Buku Ajar Manajemen Operasi

Main Article Content

Iswanto
Ali Akbar

Abstract

Operasi merupakan bagian manajemen yang memiliki pengaruh sangat besar pada organisasi untuk menghasilkan produktivitas yang baik. Tujuan dari disusunnya buku ajar Manajemen Operasi ini lebih dikhususkan sebagai buku pegangan mahasiswa Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.Manajemen Operasi merupakan gabungan dari berbagai disiplin ilmu seperti manajemen, akuntansi, statistik,manajemen sains dan teknik industri. Buku ajar Manajemen Operasi ini disusun dalam 4 BAB yang berisi;Bab 1 Pengantar Manajemen Operasi. Pada bab ini dibahas tentang ruang lingkup manajemen operasi,tantangan terhadap produktifitas, bagaimana manajemen operasional di lingkungan global, serta isu dan strategi operasi global. Bab 2 Desain Operasi. Pada bab ini dibahas tentang desain produksi dan manajemen kualitas, strategi proses dan perencanaan kapasitas, menentukan strategi lokasi dan strategi tata letak, serta manajemen sumber daya manusia yang mengacu pada kualitas. Bab 3 Pengelolaan Operasi Pada bab ini dibahas tentang manajemen rantai pasokan dan e-commerce, manajemen persediaan, serta material requirements planning dan Just-In-Time. Bab 4 Pemeliharaan Dan Reliabilitas Serta Konsep Manajemen Proyek. Pada bab ini dibahas tentang pentingnya strategi pemeliharaan, reliabilitas dan konsep manajemen proyek.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Iswanto, & Akbar, A. (2022). Buku Ajar Manajemen Operasi. Umsida Press, 1-88. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6292-48-8
Issue
Section
Buku Ajar

References

Buffa, E. S., and R. K. Sarin. 1987. Modern Production / Operations Mnagements. 8th ed. New York: John Wiley & Sons.
Chase, Richard B., and Nicholas J. Aquilano. 1992. Production and Operations Management: A Life Cycle Approach. Irwin.
Heizer, Jay, and Barry Render. 2004. Operations Management. 7th ed. Prentice Hall.
Hill, Terry. 1991. Productions/Operations Management : Text and Cases. Prentice Hall.
Mc.Leavey, Dennis W., and Seettherama L. Narashimane. 1985. Production Planning and Inventory Control. Allyn & Bocon, Inc.
Smith, S. B. 1989. Computer Based Production and Inven Tory Control. Prentice Hall Inc Englewood Cliffs NJ.
Stevenson, William J. 1990. Production /Operations Management. Irwin.