Buku Ajar Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
Abstract
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas rahmat, karunia, dan kehendak-Nya, buku ajar Penelitian Manajemen Pendidikan Islam dapat diselesaikan dengan baik meskipun perlu penyempurnaan lebih lanjut. Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan Rasulullah Muhammad SAW. Buku Ajar Penelitian Manajemen Pendidikan Islam membahas wilayah kajian dan objek kajian ilmu pengetahuan beserta paradigma kajiannya tidak dapat dipisahkan dari pandangan filsafat terhadap ilmu pengetahuan itu sendiri. Buku ajar Penelitian Manajemen Pendidikan Islam ini dikhususkan untuk pegangan Mahasiswa S2 MPI (Magister Manajemen Pendidikan Islam) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Mata kuliah prasarat yang harus diselesaikan sebelum mahasiswa melaksanakan seminar proposal dan ujian tesis. Penelitian Pendidikan Islam berupaya menafsirkan hakikat wilayah atau objek kajian sebagaimana adanya dan terbuka untuk pengujian secara terus menerus untuk memperoleh kebenaran. Sebab, ilmu pengetahuan yang dibangun atas dasar pengamatan manusia sejatinya tidak lain hanya merupakan dugaan atau asumsi. Ilmu pengetahuan tidak pernah benar secara mutlak. Ilmu hanya dapat berkembang apabila terus menerus dikaji. Melalui kajian penelitian akan ditemukan data dan fakta baru yang membuktikan kebenarannya.
Downloads
Metrics
References
Arifin, Z. (2020). Struktur Bangunan Ilmu Pengetahuan Manajemen Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Humanities and Sosial Sciences, 1(2), 96–108.
Balakumar, P., & Jagadeesh, G. (2012). The basic concepts of scientific research and scientific communication. Journal of Pharmacology & Pharmacotherapeutics, 3(2), 178.
Çobanoğlu, F., Ayvaz-Tuncel, Z., & Ordu, A. (2018). Child-friendly Schools: An Assessment of Secondary Schools. Universal Journal of Educational Research, 6(3), 466–477. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.060313
Cresswell, J. W. (2014). Research Design. Qualitative Approaches, Quantitative and Mixed Methods. Publication, (Fourth Edi). Sage.
Dani, R., & Syukur, Y. (2019). Students Perceptions of Drug Abuse and its Implications in Guidance and Counseling. Jurnal Neo Konseling, 1(4), 1–6. https://doi.org/10.24036/00173kons2019
Dhaifi, I. (2020). Studi Analisis Dampak Pademi Covid-19 Terhadap Eksistensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Indonesia. Edupedia, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i1.880
Dick, W dan Carey, L. (2009). The systematic design of instruction. Fifth edition. New Jersey: Pearson Education Inc.
Fahyuni, E. ., Akbar, D., Hadi, N., & Haris, M. I. (2020). Model aplikasi cybercounseling Islami berbasis website untuk meningkatkan self-regulated learning siswa SMA. Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 93–104.
Fahyuni, E. ., Fauziyah, Y., Rindaningsih, I., & Shoolihah, R. A. (2021). Pendampingan Konselor Sekolah Pada Pengenalan Potensi Belajar Siswa di MTs Darussalam Kabupaten Sidoarjo. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 15–26.
Fahyuni, E. F., Wasis, Bandono, A., & Arifin, M. B. U. B. (2020). Integrating islamic values and science for millennial students’ learning on using seamless mobile media. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 231–240. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23209
Gozali, A. (2020). Bimbingan dan konseling berbasis teknologi informasi pada masa PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar ). Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Coution : Journal of Counseling and Education Layanan, 1(2), 36–49. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/coution/article/view/117 Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Israwan, I. (2020). Telaah Filsafat Pendidikan Islam dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Seumur Hidup Menuju Masyarakat Madani. Al- