Pembentukan Spiritual Quotient Untuk Anak Berkebutuhan Khusus
Abstract
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas
anugerah dan pertolongan-Nya, sehingga penulis
dapat menyelesaikan penulisan buku referensi yang
berjudul “Pembentukan Spiritual Quotient bagi Anak
Berkebutuhan Khusus.”
Tidak lupa, penulis menyampaikan terima kasih
sebesar-besarnya kepada Majelis Dikti Litbang PP
Muhammadiyah dan Direktorat Riset dan Pengabdian
Masyarakat Universitas
Muhammadiyah yang telah memberikan kesempatan
dalam penyelesaian buku ini.
Buku “Pembentukan Spiritual Quotient bagi Anak
Berkebutuhan Khusus” berisi cara pembentukan
kekuatan spiritual pada anak-anak yang memiliki
kebutuhan khusus. Buku ini ditujukan bagi para orang
tua, pendidik, dan profesional yang ingin membantu
anak-anak mereka meningkatkan kualitas hidup yang
baik.Namun, penulis menyadari buku ini tidak lepas
dari kekurangan. Oleh karena itu, penulis
menyampaikan permohonan maaf serta terbuka untuk
kritik dan saran demi perbaikan di masa mendatang.
Downloads
References
Internalisasi Kecerdasan Iq, Eq, Sq Dan Multiple
Intelligences Dalam Konsep Pendidikan Islam. Jurnal STIT
Pringsewu, 34–43. https://ejurnal-
stitpringsewu.ac.id/index.php/jmpi/article/vi
ew/232%0Ahttps://ejurnal
stitpringsewu.ac.id/index.php/jmpi/article/do
wnload/232/166.
Anan, A. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan IslamDalam Konsep
Emotional Spiritual Quotient. Al-Murabbii:Jurnal
PendidikanAgama Islam, 3 (2), 181–192.
Azmi, M. (2017). Resiliensi Pada Orang Tua yang Memiliki
Anak Down Syndrome. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi,
5(2), 266–272.
https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4373
Chandra, A., & Tambun, L. (2021). Gambaran Self Compassion
Pada Ibu Yang Memiliki Anak Tunagrahita Di Yayasan
Pembina Anak Cacat MedanGambaran Self Compassion Pada
Ibu Yang Memiliki Anak Tunagrahita Di Yayasan Pembina
Anak Cacat Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan,Psikologi
Dan Kesehatan (J-P3K), 2(1), 89–95.
https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i1.98.
Damayanti, U. F., & Solihin. (2019).
Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui
Pembelajaran Dengan Penerapan Nilai Agama, Kognitif, dan
Sosial Emosional: Studi Deskriptif Penelitian di Raudhatul
Athfal Al-Ihsan Cibiru Hilir. Syifa Al-Qulub, 3(2),
65–71.
https://doi.org/10.15575/saq.v3i2.4322
Dâmbean, C. A., & Gabor, M. R. (2021).
10
10
Implications of Emotional Intelligence inHuman Resource
Management. ECONOMICS - Innovative and Economics
Research Journal, 9(2), 73–90.
https://doi.org/10.2478/eoik-2021-0016.
Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K.
(2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq,
2 (1), 26– 42.
https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83.
Fauziah, I. (2021). Penguatan Kecerdasan Spiritual Peserta
Didik Melalui Pembelajaran Alquran Hadits Di Madrasah
Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Innovative, 8 (1), h.4.
Gowasa, D. (2021). HUBUNGAN PENDEKATAN EDUKATIF
DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP
NEGERI 1 MAZINO TAHUN PELAJARAN 2015/2016.
COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1
(2).
https://doi.org/10.57094/jubikon.v1i2.366.
Haeriyyah. (20017). Spiritual Quotient (Sq) Dalam Analisis
Neurologis. Ash-Sahabah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam,
3, 150.
Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020).
Pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus
(tunarungu) dalam memahami bahasa. Jurnal Genre (Bahasa,
Sastra, Dan Pembelajarannya), 2(1), 5–11.
https://doi.org/10.26555/jg.v2i1.2051
Handayani, Ilham Putri, T. H. (2020). Pendekatan
Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pai Pada Kma
183 Tahun 2019. TARBIYATUNA: Kajian
Pendidikan Islam, 6(July), 1–23.
https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/t
arbiyatuna/article/download/1433/898
Herlina, L., & Suwatno. (2018). Kecerdasan Intelektual dan
Minat Belajar Sebagai Determinan Prestasi Belajar Siswa.
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 99.
https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11770
Jiu, C. K., Wuriani, Yenni, L., Thosimah, & Amandalya, P. R.
(2024). Pemberdayaan Guru TK Aisyiyah Bustanul Atfal
Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Teraupetik
Anak berkebutuhan Khusus. Marlborough: Journal of
Community Service, 3(2).
Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018).
Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus.
Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40.
https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632
Liza Sundari, Muhiddinur Kamal, Wedra Aprison, & Iswantir
M. (2023). Implementasi Sikap Spiritual Dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SMAN 1
Tanjung Mutiara. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1
(2), 120–130.
https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.220
Lubis, R. R. (2018). Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak
(Studi Pemikiran Nasih ’Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul
Aulad). Al- Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, I (1), 4–5.
