Buku Ajar Mata Kuliah Asesmen Pembelajaran
Abstract
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya Buku Ajar Asesmen Pembelajaran dapat diselesaikan dengan baik dan tanpa halangan yang berarti. Shalawat dan salam selalu kami sampaikan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW.Tim penulis mengucapkan terimakasih kepada: Dr. Hidayatulloh, M.Si., Rektor UMSIDA yang memberikan kesempatan luas kepada tim penulis untuk berkarya dan menyumbangkan pikiran sehingga buku ajar ini terselesaikan. Dr. Nur Efendi, M.Pd., Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang memberikan arahan dan motivasi kepada penulis dalam menyelesaikan buku ajar Asesmen Pembelajaran ini.Rekan-rekan dosen pengampu Mata Kuliah Asesmen Pembelajaran di FKIP UMSIDA yang telah berbagi pengalaman dalam mengampu mata kuliah tersebut.Saran dan kritik sangat penulis harapkan untuk mewujudkan buku ajar Asesmen Pembelajaran yang lebih baik dan tentunya sesuai dengan amanat peraturan yang berlaku. Terimakasih
Downloads
Metrics
References
Anastasi, Anne. (1988). Psychological Testing. New York: Macmillan Publishing Company.
Arifin, Zainal, (2011), Evaluasi Pembelajaran : Prinsip-Teknik-Prosedur, Cetakan Ke-3, Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bloom, B. S. ed. et al. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: Handbook 1, Cognitive Domain. New York: David McKay.
Brown, Frederick G. (1976). Principles of Educational and Psychological Testing. New York: Holt, Rinehart & Winston.
Cronbach, L.E. (1963). Course Improvement Through Evaluation, dalam Educational Evaluation : Theory and Practice (ed.Worthen, B.R. dan Sanders, J.R.), Belmont – California : Wadsworth Pub.Co.
Guba, E.G. & Lincoln, Y.S. (1985). Effective Evaluation. San Francisco : Jossey – Bass Pub.
Hamalik, Oemar, (1989), Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan, Bandung : Mandar Maju.
Hasan, S. H. (1988). Evaluasi Kurikulum, Jakarta : P2LPTK Depdikbud.
Ibrahim, M. (2005). Asesmen Berkelanjutan: Konsep dasar, tahapan pengembangan dan Contoh. Surabaya: UNESA University Press Anggota IKAPI.
Kurikulum, P. (2006). Model Pengembangan Silabus Mata Pelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Peraturan Pemerintah TI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Poerwanti, E., dkk., (2008) Asesmen Pembelajaran SD, Bahan Ajar Cetak, Jakarta : Ditjen Dikti-Depdiknas.
Print, Murray. (1993). Curriculum development and design. Sydney: Allen & Unwin.
Purwanto, N. (2000). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Remaja Rosdakarya.
Remmer, H.H., at.al. (1967), A Practical Introduction to Measurement and Evaluation, Apleton-Century Crafts, Inc
Sax, G. (1980). Principles of Educational and Psychological Measurement and Evaluation, Belmont California : Wads Worth Pub.Co.
Scriven, M. (1967). The Methodology of Evaluation , dalam Perspective of Curriculum Evaluation , AERA l (ed.Tyler, R.et.al), Chicago : Rand McNally and Company.
Sukardi, H. M. (2008). Evaluasi pendidikan prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Surapranata, S. (2004). Analisis, validitas, reliabilitas dan interpretasi hasil tes. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Swearingen, R. (2002). A primer: Diagnostic, formative and summative Assessment Available from http://www.mmrwsjr. com/assessment.html.
Toha, M. C. (1991). Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Undang-undang R.I. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional, Bandung : Fokusmedia.
Undang-undang RI Tahun 1945.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.
Copyright (c) 2018 Noly Shofiyah, Septi Budi Kartika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.