Buku Ajar Integrasi Nilai-nilai Islam melalui Gelombang Optik

Main Article Content

Septi Budi Sartika
Ria Wulandari

Abstract

Integrasi Nilai-nilai Islam melalui Gelombang Optik merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi Pendidikan IPA. Buku ini disusun dengan tujuan untuk mengantarkan mahasiswa kepada pemahaman tentang konsep-konsep Gelombang Optik, serta integrasinya dalam Nilai-nilai Islam. Penulisan buku ajar Integrasi Nilai-nilai Islam melalui Gelombang Optik ditulis dalam 6 bab. Buku ini memulai materi pembahasannya dengan mengenalkan Osilasi Harmonis, diharapkan mampu mengonsepkan dan mengaplikasikan Sistem Osilasi dengan satu derajat kebebasan, Sistem Osilasi dengan dua derajat kebebasan dan Pemaknaan Nilai-nilai Al Islam dalam osilasi harmonis. Bab 2 menjelaskan tentang Kinemtaika Gelombang. Bab 2 menjelaskan Dinamika Dan Energetika Gelombang, Bab 4 Modulasi Gelombang. Bab 5 Gelombang Elektromagnetik. Bab 6 Optika Fisis. Memadukan islam dengan ilmu-ilmu alam adalah satu pemikiran yang didasarkan pada asumsi bahwa pengembangan ilmu-ilmu Qauliyah dalam konteks keislaman merupakan suatu keharusan bagi kelanjutan peradaban umat manusia yang harmonis di masa depan. Kepastian kebenaran ilmu-ilmu Al-Quran tidak dapat ditandingi, karena ilmu-ilmu itu berupa hukumhukum yang langsung diturunkan dari Allah Swt. Sedangkan ilmuilmu kauniah kebenarannya ditentukan oleh hasil analisis akal manusia. Dengan demikian, kebenaran ilmu-ilmu kauniyah harus melalui proses penalaran otak manusia, dan itulah sebabnya harus merujuk kepada Al-Quran diselaraskan dengan hukumhukum dari Allah Swt. Satu diantara yang dimaksud adalah dengan mempelajari Integrasi Nilai-nilai Islam melalui Gelombang Optik

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Sartika, S. B., & Wulandari, R. (2022). Buku Ajar Integrasi Nilai-nilai Islam melalui Gelombang Optik. Umsida Press, 1-84. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6292-27-3
Issue
Section
Buku Ajar

References

Aureliya (2017) Pengetian, Tujuan, Fungsi, dan Macam-macam Modulasi, Welcome to Aureliadev’s Blog.Available at: https://aureliadev.wordpress.com/2017/02/03/blog-post-title/.
Bagus (2019) Materi Televisi dan Gelombang Televisi, blogspot.com. Available at:https://pazzarattan.blogspot.com/2016/02/materi-televisi-dan-gelombang-televisi.html.
Cesilia, C. (2019) Jalur Kereta Api Ini Punya Pemandangan Luar Biasa Indah, WIN. Available at: https://www.winnetnews.com/post/5-jalur-kereta-api-ini-punya-pemandangan-luar-biasa-indah.
Fisikazone.com (2019) Spektrum Gelombang Elektromagnetik, Fisikazone.com. Available at: https://fisikazone.com/gelombang-elektromagnetik/spektrum-gelombang-elektromagnetik/.
Giancoli, D. (2005) PHYSICS: Principles with Application. 6th ed. Pearson Education, Inc.
Gunawan, G. (2019) Modulasi Amplitudo, slides.com. Available at: https://slideplayer.info/slide/12846678/.
Halliday and Resnick, W. (2011) Fundamentals of Physics. 9th edn. John Wiley & Sons, Inc.
Nasyiroh, S. P. (2020) Importance of USG During Pregnancy, Rumah Sakit Hermina. Available at: https://herminahospitals.com/en/articles/pentingnya-usg-saat-hamil.
Santoso, Y. (2012) Rudy, Penyelaras Dawai Piano, Beritagar. Available at: https://beritagar.id/artikelamp/berita/rudy-penyelaras-dawai-piano.
Shih, J. ., Thomson, D. . and Ntotsios, E. (2018) Analysis of Resonance Effect for Railway Track on a Layered Ground. UK: University of Southampton.
Suroso, A. (2018) Interferensi Cahaya, Docplayer.info. Available at: https://docplayer.info/49735102-Interferensi-cahaya-agus-suroso-fisika-teoretik-energi-tinggi-dan-instrumentasi-institut-teknologibandung.html.
Wikipedia (2002) Fungsi Ganjil dan Genap, wikipedia. Available at: https://id.wikipedia.org/wiki/Fungsi_ganjil_dan_genap.
Wikipedia (2007) Spider web, Wikipedia. Available at: https://en.wikipedia.org/wiki/Spider_web.
Wikipedia (2018) Difraksi, Wikipedia. Available at: https://id.wikipedia.org/wiki/Difraksi.
Wikipedia (2019) Persamaan gelombang elektromagnetik, Wikipedia. Available at:https://id.wikipedia.org/wiki/Persamaan_gelombang_elektromagnetik.
Wikipedia (2021) Gelombang Radio, Wikipedia. Available at: https://id.wikipedia.org/wiki/Radio

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>