Manshur, M. (2019). Strategi Pembentukan SikapSpiritual
Siswa Berkebutuhan Khusus. In Pascasarjana Universitas
Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Marlina Eliyanti, M. P. (2016). Pengelolaan Pembelajaran
dan Pengembangan Bahan Ajar. Pedagogi Jurnal Penelitian
Pendidikan, 04(01), 59–69.
https://doi.org/10.25134/pedagogi.v3i2.1179
Matwaya, A. M., & Zahro, A. (2020). Konsep Spiritual
Quotient Menurut Danah Zohar dan Ian Marshall
10
Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Attadrib: Jurnal
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 41–48.
https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i2.112.
Muhasim, M., & Muhammad, Z. (2021). Pengaruh Spiritual
Quotient Terhadap Katangguhan Masyarakat Sekolah. LISAN
AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan,
15(1), 19–30.
https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v15i1.954.
Mukhlisa, P., Yohenda, S., Yanti, U., & Yarni, L. (2024).
Kecerdasan Emosional/Emotional Intelligence (EQ).
Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya,
Dan Sosial Humaniora, 2(1), 115–127.
https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i1.656
Ningrum, N. A. (2022). Strategi Pembelajaran pada Anak
Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Indonesian
Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181–196.
https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i2.3099
Nurdin, A. (2021). Konsepsi Manajemen Pendidikan Karakter
Dalam Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan
Manajemen Pendidikan Islam, 3 (1), 94–116.
https://doi.org/10.36671/andragogi.v3i01.15 5
Owa, Y. K., Itu, M. A., Kero, M. A., & Ledu, M. G. G. (2023). Anak
Berkebutuhan Khusus Dan Penerapannya Dalam Pendidikan
Di Sekolah Dasar: Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Inklusi
Citra Bakti, 1(1), 60–67.
https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2107.
Rahimi, R. (2021). Kolerasi Emotional Spiritual Quotient
(Esq) Terhadap Profesionalisme Guru. Bidayah: Studi Ilmu-
Ilmu Keislaman, 12(1), 1.
https://doi.org/10.47498/bidayah.v12i1.425Rahmawati, H. K. (2021). Pengembangan Diri Anak
Berkebutuhan Khusus Melalui Pendekatan Konseling
Multikultural. INNOVATIVE, 1 (1), 36–41.
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i1.4
Rezieka, D. G., Putro, K. Z., & Fitri, M. (2021). FAKTOR
PENYEBAB ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN
KLASIFIKASI ABK. Bunayya Jurnal Pendidikan Anak, 7
(2), 40–53.
https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424 Rus’an, R.
(2013). Spiritual Quotient (Sq): the Ultimate
Intelligence. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan
Keguruan, 16(1), 91–100.
https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n1a8Saap, S. W.
(2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Perkembangan
Spiritual PesertaDidik dalam Konteks Pendidikan Agama
Kristen melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis
Pengalaman. Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen,
9(1), 54–62.
Safitri, D., Zakaria, Z., & Kahfi, A. (2023). Pendidikan
Kecerdasan Spiritual Perspektif Al-Ghazali Dan Relevansinya
Dengan Emotional Spiritual Quotient (Esq). Tarbawi : Jurnal
Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(1),
78–98.
https://doi.org/10.51476/tarbawi.v6i1.467 Supratman, &
Abdullah. (2024). PERBEDAAN ANTARA TIGA
KONSEP KECERDASAN (IQ,EQ,SQ) DENGAN AKAL
MENURUT AL-QUR’AN. Jurnal Ilmu Budaya Dasar, 12(1), 11.
https://doi.org/10.34050/jib.v12i1.32728
Susilawati, L., & Purwanda, E. (2024). PENTINGNYA
SINERGITAS KECERDASAN IQ, EQ, dan SQ SERTA
OPTIMALISASI EMOTIONAL INTELLEGENCE SEBAGAI ROLE
MODEL DALAM KEPEMIMPINAN PUBLIK Lena.
Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 5(2), 37–47.
https://doi.org/10.34012/jebim.v5i2.4721
Triwardhani, I. J. (2021). Komunikasi TerapeutikPada Anak
Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Sekolah. Kinesik, 7(3),
232–244. https://doi.org/10.22487/ejk.v7i3.126
Umar, M. (2018). Pendekatan Humanistik dalam Proses
Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket
C. Jurnal Pendidikan Nonformal, 13(2), 70–77.
https://doi.org/10.17977/um041v13i2p70-77
Viatwan, A. J. (2020). Pengembangan Kecerdasan Spiritual
(Sq) Peserta Didik Melalui Sistem Full Day School (Studi Di Sd
Muhammadiyah Kebumen). https://digilib.uin-
suka.ac.id/id/document/730011
Yuniarti, Y., & Harahap, M. R. (2023). INTEGRASI SIKAP
SPRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs ALWASHLIYAH
PANTAI CERMIN. ANSIRU PAI :
Pengembangan Profesi GuruPendidikan Agama Islam, 6 (2),
246. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.16166 Yunita,
A. (2021). INTEGRASI NILAI-NILAI SIKAP
SPIRITUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA
3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUPDI KELAS IV MIS
SIMPANG KANAN ACEH SINGKIL. In Modul
Biokimia Materi Metabolisme Lemak, Daur AsamSitrat,
Fosforilasi Oksidatif Dan Jalur Pentosa Fosfat.
Copyright (c) 2024 Anita Puji Astutik, Isna Meilinda, Aulia Rahma Indah, Agustinah Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.