Modul Sekolah Responsif Gender Berbasis Keanekaragaman Warga Belajar/Peserta Didik

Main Article Content

Kemil Wachidah
Moch. Bahak Udin By Arifin
Tri Linggo Wati
Fitria Eka Wulandari
Eni Fariyatul Fahyuni

Abstract

Unit Satu (1) ini adalah pengantar untuk orientasi pelatihan Sekolah Responsif Gender (SRG) terhadap pembelajaran di Sekolah Dasar. Isinya menjelaskan alur pelatihan secara keseluruhan; tujuan dan harapan yang ingin dicapai,
memproses pelatihan serta menjaga tercapainya tujuan dan harapan peserta. Orientasi pelatihan akan memperkenalkan metode pembelajaran aktif orang dewasa dimulai dengan perkenalan, mengumpulkan harapan peserta terhadap pelatihan ini dan menyusun kesepakatan terkait hal-hal teknis selama pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wachidah, K., Arifin, M. B. U. B., Wati, T. L., Wulandari, F. E., & Fahyuni, E. F. (2022). Modul Sekolah Responsif Gender Berbasis Keanekaragaman Warga Belajar/Peserta Didik. Umsida Press, 1 - 135. Retrieved from https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/1302
Issue
Section
Modul

References

BPS. 2019. Data dan Informasi Kemiskinan Kabupaten/Kota Tahun 2018. Jakarta: BPS.
BPS. 2019. Paparan Direktur Statistik Kesejahteraan Rakyat BPS: Perkawinan Usia Anak di
Indonesia. Dalam rangka Hari Perempuan Internasional.
Databoks.co.id. (2021, 1 Januari). Terdapat 157 Ribu Siswa Putus Sekolah pada Tahun
Ajaran 2019/2020. Di Akses pada 25 September 2021 dari
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/11/terdapat-157-ribu-siswa-putus-
sekolah-pada-tahun-ajaran-20192020
Direktur Sekolah Dasar, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd pada webinar Kesetaraan Pendidikan
untuk Anak Perempuan, Senin, 3 Mei 2021
Fakih, Mansour (2016), Analisis Gender dan Transformasi Sosial: Yogyakarta, Insist Press.
Gender dan pendidikan di Indonesia: Kemajuan yang masih membutuhkan kerja keras
(https://blogs.worldbank.org/id/eastasiapacific/gender-dan-pendidikan-di-indonesia-
kemajuan-yang-masih-membutuhkan-kerja-keras).
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim “Adaptasi Sistem Pendidikan Selama
Covid 19”, Kemendikbud, 14/05/2021 di akses pada 25 September 2021 dari
http://statistik.data.kemdikbud.go.id/index.php/page/sd
Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 30 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan
Pendidikan Inklusif Provinsi Jawa Timur
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif
Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan Dan Memiliki Potensi Kecerdasan Dan/Atau
Bakat Istimewa.
Stoet G, Geary DC. Sex differences in mathematics and reading achievement are inversely
related: within- and across-nation assessment of 10 years of PISA data. PLoS One.
2013;8(3):e57988. doi: 10.1371/journal.pone.0057988. Epub 2013 Mar 13. PMID:
23516422; PMCID: PMC3596327.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia
Widyatmike Gede Mulawarman. Pelaksanaan Sekolah Berwawasan Gender Di Kota
Bontang: Analisis Gap (Gender Analysis Pathway). Jurnal Ilmu Pendidikan Lpmp
Kalimantan Timur .
Worldbank.org. (2020, 14 Desember). Gender and education in Indonesia: Progress with
more work to be done. Diakses pada 25 September 2021, dari
https://blogs.worldbank.org/eastasiapacific/gender-and-education-indonesia-progress-
more-work-be-done.
P. Muhammad, Hamid, (2014). “Indikator Sekolah Responsif Gender,” in Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.