Konsep Kebidanan

Main Article Content

Yanik Purwanti

Abstract

Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas selesainya penyusunan modul praktikum untuk mata kuliah konsep kebidanan. Modul praktikum ini merupakan panduan dan pedoman mahasiswa dalam proses pembelajaran dan praktikum mata kuliah konsep kebidanan, selain modul praktikum ini masih banyak buku pedoman lain yang di gunakan dalam proses belajar oleh mahasiswa dan pengajar mata kuliah konsep kebidanan.Modul praktikum konsep kebidanan merupakan modul yang digunakan pada semester I selama 14 minggu dengan beban 4 SKS. Modul praktikum ini dapat menjadi langkah awal mahasiswa untuk memahami mengenai konsep kebidanan yang akan membahas tentang definisi bidan, falsafah kebidanan, teori dan praktek kebidanan atau midwifery, tinjauan keilmuan kebidanan, bahasan mengenai beberapa bagian dari ilmu kebidanan, pelayanan kebidanan, praktek kebidanan, asuhan kebidanan, serta manajemen kebidanan. Selain itu mahasiswa di harapkan dapat memadukan ilmu dan keterampilan yang di perolehnya.Kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam penyusunan modul ini, untuk itu kami mohon kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan modul. Kami ucapkan terima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam penyusunan modul praktikum ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Purwanti, Y. (2021). Konsep Kebidanan. Umsida Press, 1-92. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6292-22-8
Issue
Section
Modul

References

Henderson, C., & Jones, K. (Eds.). (2006). Buku ajar-Konsep kebidanan (Ria Anjarwati, Renata Komalasari & Dian Adiningsih, Penerjemah). Jakarta: EGC. Hidayat, A. A. A., & Uliyah, M. (2008).
Praktikum keterampilan dasar praktik klinik: Aplikasi dasar-dasar praktik kebidanan. Jakarta: Salemba Medika. Jones, L. R., & Mary, M.U.N. (2006).
The effects of body mass index on lung volumes. American College of Chest Physicians atau Chest Journal. 130: 827-833. Available at : http://chestjournal.org/cgi/content/abstract/13 0/3/827. Acessed: April 02, 2012. Kozier, B., Erb, G., Berman, A., & Snyder, S.J. (2010).
Buku ajar-Fundamental keperawatan (Konsep, Proses, & Praktik) (Eds. 7) (Vol. 2) (Esty Wahyuningsih, Devi Yulianti, Yuyun Yuningsih & Ana Lusyana, Penerjemah). Jakarta: EGC. Kusmiyati, Y. (2010).
Penuntun praktikum asuhan kehamilan. Yogyakarta: Fitramaya. Lehrer, S. (t.t). Memahami bunyi paru dalam praktik sehar-hari (Lyndon Saputra, Editor). Tangerang: Binarupa Aksara Publisher. Manuaba. (2010).
Ilmu kebidanan, penyakit kandungan dan keluarga berencana untuk pendidikan bidan. Jakarta: EGC. Muttaqin, A. (2008). Buku ajar-Asuhan keperawatan klien dengan gangguan sistem pernapasan. Jakarta: salemba Medika. Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Nursalam. (2009).
Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medika. Prawirohardjo, S. (2009).
Ilmu kebidanan (Eds.4). Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. Pusparini, A., Jusuf, R. M. S., & Budiono, A. M. S. (Eds). (2003).
Bunga rampai hiperkes dan keselamatan kerja. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Ristianingrum, I., Rahmawati, I., & Rujito, L. (2010). Hubungan antara Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan tes fungsi paru. Jurnal Mandala of Health. Volume 4, Nomor 2, Mei 2010. Sastroasmoro, S., & Ismael, S. (2002).