Menguatkan Self-Esteem dan Mengatasi Insecure: Pendekatan Psikologis dalam Konteks Pendidikan
Keywords:
Self-Esteem, Insecure, Psikologi PendidikanAbstract
Judul : Menguatkan Self-Esteem dan Mengatasi Insecure: Pendekatan Psikologis dalam Konteks Pendidikan
- BAB 1 Konsep Dasar Self-Esteem Dan Insecure 8
- BAB 2 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Self-Esteem Dan Insecure
- BAB 3 Dampak Rendahnya Self-Esteem Dan Insecure Dalam Dunia Pendidikan
- BAB 4 Teori-Teori Psikologis Terkait Self-Esteem
Editor: M.Tanzil Multazam & Mahardika Darmawan Kusuma Wardana
Published by:
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Press, Sidoarjo, 2025
ISBN:
- ISBN
Deskripsi :
Dalam dunia pendidikan, perkembangan psikologis peserta didik menjadi aspek penting yang tidak dapat diabaikan. Salah satu tantangan psikologis yang kerap dialami siswa dan mahasiswa adalah rendahnya self-esteem (harga diri) dan munculnya perasaan insecure (ketidakamanan diri). Kedua kondisi ini dapat berdampak negatif terhadap motivasi belajar, keberanian dalam berekspresi, hingga pencapaian akademik.
Fokus Utama :
- Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Self-Esteem dan Insecure pada Peserta Didik
Mengkaji latar belakang psikologis, sosial, dan lingkungan yang memicu rendahnya rasa percaya diri serta perasaan tidak aman dalam diri siswa atau mahasiswa. - Pemahaman Teoretis tentang Self-Esteem dan Insecure
Menelaah konsep-konsep dari psikologi perkembangan, psikologi positif, dan psikologi pendidikan yang menjelaskan mekanisme terbentuknya self-esteem dan insecure.
Fitur Unik :
- Pendekatan Humanistik dan Positif
Topik ini mengintegrasikan pendekatan psikologi humanistik dan psikologi positif, yang menekankan potensi individu, empati, dan pengembangan kekuatan diri sebagai fondasi utama dalam proses pendidikan.
Target Audiens :
- Peserta Didik (Siswa dan Mahasiswa)
Individu yang secara langsung mengalami tantangan self-esteem rendah dan perasaan insecure, terutama di masa perkembangan identitas diri. Mereka menjadi sasaran utama intervensi agar mampu mengembangkan kepercayaan diri dan ketahanan psikologis.
Downloads
References
Abidah, I. M., & Maryam, E. W. (2024). Intensitas Penggunaan Media Sosial, Loneliness, Dan Insecure Pada Remaja. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 11(1), 193–210.https://doi.org/10.35891/jip.v11i1.4911
Agnesa, O. S., Sari, I. P., & Darnanengsi. (2021). Peran guru dalam membentuk karakter percaya diri peserta didik di sd ies al-ghuroba kabupaten sorong. Misool: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 82–88. https://doi.org//10.47945/misool.v3i2.567
Alwina, S., Chairyy azhar, P., & Ranuwaldy Sugma, A. (2023). Peran Konselor Sekolah Dasar Dalam Menangani Masalah Sosial. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS Dan Bahasa Inggris, 5(04), 21–29. http://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/
Amaliyah, N. S. A., & Muhid, A. (2023). Perbandingan Konsep Perkembangan Kepribadian Erik H.Erikson dan Ibnu Khaldun. Al-Murabbi, 9, 1–15. https://doi.org/10.35891/amb.v9i1.4419
Amelindha, N. F., & Pratama, R. S. (2025). Pola Asuh Permisif Terhadap Perkembangan : Kajian Literatur Pada Anak Usia Emas. 3(1), 123–133. https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i1.1992
Ananda, E. R., & Marno, M. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Teknologi Media Sosial terhadap Perilaku Bullying di Kalangan Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Nilai Karakter Self-Confident Siswa dalam Konteks Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5),2207–2217. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5206
Andayu, A. A., Rizkyanti, C. A., & Kusumawardhani, S. J. (2019). Peran Insecure Attachment terhadap Kekerasan Psikologis dalam Pacaran pada Perempuan Remaja Akhir. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 181–190. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.5231
Andini, M., Ramdhani, S., Suriansyah, A., & Cinantya, C. Menguatkan Self-Esteem dan Mengatasi Insecure: Pendekatan Psikologis dalam Konteks Pendidikan 69 (2024). Peran Guru dalam Menciptakan Proses Belajar yang Menyenangkan. 2298–2305. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.637
Apriani, Sari, H. M., & Pebriani, E. (2025). Peran Guru Dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Metode Bernyanyi Dengan Gerakan The Role of Teachers in Developing Children ’ s Self-Confidence Through the Singing Method with Movement. 1(3), 141–150. https://doi.org//10.70963/jm.v1i3
Asnawi, A., Rakhmat, C., & Sidik, G. S. (2023). Peran Guru dalam Menemukan dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1089–1099. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5017
Asqia, N., & Musakkir, H. (2024). Dampak Pengasuhan Orang Tua terhadap Self Esteem Anak Remaja. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2804–2814. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6974
Astutik, A. P., Nordin, N., Hasanudin, C., Fitroh, S. F., Azizah, N. L., Meilinda, I., & Rahma, A. (2024). Development of “ATAP” (Al Qur’an therapy to answer the problem) in improving self-compassion and resilience of parents of children with special needs. Edelweiss Applied Science and Technology, 8(6), 814–830. https://doi.org/10.55214/25768484.v8i6.2168
Budiasningrum, R. S., Utami, R. J., Mahendika, D., Vanchapo, A. R., Velyna, T., & Pranajaya, S. A. (2023). Meningkatkan Self Esteem Siswa Melalui Pendekatan 70 Menguatkan Self-Esteem dan Mengatasi Insecure: Pendekatan Psikologis dalam Konteks Pendidikan Cognitif Behaviot Therapy Dengan Teknik Self Instruction. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2748–2753. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Bukhori, A., Yanti, A. R., & Rahmawati, A. (2023). Penerapan Mindfulness Training sebagai Upaya dalam Mengurangi Psychological Distress pada Generasi Z. Proceedings of Annual Guidance and Counseling Academic Forum, 1–9.https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/agcaf/article/view/2373
Dati, N. (2024). KONSELING INDIVIDU DALAM MEMBENTUK KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM PACARAN. Αγαη, 15(1), 37–48.
Ernawati, Fadillah, G. F., & Khairi, A. M. (2020). OptimalisasiPeran Orang Tua Dalam Memahami Remaja GenerasiMilenial. Wacana, 12(1), 65–77. https://doi.org/10.13057/wacana.v12i1.168
Fitri, H., Hariyono, D. S., & Arpandy, G. A. (2024). Pengaruh Self-Esteem Terhadap Fear Of Missing Out (Fomo) pada Generasi Z Pengguna Media Sosial. Jurnal Psikologi, 1(4), 21. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2823
Gultom, R., Hutabarat, D. F. N., Septiani, T., & Tambunan, T. (2024). Persahabatan Positif : Peran Teman dalam Membangun Karakter. 1(1). https://jurnal.institutrenatus.ac.id/index.php/jtp/article/view/302?articlesBySimilarityPage=2
Hasanah, L., Maula, F., Husna, N., & Shodiqoh, L. (2022).Menguatkan Self-Esteem dan Mengatasi Insecure: Pendekatan Psikologis dalam Konteks Pendidikan 71

Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Anita Puji Astutik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.