Pendidikan Karakter

Main Article Content

Akhtim Wahyuni

Abstract

Puji syukur kepada Allah Swt. atas limpahan rahmat dan kasih sayangNya sehingga penulis bisa menyelesaikan buku ‘Pendidikan Karakter ‘Membentuk Pribadi Positif dan Unggul di Sekolah’ ini dan dapat terbit untuk memperkaya referensi tentang Pendidikan Karakter. Pendidikan karakter menjadi tema penting saat ini untuk mengatasi persoalan-persoalan sosial yang kerap melanda negara ini. Ia menjadi alternatif solusi yang perlu dilestarikan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak terkecuali di lembaga pendidikan, yang notabene sebagai wadah penggodokan tiga ranah tingkah laku; kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sekolah dipandang sebagai lahan yang efektif untuk membentuk pribadi positif anak, setelah keluarga. Pribadi positif yang terbangun dari proses pembiasaan karakter di sekolah diantaranya: Mampu menilai diri sendiri secara realisitik, Menerima tanggung jawab, kemandirian, dapat mengontrol emosi, berorientasi  tujuan, penerimaan sosial, berbahagia, dan lainnya. Ini semua dapat terwujud jika semua stakeholder dilibatkan untuk mengawal dan menjalankan, dan mengevaluasi semua proses ini sehingga menjadi budaya positif di sekolah.Buku Pendidikan Karakter ini melengkapi buku-buku yang telah ada, untuk memperkaya konsep dan wawasan tentang Pendidikan Karakter. Pengalaman penulis di dunia pendidikan dan sebagai tenaga pengajar di Perguruan Tinggi serta peneliti dalam bidang pendidikan dan sosial banyak memberikan kontribusi dalam penulisan, sehingga buku ini terwujud. Penulis menyadari bahwa buku ini masih banyak kekurangan baik dari sisi konseptual maupun aplikasi. Oleh karena itu, kritik dan saran konstruktif selalu penulis harapkan untuk kesempurnaan buku ini. Tidak lupa penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam berbagai bentuk demi terselesaikannya buku ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi para pembaca.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Wahyuni, A. (2022). Pendidikan Karakter. Umsida Press, 1-308. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6292-78-5
Issue
Section
Buku Referensi

