrasikan nilai-nilai halal dengan berbagai tema pembelajaran PAI yang relevan, seperti fiqh, akhlak, dan muamalah, sekaligus menghubungkannya dengan disiplin ilmu lainnya.
  • Berbasis Proyek Tematik
    Siswa dilibatkan dalam proyek nyata yang memungkinkan mereka mengidentifikasi, menganalisis, dan mempresentasikan konsep halal secara kontekstual.

Target Audiens :

  • Siswa Sekolah Dasar dan Menengah
    Peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang mempelajari Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai bagian dari kurikulum.
  • Guru PAI
    Tenaga pendidik yang ingin menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek tematik dengan fokus pada nilai-nilai halal.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdullah, M. binti, Ager, S. N. S., Hamid, N. ’Adha A., Wahab, N. A., Saidpudin, W., Miskam, S., … Othman, N. (2015). WAR 10 ISU DAN CABARAN PENSIJILAN HALAL : SATU KAJIAN. Word Academic and Research Congress, (December),1–20. Jakarta.

Abu-Hussin, M. F., Johari, F., Hehsan, A., & Mohd Nawawi, M. S. A. Bin. (2017). Halal Purchase Intention Among the Singaporean Muslim Minority. Journal of Food Products Marketing, 23(7), 769–782. https://doi.org/10.1080/10454446.2016.1141139

Adinugraha, H. H., & Sartika, M. (2019). Halal Lifestyle di Indonesia. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 57–81. https://doi.org/10.21274/an.2019.5.2.layout

Ajzen, I. (2014). The Theory of Planned Behavior. Dalam Handbook of theories of Social Psychology (1 ed., hlm. 438–459). London: UK Sage. https://doi.org/10.4135/9781446249215.n22

Ali, M., Agama, K., Indonesia, R., & Pusat, J. (2016). Konsep Makanan Halal Dalam Tinjauan Syariah dan Tanggung Jawab Produk atas Produsen Industri Halal. Ahkam, XVI(2), 291–306.

Andri, Hendriani, S., & Fadriati. (2019). Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Pendekatan Project Based Learning bagi Siswa SDN 22 Baringin Kecamatan Lima Kaum. Jurnal el-Hekam, 4(2), 155–168.

Angga Mulyadi, M. S. R. (2021). Mainstreaming The Halal Lifestyle:Between Opportunities and Challenges of Social Protection Capacity in Global Trends. AdBispreneur:Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 7(01), 46–54.

Bradley, J. P. N. (2021). On the curation of negentropic forms of knowledge. Educational Philosophy and Theory, 0(0), 1–18. https://doi.org/10.1080/00131857.2021.1906647

Brown, J. (2016). Models of Learning Behaviourism as a Way of Learning (1 ed.; A. P. Jo Brown, Lorraine M, Noble, Ed.). London: John Wiley & Sons, Inc.

Erten, S., & Köseoğlu, P. (2022). A Review of Studies the Field of Educational Sciences within the Context of Theory of Planned Behavior. Journal of Turkish Science Education, 19(2), 389–402.

Firman, Ahmad, A., & Anshari. (2021). Teaching Materials Development of Indonesian Language Based on Islamic Text in Islamic Universities. Universal Journal of Education Reasearch, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.13189/ujer.2021.090101

Haleem, A., Khan, M. I., Khan, S., & Jami, A. R. (2020). Research status in Halal: A review and bibliometric analysis. Modern Supply Chain Research, 2(1), 23–41. https://doi.org/10.1108/MSCRA-06-2019-0014

Handayani, P., Iqbal, M., & Kusaeri. (2023). Pedagogical Content Knowledge Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 157–165.

Hasanah, N., Diniari, I. S., & Fitriani, A. (2017). Influence of Age and Education on Purchase Intention of Halal Labelled Food Among Indonesian Muslim Mothers. GATR Global Journal of Business Social Sciences Review, 5(3), 165–169. https://doi.org/10.35609/gjbssr.2017.5.3(18)

Jais, A. S. (2014). Halal in Mainstream Education: Where are We Now and What The Future Holds for Halal Education. International Seminar On Global Education II, (February 2014), 1179–1191. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.4788.5041

Mohamed, Z., Shamsudin, M. N., & Rezai, G. (2013). The Effect of Possessing Information About Halal Logo on Consumer Confidence in Malaysia. Journal of International Food and Agribusiness Marketing, 25(SUPPL1), 73–86. https://doi.org/10.1080/08974438.2013.800008

Mulyawan, R. (2023). Pengertian Content Curation:Manfaat dan Macam-macam Modelnya. Diambil dari Rifqimulyawan.com website: https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-content-curation/.

Rachman, A. (2020). Halal Branding ; A Religious Doctrine in the Development of Islamic Da ’ wah. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(2), 133–144.

Reviews, S. S. (2019). Islamic Education in the Globalization Era; Challenges , Opportunities, and Contribution of Islamic Education in Indonesia. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(4), 1031–1037.

Rezai, G., Mohamed, Z., & Shamsudin, M. N. (2015). Can Halal Be Sustainable? Study on Malaysian Consumers’ Perspective. Journal of Food Products Marketing, 21(6), 654–666. https://doi.org/10.1080/10454446.2014.883583

Saenab, S., Yunus, S. R., Saleh, A. R., Virninda, A. N., L, H., & Sofyan, N. A. (2018). Project-based Learning as the Atmoshphere for Promoting Students ’ Communication Skills. International Conference on Statistics, Mathematics, Teaching, and Research, 1–6. IOP. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012026

Salman, A. M. bin, Rohman, N., Halim, Abd., & Susilayati, M. (2019). Halal as a Distinct Competitive Edge for Islamic Higher Education in the Millennial Generation. International Journal of Halal Research, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.18517/ijhr.1.1.8-15.2019

Samsiadi, & Romelah. (2022). Model Project Based Learning ( PjBL ) dalam Pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Berau KALTIM. Research anda Development Journal of Education, 8(1), 363–371.

Published
2025-03-20
How to Cite
Handayani, P., Mudlofir, A., & Bakar, M. Y. A. (2025). Edukasi Halal Pembelajaran Proyek Tematik untuk PAI. Umsida Press, 1-40. https://doi.org/10.21070/2025/978-623-464-119-6
Issue
Section
Monograph

Most read articles by the same author(s)