Menguatkan Self-Esteem dan Mengatasi Insecure: Pendekatan Psikologis dalam Konteks Pendidikan

Authors

  • Anita Puji Astutik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Keywords:

Self-Esteem, Insecure, Psikologi Pendidikan

Abstract

Judul Menguatkan Self-Esteem dan Mengatasi Insecure: Pendekatan Psikologis dalam Konteks Pendidikan

  • BAB 1 Konsep Dasar Self-Esteem Dan Insecure 8
  • BAB 2 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Self-Esteem Dan Insecure
  • BAB 3 Dampak Rendahnya Self-Esteem Dan Insecure Dalam Dunia Pendidikan
  • BAB 4 Teori-Teori Psikologis Terkait Self-Esteem

Editor: M.Tanzil Multazam & Mahardika Darmawan Kusuma Wardana

Published by

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Press, Sidoarjo, 2025

ISBN:

  • ISBN

Deskripsi :

Dalam dunia pendidikan, perkembangan psikologis peserta didik menjadi aspek penting yang tidak dapat diabaikan. Salah satu tantangan psikologis yang kerap dialami siswa dan mahasiswa adalah rendahnya self-esteem (harga diri) dan munculnya perasaan insecure (ketidakamanan diri). Kedua kondisi ini dapat berdampak negatif terhadap motivasi belajar, keberanian dalam berekspresi, hingga pencapaian akademik.

Fokus Utama :

  • Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Self-Esteem dan Insecure pada Peserta Didik
    Mengkaji latar belakang psikologis, sosial, dan lingkungan yang memicu rendahnya rasa percaya diri serta perasaan tidak aman dalam diri siswa atau mahasiswa.
  • Pemahaman Teoretis tentang Self-Esteem dan Insecure
    Menelaah konsep-konsep dari psikologi perkembangan, psikologi positif, dan psikologi pendidikan yang menjelaskan mekanisme terbentuknya self-esteem dan insecure.

Fitur Unik :

  • Pendekatan Humanistik dan Positif
    Topik ini mengintegrasikan pendekatan psikologi humanistik dan psikologi positif, yang menekankan potensi individu, empati, dan pengembangan kekuatan diri sebagai fondasi utama dalam proses pendidikan.

Target Audiens :

  • Peserta Didik (Siswa dan Mahasiswa)
    Individu yang secara langsung mengalami tantangan self-esteem rendah dan perasaan insecure, terutama di masa perkembangan identitas diri. Mereka menjadi sasaran utama intervensi agar mampu mengembangkan kepercayaan diri dan ketahanan psikologis.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidah, I. M., & Maryam, E. W. (2024). Intensitas Penggunaan Media Sosial, Loneliness, Dan Insecure Pada Remaja. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 11(1), 193–210.https://doi.org/10.35891/jip.v11i1.4911

Agnesa, O. S., Sari, I. P., & Darnanengsi. (2021). Peran guru dalam membentuk karakter percaya diri peserta didik di sd ies al-ghuroba kabupaten sorong. Misool: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 82–88. https://doi.org//10.47945/misool.v3i2.567

Alwina, S., Chairyy azhar, P., & Ranuwaldy Sugma, A. (2023). Peran Konselor Sekolah Dasar Dalam Menangani Masalah Sosial. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS Dan Bahasa Inggris, 5(04), 21–29. http://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/

Amaliyah, N. S. A., & Muhid, A. (2023). Perbandingan Konsep Perkembangan Kepribadian Erik H.Erikson dan Ibnu Khaldun. Al-Murabbi, 9, 1–15. https://doi.org/10.35891/amb.v9i1.4419

Amelindha, N. F., & Pratama, R. S. (2025). Pola Asuh Permisif Terhadap Perkembangan : Kajian Literatur Pada Anak Usia Emas. 3(1), 123–133. https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i1.1992

Ananda, E. R., & Marno, M. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Teknologi Media Sosial terhadap Perilaku Bullying di Kalangan Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Nilai Karakter Self-Confident Siswa dalam Konteks Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5),2207–2217. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5206