References

Ahmad Fuadi Romadhon, Achyar Zein, Syamsu Nahar. 2017. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an Surat Yusuf, Edu Riligia. Pascasarjana UIN Sumatera Utara. Vol. 1 No. 3.
Alwazir Abdusshomad. 2020. Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Tangerang. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama | Vol. 12 No. 2 (2020) 107-115
Andrew,et al., 2005. Verbal Ability and Teacher Effectiveness, Journal of Teacher Education.
Azmi, Nailul. 2017. Manajemen Pendidikan Karakter Siswa MAN 1 Brebes dan MAN 2 Brebes. Thesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
Basher, Abdul. 2018. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Islami Dalam Buku Hoegeng Polisi dan Menteri Teladan”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Surakarta
Brucea, M.A. & Stellern, J. 2005. Building Caring Community in Teacher Education, Journal of The Teacher Educator, 41 (1), 34-53.
Budiyono1; Yoga Ardian Feriandi2. 2017. Menggali Nilai Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa Sebagai Sumber Pendidikan Karakter. FKIP Universitas PGRI Madiun . Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) Vol. 1 No.1 (Mei 2017) Online ISSN 2580-216X
Byham, W. C., & Pescuric, A. 1996. Behavior Modeling at the teachable moment. Training, 33, 50-53.
Chairiyah. 2014. Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke SD an Vol. 1, Nomor 1, September 2014, hlm 54-62
Darn, Steve., Aspects of Nonverbal Communication, The Internet TESL Journal, Vol.XI, No.2, 2005
Decker, Philip J., 1984, Behavior Modeling Training, New York USA: CBS Educational and Professional Publishing
Eryilmaz, Dilek & Darn, Steve., A Non Verbal Communication Lesson, Izmir University of Economics, 2005
Fry, John.P. & Dede Bonner, 2001, Models and Strategies for Training Design, (edited by: Karen L. Medsker & Kristina M. Holdsworth), USA: International Society for Performance Improvement (ISPI)
McCroskey, J.C. 1992. An Introduction to Communication in The Classroom. Edina, MN: Burgess International Group.
Miftah Nurul Annisa, Ade Wiliah, Nia Rahmawati. 2020. Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital . Universitas Muhammadiyah Tangerang . Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2, Nomor 1, April 2020; 35-48 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Miller, S. A. & Anderson, E. S. 2009. Modeling and measuring Caring Behaviors among Nursing Education Faculty. Journal of Nursing Education, 32.
Muhammad Sulhan. 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal VisipenaVolume 9, Nomor 1, Juni 2018
Mustoip, sofyan, Muhammad Japar, zulela Ms. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. CV. Jakad Publishing Surabaya
Nafiah, Wasilatun. 2019. Manajemen Pendidikan Karakter (Studi Kasus di Smp Muhammadiyah 2 Malang). Thesis. Program Magister Manajement Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
NKongho, N. 1994. The Caring Ability Inventory. In O.L. Strickland & C.R. Waltz (Eds.), Measurement of Nursing Outcomes (4). New York: Springer Publishing.
Noddings, N. 2001. The Caring Teacher. Dalam V. Richardson (Ed.), Handbook of research on teaching (4th ed., pp.99-105). Washington, DC: American Educationala Research Association.
Noddings, N., Michael S. K. & Kenneth A. S. 1999. Justice and Caring, the Search for Common Ground in Education. New York: Teachers College Press.
Noddings, N. 1993. Educating for Intelligent Belief or Unbelief. New York: Teacher College Press.
Noddings, N. 1992. The challenge to Care in School. New York: Teachers College Press.
Noddings, N. 1984. Caring a Feminine Approach to Ethics and Moral Education, Barkeley: University of California Press.
Noddings, N. 2001. The Caring Teacher. Dalam V. Richardson (Ed.), Handbook of research on teaching (4th ed., pp.99-105). Washington, DC: American Educationala Research Association
Nopan Omeri. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. SMA Negeri 1 Arga Makmur. Volume 9, Nomor 3, Juli 2015, hlm. 464-468
Palmer, P.J. 1998. The Courage to Teach. San Fransisco: Jossey-Bass.
Paul, J. T. & Darlene F. R.E. 2005. Jurnal of Applied Psychology, 90(4), 113-124.
Putra, Bil Hakki., 2014. Teknik Evaluasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Ristanti, Dini Hadi. 2019. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah (Studi Kasus Di Smp Negeri 30 Dan Smpit Ash-Shiddiq Jakarta Utara). Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta
Robinson, J.C. 1982. Developing Managers Through Behavior Modeling. Austin, TX: Learning Concepts.
Rogers, D. L. 1994. Conceptions of Caringin a fourth grade classroom. dalam A. R. Prillaman, D. J. Eaken and D. M.Kendrick (Eds) The apestry of Caring. Norwood,NJ: Ablex Publishing.
Rogers, D. L., & Webb, J. 1991. The ethic of Caring in teacher education. Journal of Teacher Education, 42(3), 173-181.
Ronald, Schmidt & Fajlik, Ibaraki., 2007. Introducing non verbal Communication to Japanese University Students: Determining Content, Univ. Japan. Journal of Intercultural Communication.
Rohendi, Edi. 2016 .Pendidikan Karakter di Sekolah. Edu Humaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru Vol 3, No 1
Samrin. 2016. Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 9 No. 1, Januari-Juni.
Sofia Ratna, Awaliyah Fitri, Tanto Aljauharie Tantowie. 2016 .Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Al-Quran Surah Al-An’am Ayat 151-153 dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Analisis terhadap Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az-Zuhaili), Tarbiyah al-Aulad ISSN 2549 4651, Volume 1, No. 1.
Subianto, Jito. 2013. Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas . LPPG (Lembaga Peningkatan Profesi Guru), Jawa Tengah, Indonesia Vol. 8, No. 2, Agustus 2013
Sudarmiani. 2013. Membangun Karakter Anak Dengan Budaya Kearifan Lokal Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah . IKIP PGRI Madiun
Sunhaji. 2018. Mendidik Melalui Hati Sebagai Strategi Membentuk Karakter Bangsa. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto .Jurnal Ilmiah Lingua Idea ISSN 2580-1066 (Online) ISSN 2086-1877 (Printed) Vol. 9 No. 2.
Supriyono. 2014. Membangun Karakter Mahasiswa Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Resolusi Konflik. Universitas Pendidikan Indonesia. Edutech, Tahun 13, Vol.1, No.3
Tariq Hassan, M. Muhammad., 2007. Non Verbal Communication: The Language of Motivation for Pakistani Students, Jurnal Language in India, volume 7.
Tuckman, B.W. 1999. Conducting Educational Research. New York: Harcourt Brace College Publisher.
Wachid, Nur. 2019. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
Wentzel, K. R. 1997. Student Motivation in Middle School: The Role of Perceived Pedagogical Caring. Journal of Educational Psychology, 89 (3), 411-419.
Woolfolk, H. A., & Weinstein, C. 2006. Student and Teacher perspectives on Classroom Management. New Jersey: Erlbaum.
Wolfgang Lorscher, 2002., Nonverbal aspects of Teacher-Pupil Communication in the Foreign Language Classroom, University of Leipzig Germany.

Most read articles by the same author(s)