Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran
Abstract
Teori belajar merupakan gabungan prinsip yang saling berkaitan dan penjelasan sejumlah fakta maupun penemuan yang berhubungan dengan peristiwa belajar. Belajar adalah suatu akibat adanya keterlibatan guru dan siswa pada interaksi antara stimulus dan respons Penggunaan teori belajar dengan langkah-langkah pengembangan yang benar dan pilihan materi pelajaran serta penggunaan unsur desain pesan yang benar dapat memberikan kemudahan pemahaman kepada siswa dalam lingkup memahami sesuatu yang dipelajari (Nahar, 2016). Belajar juga diartikan sebagai suatu proses perubahan dari hasi timbulnya sebuah interaksi antara rangsangan (stimulus) serta respon dalam bakat sikap ibaratkan produk daripada penguatan aktivitas maupun berbagai pelatihan. Seseorang dianggap telah mempelajari sesuatu apabila dia dapat menunjukkan perubahan tingkah laku. Dalam belajar yang utama yaitu input yang berupa stimulus dan output yang berupa respons. Stimulus merupakan hal apa saja yang disampaikan guru kepada siswa. Respons berupa reaksi tanggapan pelajar terhadap stimulus yang disampaikan oleh guru tersebut. Proses yang terjadi antara stimulus dan respons tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur, yang dapat diamati yaitu stimulus dan respons. Oleh karena itu, apa yang diberikan oleh guru (stimulus) dan apa yang diterima oleh pelajar (respons) harus dapat diamati dan diukur.
Downloads
Metrics
References
Dr. Haryanto, M.Pd. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Penerbit: UNY Press
Prof. Dr. Suharsimi Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Penerbit: Bumi Aksara
Ina Magdalena, dkk. 2020. Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Universitas Muhammadiyah Tangerang. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2, Nomor 2, Agustus 2020; 244-257
Idrus L. 2019. Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume. 9, No. 2 Agustus 2019
Copyright (c) 2022 Septi Budi Sartika, Rahmania Sri Untari, Vanda Rezania, Luluk Iffatur Rocmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.