Buku Ajar Strategi Pemasaran

Authors

  • Dewi Komala Sari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Lilik Indayani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Rizky Eka Febriansah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dyah Atia Mayang Fa’una Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Judul Buku Ajar Strategi Pemasaran

  • BAB 1 PENDAHULUAN
  • BAB 2 ANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN
  • BAB 3 SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING (STP)
  • BAB 4 PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN
  • BAB 5 PENGELOLAAN MEREK DAN NILAI PELANGGAN

Editor: M.Tanzil Multazam

Published by

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Press, Sidoarjo, 2025

ISBN:

  • ISBN :

Deskripsi :

Buku ajar Strategi Pemasaran ini disusun untuk membantu mahasiswa memahami konsep, prinsip, dan penerapan strategi pemasaran dalam konteks bisnis modern. Buku ini memberikan landasan teoritis sekaligus pendekatan praktis yang dapat diterapkan dalam menghadapi dinamika pasar yang semakin kompetitif dan berubah cepat.

Fokus Utama :

Fokus utama buku ajar Strategi Pemasaran ini adalah memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana organisasi merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi pemasaran yang efektif guna mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan.

Fitur Unik :

uku ajar Strategi Pemasaran ini memiliki sejumlah fitur unik yang membedakannya dari buku ajar pemasaran pada umumnya, di antaranya:

  1. Pendekatan Kontekstual dan Aplikatif
    Setiap konsep strategi pemasaran dijelaskan melalui contoh kasus nyata dari berbagai sektor bisnis di Indonesia, termasuk UMKM, industri kreatif, dan perusahaan digital. Hal ini membantu pembaca memahami bagaimana teori diterapkan dalam praktik nyata.
  2. Integrasi Pemasaran Digital dan Teknologi
    Buku ini menyoroti perkembangan terbaru dalam pemasaran digital, seperti penggunaan media sosial, analitik data, dan strategi berbasis teknologi untuk meningkatkan daya saing bisnis di era digital.

Target Audiens :

Buku ajar Strategi Pemasaran ini ditujukan untuk berbagai kalangan akademik dan praktisi yang ingin memahami serta menguasai konsep dan penerapan strategi pemasaran secara komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akfinniha, R., & Sari, D. K. (2022). The Influence of Brand Ambassadors, Viral Marketing, and Online Customer Reviews on Purchase Decisions on Online Shopping Applications in Sidoarjo Regency. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 17. https://doi.org/10.21070/ijler.v17i0.837

Atthahirah, A., Maulana, G., Jamin, M. I., Ismail, R. F., Resky, S. A., & Putri, W. (2025). The Gojek Way An Instrumental Branded Content Analysis of #PastiAdaJalan Campaign. Jobmark: Journal of Branding and Marketing Communication, 06(02), 130–137. https://doi.org/10.36782/jobmark.v6i2.306

Ayres, P. (2020). Something old, something new from cognitive load theory. Computers in Human Behavior, 113, 106503. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106503

Baishya, K., & Samalia, H. V. (2020). Extending unified theory of acceptance and use of technology with perceived monetary value for smartphone adoption at the bottom of the pyramid. International Journal of Information Management, 51, 102036. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.11.004

Devereux, L., Melewar, T. C., Dinnie, K., & Lange, T. (2020). Corporate identity orientation and disorientation: A complexity theory perspective. Journal of Business Research, 109, 413–424. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.09.048

Juanita, R., Sumardi, R. A., & Saleh, M. Z. (2024). PEMASARAN BERKELANJUTAN : ANALISIS STRATEGI PT UNILEVER DALAM MEMPRODUKSIKAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN. Jurnal Manajemen, 9(2), 73–82. https://doi.org/10.54964/manajemen.v9i2.390

Li, F., Larimo, J., & Leonidou, L. C. (2021). Social media marketing strategy: definition, conceptualization, taxonomy, validation, and future agenda. Journal of the Academy of Marketing Science, 49(1), 51–70. https://doi.org/10.1007/s11747-020-00733-3

Morales, A., Calvo, S., Guaita Martínez, J. M., & Martín Martín, J. M. (2021). Hybrid forms of business: Understanding the development of indigenous social entrepreneurship practices. Journal of Business Research, 124, 212–222. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.11.060

Mukhlis, I. (2023). DIGITAL MARKETING STRATEGY.

Setiyawan, A., & Farid Muhammad Rofifudin. (2024). Urgensi Segmentasi Pasar Bagi Perusahaan : Literature Review. Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 70–77. https://doi.org/10.30787/jiembi.v2i2.1539

Published

2025-08-01

How to Cite

Sari, D. K., Indayani, L., Febriansah, R. E., & Fa’una, D. A. M. (2025). Buku Ajar Strategi Pemasaran. Umsida Press. Retrieved from https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/1526

Issue

Section

Text Book

Categories

Most read articles by the same author(s)