Andayu, A. A., Rizkyanti, C. A., & Kusumawardhani, S. J. (2019). Peran Insecure Attachment terhadap Kekerasan Psikologis dalam Pacaran pada Perempuan Remaja Akhir. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 181–190. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.5231

Andini, M., Ramdhani, S., Suriansyah, A., & Cinantya, C. Menguatkan Self-Esteem dan Mengatasi Insecure: Pendekatan Psikologis dalam Konteks Pendidikan 69 (2024). Peran Guru dalam Menciptakan Proses Belajar yang Menyenangkan. 2298–2305. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.637

Apriani, Sari, H. M., & Pebriani, E. (2025). Peran Guru Dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Metode Bernyanyi Dengan Gerakan The Role of Teachers in Developing Children ’ s Self-Confidence Through the Singing Method with Movement. 1(3), 141–150. https://doi.org//10.70963/jm.v1i3

Asnawi, A., Rakhmat, C., & Sidik, G. S. (2023). Peran Guru dalam Menemukan dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1089–1099. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5017

Asqia, N., & Musakkir, H. (2024). Dampak Pengasuhan Orang Tua terhadap Self Esteem Anak Remaja. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2804–2814. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6974

Astutik, A. P., Nordin, N., Hasanudin, C., Fitroh, S. F., Azizah, N. L., Meilinda, I., & Rahma, A. (2024). Development of “ATAP” (Al Qur’an therapy to answer the problem) in improving self-compassion and resilience of parents of children with special needs. Edelweiss Applied Science and Technology, 8(6), 814–830. https://doi.org/10.55214/25768484.v8i6.2168

Budiasningrum, R. S., Utami, R. J., Mahendika, D., Vanchapo, A. R., Velyna, T., & Pranajaya, S. A. (2023). Meningkatkan Self Esteem Siswa Melalui Pendekatan 70 Menguatkan Self-Esteem dan Mengatasi Insecure: Pendekatan Psikologis dalam Konteks Pendidikan Cognitif Behaviot Therapy Dengan Teknik Self Instruction. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2748–2753. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Bukhori, A., Yanti, A. R., & Rahmawati, A. (2023). Penerapan Mindfulness Training sebagai Upaya dalam Mengurangi Psychological Distress pada Generasi Z. Proceedings of Annual Guidance and Counseling Academic Forum, 1–9.https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/agcaf/article/view/2373

Dati, N. (2024). KONSELING INDIVIDU DALAM MEMBENTUK KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM PACARAN. Αγαη, 15(1), 37–48.

Ernawati, Fadillah, G. F., & Khairi, A. M. (2020). OptimalisasiPeran Orang Tua Dalam Memahami Remaja GenerasiMilenial. Wacana, 12(1), 65–77. https://doi.org/10.13057/wacana.v12i1.168

Fitri, H., Hariyono, D. S., & Arpandy, G. A. (2024). Pengaruh Self-Esteem Terhadap Fear Of Missing Out (Fomo) pada Generasi Z Pengguna Media Sosial. Jurnal Psikologi, 1(4), 21. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2823

Gultom, R., Hutabarat, D. F. N., Septiani, T., & Tambunan, T. (2024). Persahabatan Positif : Peran Teman dalam Membangun Karakter. 1(1). https://jurnal.institutrenatus.ac.id/index.php/jtp/article/view/302?articlesBySimilarityPage=2

Hasanah, L., Maula, F., Husna, N., & Shodiqoh, L. (2022).Menguatkan Self-Esteem dan Mengatasi Insecure: Pendekatan Psikologis dalam Konteks Pendidikan 71

Published

2025-06-24

How to Cite

Astutik, A. P. (2025). Menguatkan Self-Esteem dan Mengatasi Insecure: Pendekatan Psikologis dalam Konteks Pendidikan. Umsida Press. Retrieved from https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/1514

Issue

Section

Text Book

Categories