Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran

Main Article Content

Septi Budi Sartika
Rahmania Sri Untari
Vanda Rezania
Luluk Iffatur Rocmah

Abstract

Teori belajar merupakan gabungan prinsip yang saling berkaitan dan penjelasan sejumlah fakta maupun penemuan yang berhubungan dengan peristiwa belajar. Belajar adalah suatu akibat adanya keterlibatan guru dan siswa pada interaksi antara stimulus dan respons  Penggunaan teori belajar dengan langkah-langkah pengembangan yang benar dan pilihan materi pelajaran serta penggunaan unsur desain pesan yang benar dapat memberikan kemudahan pemahaman kepada siswa dalam lingkup memahami sesuatu yang dipelajari (Nahar, 2016).  Belajar juga diartikan sebagai suatu proses perubahan dari hasi timbulnya sebuah interaksi antara rangsangan (stimulus) serta respon dalam bakat sikap ibaratkan produk daripada penguatan aktivitas maupun berbagai pelatihan. Seseorang dianggap telah mempelajari sesuatu apabila dia dapat menunjukkan perubahan tingkah laku. Dalam belajar yang utama yaitu input yang berupa stimulus dan output yang berupa respons. Stimulus merupakan hal apa saja yang disampaikan guru kepada siswa. Respons berupa reaksi tanggapan pelajar terhadap stimulus yang disampaikan oleh guru tersebut. Proses yang terjadi antara stimulus dan respons tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur, yang dapat diamati yaitu stimulus dan respons. Oleh karena itu, apa yang diberikan oleh guru (stimulus) dan apa yang diterima oleh pelajar (respons) harus dapat diamati dan diukur.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Sartika, S. B., Untari, R. S., Rezania, V., & Rocmah, L. I. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Umsida Press, 1 - 214. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Issue
Section
Buku Ajar

References

Dr. Haryanto, M.Pd. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Penerbit: UNY Press
Prof. Dr. Suharsimi Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Penerbit: Bumi Aksara
Ina Magdalena, dkk. 2020. Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Universitas Muhammadiyah Tangerang. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2, Nomor 2, Agustus 2020; 244-257
Idrus L. 2019. Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume. 9, No. 2 Agustus 2019

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>