Buku Ajar Al Qur’an Hadist
Abstract
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, atas rahmad dan taufik serta hidayah –Nya Buku Ajar Al Qur’an Hadist MI dapat terselesaikan dengan baik dan tanpa da halangan yang berarti. Sholawat serta salam kami haturkan kepada Nabi Muhammad SAW. Tim Penulis mengucapkan Terima kasih Kepada:
1. Dr. Istikomah, M.Ag, Dekan Fakultas Agama Islam yang memberikan arahan dan motivasi kepada penulis dalam menyelesaikan buku ajar ini.
2. Moh. Bahak Udyn By Arifin, M.Pd. Kaprodi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah yang telah memberi dukungan untuk menyusun buku ajar ini.
3. Rekan-rekan dosen pengampu Mata kuliah di PGMI yang telah berbagi pengalaman dalam pengampu matakuiah. Saran dan kritik yang penulis harapkan untuk menjadikan buku ajar Al Qur’an Hadist MI yang lebih baik lagi, dan sesuai dengan amanat peraturan yang berlaku. Jazaakumullah Khoir
Downloads
Metrics
References
‘Ied, Ibnu Daqiqil. 2005. Syarhul Arba’iina Hadiitsan an- Nawawiyah. Terj. Muhammad Thalib. Yogyakarta: Media Hidayah Yogyakarta.
Abdurrahman, Hafidz. 2018. ‘Ulûmul Qur’ân. Bogor: Al-Azhar Press.
Al Mahfani, M. Khalilurrahman. 2009. Dahsyatnya Doa Anak Yatim. Jakarta: Wahyu Media, Cet. 1.
Al-Bukhari, Abu Abdullah Muhammad bin Ismail, Ensiklopedia Hadits; Shahih al-Bukhari 1, Terj. Masyhar dan
Muhammad Suhadi, Jakarta: Almahira, Cet. I, 2011 Al-Khatib, Muhammad ‘Ajjaj. 1981. Al-Sunnah Qabl Al-Tadwin. Beirut : Dar Al-Fikr.
Al-Hasan, ‘Ali. 1998. Al-Manâr. Beirut: Dâr al-Fikr al-‘Arabi. Al-Jibrin, ‘Abdullah bin ‘Abdul ‘Aziz. 1425H. Tahdziib Tashiil Al-‘Aqidah Al-Islamiyyah. Penerbit Maktabah Makkah KSA.
Al-Qur’an Al-Karim. 2017. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Departemen Agama, Bekasi: Dinamika Cahaya Pustaka.
An-Nabhani, Taqiyuddin. 2008. Kepribadian Islam Jilid I (Edisi Mu’tamadah. Terj. Zakia Ahmad. Jakarta: HTI Press. Ash Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi. 2002. Ilmu-ilmu Al-Qur’an, ilmu-ilmu pokok dalam menafsirkan Al- Qur’an, cet. I. Semarang: Pustaka Rizki Putra. 144 As-Suyuti, Jalaluddin Abd al-Rahman. 1979. Al-Itqan fi Ulum Al-Qur’an. Beirut: Dar ar-Fikr.
Hilal, Iyad. 2014. Pengantar Studi Ushul Fiqih. Terjemahan Abu Faiz. Bogor: Pustaka Thariqul Izzah, Cet. III.
Hizbut Tahrir. 2011. Pilar-Pilar Pengokoh Nafsiyah Islamiyah, terj. Jakarta: HTI Press. Cet. VIII.
Idri. Studi Hadis., Cet; I. 2010. Jakarta: Kencana.
Ismail, M. Syuhudi.1998. Kaidah Keshahihan Hadis: Telaah Kritis dan Tinjauan Pendekatan Ilmu Sejarah. Cet; I. Jakarta : Bulan Bintang.
Januar, M. Iwan. 2018. Hadhanah Risalah Agung Pengasuhan Anak Dalam Islam. Bogor: Al-Azhar Fresh Zone Publishing.
Jayadi. 2012. Metodologi Kajian Hadist. Makassar: Alauddin University Prress.
Khatib, Muhammad ‘Ajjaj. 1971. al-Sunnah qabl al- Tadwin.Beirut: Dar al-Fikr. Khon, Abd.Majid. 2008. Ulumul Hadits. Jakarta: Amzah.
Muhammad Abu Syihab, Muhammad ibn., al-Wasith fi ‘Ulum wa Musthalah al-Hadits, Beirut : Dar al-Fikr, t.th.
