Buku Ajar Dasar-dasar Public Relations

  • Ainur Rochmaniah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ferry Adhi Dharma Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Djarot Meidi Budi Utomo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Dasar-dasar, Public, Relations

Abstract

Dasar-dasar Public Relations merupakan mata kuliah dasar di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Buku ajar Dasar-dasar Public Relations ini dikhususkan untuk pegangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Mata kuliah prasarat yang harus diselesaikan sebelum mengambil mata kuliah ini adalah Pengantar Ilmu Komunikasi. Penulisan buku ajar Dasar-dasar Public Relations ini ditulis dalam 9 BAB yakni; Pengertian Public Relations bab ini menjelaskan definisi Public Relations dari para pakar Public Relations. Pengertian Public Relations dan humas. Pengertian Public Relations sebagai technique of communications dan sebagai state of being. Terakhir, akan dibahas tentang ciri-ciri atau karakteristik Public Relations. Konsep Dasar Public Relations, dalam pembahasan bab ini menjelaskan latar belakang (kondisi sosial) dari Public Relations. Pentingnya Public Relations dalam sebuah organisasi. Tujuan dan fungsi Public Relations dari berbagai pendapat para pakar Public Relations. Public Relations Sebagai Fungsi Manajemen, bab ini menjelaskan kedudukan Public Relations dalam manajemen organisasi. Posisi Public Relations dalam struktur organisasi dan job deskription Public Relations. Karakteristik fungsi manajemen. Nilai-nilai asymetrical dan symetrical dalam organisasi yang mempengaruhi adanya Public Relations. Selanjutnya materi yang uraikan pada masing-masing bab membahas secara runtut yakni Peran Public Relations, Internal Public Relations, Eksternal Public Relations, Public Relations dan Komunikasi, Metode Pekerjaan Public Relations, Kasus-kasus Public Relations. Buku ini menjelaskan secara sistemtis dengan bahasa yang ringan sehingga memudahkan pembaca dalam memahami Dasar-Dasar Public Relations.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Admosoedirjo, P. (1986) Hukum Administrasi Negara. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ambarwati, D. (2009) Kegiatan Community Relations PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Dalam

Meningkatkan Corporate Image (Periode Januari – Desember 2008). Universitas Mercu Buana.

Annisa, M. N. (2017) Strategi Komunikasi Humas BPJS Kesehatan Dalam Mensosialisasikan Program Jaminan Kesehatan (JKN-KIS). Universitas Prof. Dr. Moestopo.

Astuti, Y. P. (2019) ‘Community Relations UPT Taman Balekambang Surakarta Dalam Program Pengembangan Kemitraam Masyarakat’, Profetik Jurnal Komunikasi, 12(2).

Aziz, A. (2018) Strategi Media Relations Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Luwu Timur Sebagai Sarana Informasi Publik. UIN Alauddin Makassar.

Bowdin, A. and O’Toole (2006) Event Management. New York: Routledge.

Cutlip, M. S., Center, A. H. and Broom, G. M. (2009) Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Dayanti, L., Kusumastuti, F. and Puspo, R. (2007) Hubungan Masyarakat. Jakarta: Universitas Terbuka.

Djanalis, D. (1993) Public Relations: Teori dan Praktek. Malang: Indopurels Group.

Effendy, O. U. (1993) Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Effendy, O. U. (2005) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Grunig, J. E. and White, J. (1992) The Effect of Worldviews on Public Relations Theory and Practice.

Excellence in Public Relations and Communications Management. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Hardjana, A. (2016) Komunikasi Organisasi: Strategi dan Kompetensi. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Iriantara, Y. (2007) Community Relations: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Jefkins, F. (1992) Hubungan Masyarakat. Jakarta: Intermasa.

Kasali, R. (1994) Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Grafiti.

Kasali, R. (2003) Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT. Pusaka Utama Grafiti.

Kriyantono, R. (2021) Best Practice Humas (Public Relations) Bisnis dan Pemerintahan. Jakarta: Kencana.

Kusumastuti, F. (2004) Dasar - Dasar Humas. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lourensia, F. and Setyanto, Y. (2018) ‘Peran Public relations dalam Memulihkan Reputasi (Studi kasus

Manajemen Krisis PT Kereta Commuter Indonesia Pasca Perubahan Sistem E-Ticketing)’, Pedagogia, 2(2).

Matthews, D. (2008) Special Event Production: The Process. 1st Editio. NewYork: Routledge.

Moore, H. F. (2004) Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mora, M. S. T. (2012) Strategi Komunikasi dalam Hubungan Pemerintahan (Government Relations) Pada

Industri Minyak dan Gas Bumi (Studi Kasus pada PT Mosesa Petroleum). Universitas Indonesia.

Morrisan (2008) Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Muhammad, A. (2017) Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyana, D. (2005) Komunikasi Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, A. (1999) Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Jaya Widya.

Prasetyowati, J. J. (2016) Strategi Customer Relations dalam Membangun Community Relations di Bab 9 Kasus-Kasus Public Relations 59

Apartemen Mediterania Garden Residences 1, Tanjung Duren Jakarta Barat. Available at: http:library.moestopo.ac.id.

Purnama, I. D. (2021) Giant Tutup Lapak, Eks Pekerja Dijanjikan Dapat Prioritas Masuk Perusahaan Grup Hero Lain, idxchannel. Available at: https://www.idxchannel.com/economics/giant-tutup-lapak-ekspekerja-dijanjikan-dapat-prioritas-masukperusahaan-grup-hero-lain.

Putra, I. G. N. (1999) Manajemen Hubungan Masyarakat. Yogyakarta: Universitas Atmajaya.

Ruslan, R. (2007) Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saleh, T. (2021) Heboh BTS Meal, Siapa Dibalik Investor McD Indonesia, cnbcindonesia.com. Available at: https://www.cnbcindonesia.com/market/20210610095440-17-251968/heboh-bts-meal-siapa-di-balikinvestor-mcd-indonesia.

Saraswati, A. D. and Faisal (2014) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Corporate Charitable Contributions. Universitas Diponegoro.

Seitel, F. P. (2007) The Practice of Public Relations. Boston: Pearson Education Internasional.

Simamora, N. S. (2021) Menguak Kontroversi Vaksin Sinovac asal China di Indonesia, lifestyle.bisnis.com. Available at: https://lifestyle.bisnis.com/read/20210623/106/1408936/menguak-kontroversivaksin-sinovac-asal-china-di-indonesia.

Siregar, A. and Pasaribu, R. (2000) Bagaimana Mengelola Media Korporasi Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Soekanto, S. (2006) Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soemendar (1985) Perkembangan Konsep Ilmu Pemerintahan. Jakarta: Seminar IPP.

Soemirat, S. and Ardiyanto, E. (2012) Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suhartini, T. and Elvira, K. M. (2019) Kegiatan Press Tour sebagai Strategi Media Relations (2019), jurnal.ubharajaya.ac.id. Available at: https://jurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/manajemenubhara/article/view/499.

Surbakti, R. (2010) Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Widya Sarana.

Yulianita, N. (2007) Dasar - Dasar Public Relations. Bandung: LPPM UNISBA

Published
2022-07-13
How to Cite
Rochmaniah, A., Dharma, F. A., & Utomo, D. M. B. (2022). Buku Ajar Dasar-dasar Public Relations. Umsida Press, 1-63. Retrieved from https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/978-623-6292-23-5
Issue
Section
Text Book

Most read articles by the same author(s)