Wawasan Kebangsaan: Negara Pancasila Sebagai Darul ‘Ahdi Wa Al Syahadah

Main Article Content

Anita Puji Astutik

Abstract

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga Buku Wawasan Kebangsaan: Negara Pancasila Sebagai Darul ‘Ahdi wa al Syahadah ini dapat disusun dengan baik meskipun perlu penyempurnaan lebih lanjut. Buku ini menjadi pedoman sosialisasi kepada pelajar maupun mahasiswa untuk meningkatkan kesepahaman tentang komitmen Muhammadiyah tentang wawasan kebangsaan. “Negara Pancasila sebagai Darul ‘Ahdi wa al Syahadah” merupakan komitmen Muhammadiyah untuk terus berkiprah membangun dan meluruskan arah Indonesia sebagai Negara Pancasila yang maju, adil, makmur, bermartabat, dan berdaulat menuju peradaban yang utama dalam ridla Allah Subahanu wa Ta’ala. terhadap aktivisme gerakan Mahasiswa. Belakangan ini, Indonesia diwarnai dengan fenomena radikalisme. Kemandegan suatu ideologi dalam memecahkan masalah yang terjadi merangsang untuk mencari alternatif ideologi lain yang secara empiris dianggap berhasil. Maka tak jarang, kajian-kajian kritis yang kerap dilakukan lewat pengujian terhadap pendekatan ideologi atau metodologis tertentu yang diminati. Hal ini melatarbelakangi perlunya disusun sebuah pedoman sosialisasi sebagai peningkatan kesepahaman tentang wawasan kebangsaan, khususnya mengenai komitmen Muhammadiyah “Negara Pancasila Sebagai Darul ‘Ahdi wa al Syahadah”. Secara keseluruhan buku ini memuat empat pembahasan yang terdiri atas: - Relasi Islam dan Negara Membahas mengenai pandangan terkait dengan relasi konseptual menyangkut agama dan negara, hubungan antara Islam dan politik di era kontemporer. - Muhammadiyah dan Wawasan kebangsaan
Menjelaskan tentang pengertian wawasan kebangsaan, peran historis Muhammadiyah sebagai bagian integral bangsa Indonesia dan kontribusinya dalam keberlangsungan negara Indonesia serta komitmen Muhammadiyah dalam mengisi kehidupan kebangsaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Astutik, A. P. (2021). Wawasan Kebangsaan: Negara Pancasila Sebagai Darul ‘Ahdi Wa Al Syahadah. Umsida Press, 1-45. https://doi.org/10.21070/2019/978-623-7578-65-9
Issue
Section
Buku Ajar

References

Aziz, Abdul. Chiefdom Madinah: Salah paham Negara Islam. Jakarta: Pustaka Alfabet, 2011. Badudu, J. S, Zain, Sutan Mohammad. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta :Pustaka Sinar Harapan. 2001.
Bakry ,Noor M. Pancasila Yuridis Kenegaraan. Yogyakarta: Liberty. 1994.
Fajar, M. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Graham Ilmu. 2009.
Fuad, Ahmad Nur, dkk, Pendidikan Kemuhammadiyahan. Sidoarjo: UMSIDA Press. 2012.
Jainuri, Achmad. Ideologi Kaum Reformis; Melacak Pandangan Keagamaan Muhammadiyah Periode Awal. Surabaya: LPAM, 2002.
Lewis, Bernard. What Went Wrong: The Clash Between Islam and Modernity in the Middle East. London: Weidenfeld & Nicolson, 2002.
Maarif, A. Syafi’i. Islam Kekuatan Doktrin dan kegamangan Umat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997. Nasir, Haedar. siaran pers tanggal 2 Agustus 2017 di Jakarta.
PP Muhammadiyah, Negara Pancasila Sebagai Darul Ahdi Wa Syahadah ; Muktamar Muhammadiyah ke 47 di Makasar Yogyakarta: Gramasurya, 2015.
PP Muhammadiyah, Pedoman & Panduan Lazizmu; Memberi Untuk Negeri.
Tim Kerja Tindak Lanjut Kerja sama dengan PP Muhammadiyah dan Kemenko PMK

Most read articles by the same author(s)