Munawir, “Problematika Seputar Kodifikasi Al-Qur’an (Sebuah Kajian Kesejarahan Perspektif Keserjanaan Muslim dan Analisis Kritis Kesarjanaan Barat)”, dalam Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Vol. 3, No. 2, Juli-Desember 2008 (Purwokerto: IAIN Purwokerto, 2008), hlm. 149. 145
Nawawi, Muhyiddin Yahya bin Syaraf. 2010. Hadits Arba’in. Terj. Abdullah Haidhir. Madinah: Maktab Dakwah dan Bimbingan Jaliyat Rabwah.
Somad, Abdul. 2017. 99 Tanya Jawab Seputar Shalat. Riau: Tafaqquh Media, Cet VI. Suwaid, Muhammad Ibnu Abdul Hafidh. 2016. Cara Nabi Mendidik Anak, Terj. Hamim Thohari, dkk. Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat. Cet. VI.
Yunus, Mahmud. 1973. Kamus Arab – Indonesia. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penerjemah/Penafsir al- Qur’an.
Ichwan, Muhammad Nor. 2008. Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an. Semarang: Rasail Media Group.
Yuslem, Dr. Nawir. 1998. Ulumul Hadis. Jakarta: PT. MutiaraSumber Widya.
Abdul Jalil Muhammad, “Pengantar Sejarah Al-Quran (1): Kajian Historis Teks Al-Qur’an dari Berbagai Aspek”, diakses dari http://www.almunawwir.com/pengantar-sejarahalquran- 1-kajian-historis-teks-alquran-dari-berbagaiaspek/ tanggal 18 September 2020. 2018
Al’Adhawi, Syaikh Musthafa. Fiqhu at Ta’amul Ma’al Walidain.https://muslim.or.id/47127-perintahuntuk- birrul-walidain.html, diakses Juni 2020 146
Ar-Ruhaili, Ibrahim bin ‘Amir. 1424H. Tajridu Al Ittiba’I Fi Bayani Asbabi Tafadhuli Al A’mali.Maktabah Ulum Wal Hikam Madinah Munawwarah, Cet. I https://almanhaj.or.id/2875-meningkatkan-nilaiibadah-seorang-muslim.html, diakses 13 Juni 2020 Hakim, Saifudin. 2018. Mengenal dua jenis nifaq dan perbuatan orang munafik bagian 1. diakses dari https://muslim.or.id/42117-mengenal-dua-jenisnifaq-dan-perbuatan-orang-munafik-bag-1.html, pada 14/06/20.
Hakim, Saifudin. 2018. Mengenal dua jenis nifaq dan perbuatan orang munafik bagian 2. diakses dari https://muslim.or.id/42119-mengenal-dua-jenisnifaq- dan-perbuatan-orang-munafik-bag-2.html.
pada 14/06/20. https://tafsirweb.com/38706-ayat-tentang-silaturahmi.html, diakses Juni 2020.
Majalah As-Sunnah. 2005. Edisi 05/Tahun IX/1426H/2005M.Solo: Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta.
Majalah As-Sunnah. 2011. Edisi 11. /Tahun XI/1429H/2008M. Solo: Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta.
Majalah As-Sunnah. 2013. Edisi 12/Tahun XVII/1435H/2013M. Solo: Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta.
Munawir, “Problematika Seputar Kodifikasi Al-Qur’an (Sebuah Kajian Kesejarahan Perspektif Keserjanaan Muslim dan Analisis Kritis Kesarjanaan Barat)”, dalam Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Vol. 3, No. 2, Juli-Desember 2008 (Purwokerto: IAIN Purwokerto, 2008), hlm. 149. 147
Nashifa, Isruwanti Ummu. Majalah Al-Umm, edisi 12/vol. II. https://muslimah.or.id/10873-hakikat-amalshalih. html, diakses 13 Juni 2020
Oktaviani, Zahrotul. 10 Hadits tentang Kesehatan dan Kebersihan. diakses dari https://republika.co.id/berita/q5u6te366/10-haditstentang- kesehatan-dan kebersihan, pada tanggal 11 Juni 2020 pukul 21.05 Tamam, Badrul. 2018. Kebersihan Sebagian dari Iman Hadits Dhaif, Tapi Maknanya Baik. diakses dari voaislam. com/read/ibadah/2018/07/03/58858/kebersih an-sebagian-dari-iman-hadits-dhaif-tapi-maknanyabaik/, pada tanggal 11 Juni 2020 pukul 20.58.
Copyright (c) 2020 Nur Maslikhatun Nisak, Doni Septi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.