Pengeringan Sayuran Dan Buah -buahan

Main Article Content

Ida Agustini Saidi
Fitria Eka Wulandari

Abstract

Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah subhanahu wata’ala telah dapat diselesaikan buku yang berjudul “ Pengeringan Sayuran dan Buah-buahan”. Buku ini disusun dan dipersiapkan sebagai salah satu bahan ajar mata kuliah Teknologi pengolahan hasil tanaman hortikultura.Pengeringan sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu dari teknologi yang biasa digunakan dalam teknologi pengolahan hasil hortikultura.  Dalam buku ini dijelaskan mulai dari pengawetan bahan pangan secara umum dan beberapa teknik pengeringan serta aplikasinya khususnya pada komoditi sayuran dan buah-buahan. Produk khas hasil pengeringan buah-buahan berupa kismis dan leather dibahas lebih mendalam lengkap dengan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan .

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Saidi, I. A., & Wulandari, F. E. (2021). Pengeringan Sayuran Dan Buah -buahan . Umsida Press, 1-35. https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-67-6
Issue
Section
Buku Ajar

References

Azhar L.M.F., K. Fibrianto, S. Widyotomo, dan Harijono. 2018. Pengaruh asal bahan baku biji kakao (Theobroma cacao L.) dan lama conching terhadap karakteristik tekstur dan sifat sensori dark chocolate. Jurnal teknologi Pertanian 19(1) : 1-14.
Buckle, K.A.; R.A. Edwards; G.H. Fleet; and M. Wooton. 1987. Ilmu Pangan (Diterjemahkan oleh H. Purnomo dan Adiono). Penerbit UI Press, Jakarta. 365 hal.
Desrosier, N.W. 1988. Teknologi Pengawetan Pangan.(Diterjemahkan oleh M. Muljohardjo). Penerbit UI-Press, Jakarta. 612 hal.
Estiasih, T. dan K. Ahmadi. 2011. Teknologi Pengolahan Pangan. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta. 273 hal.
Fitantri, A.L., N.H.R. Parnanto, dan D. Praseptiangga. 2014. Kajian karakteristik fisikokimia dan sensoris fruit leather nangka (Artocarpus heterophyllus) dengan penambahan karaginan. Jurnal Teknosains Pangan 3 (1): 26-34.
Handayani, L. dan F. Ayustaningwarno. 2014. Indeks Glikemik dan Beban Glikemik Vegetable Leather Brokoli (Brassica oleracea var. Italica) Dengan Substitusi Inulin, UNDIP, Semarang.
Historiasih, R. 2010. Pembuatan fruit leather sirsak-rosella. Skripsi. UPN Veteran, Surabaya.
Keeton, J.T. 2001. Formed and Emulsion Product In : A.R. Shams (Ed.). Poultry Meat Processing. CRC Press. Boca Raton.
Koswara, S. 2009. Teknologi Pengolahan Sayuran dan Buah-buahan (teori dan Praktek). eBook Pangan.com. 59 hal.
Leiva Diaz, E. L. Gianuzzi, S.A. Ginner. 2009. Apple pectic gel produced by dehydration. Food Bioprocess Technol. (20): 194-207.
Nurainy, F. dan D. Koesoemawardani. 2006. Efek Penambahan Rumput Laut terhadap Karakteristik Fruit Leather Sirsak. Penelitian fakultas Pertanian, Universitas lampung, Bandar Lampung.
Nurlaely, E. 2002. Pemanfaatan Buah Jambu Mete Untuk Pembuatan Leather. Kajian dari Proporsi buah pencampur. Skripsi Jurusan Teknologi Hasil Pertanian. Universitas Brawijaya, Malang.
Nurminag, M., W.F.P. Astuti, dan R.J. Nainggolan. 2016. Pengaruh jenis zat penstabil dan konsentrasi zat penstabil terhadap mutu fruit leather campuran jambu biji merah dan sirsak. Skripsi Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Puspaningrum, L., S.S. Yuwono, dan E. Martati. 2018. Karakteristik fisikokimia dan sensoris fruit leather apel manalagi (Malus sylvestris mill) dengan substitusi pisang Candi (Musa paradisiaca L)
Reddy, S.C K. and R.P. Sagar. ---. Fruit and Vegetable Processing (Study Material). Department of Food Science and Technology, Acharya Ng Ranga Agricultural University, College of Food Science and Technology, Pulivendula-516390. 162 pp.
Valenzuela, C. and J.M. Aguilera. 2015. Effects of different factors on stickiness of apple leathers. J. Food Eng. 149 :51-60

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2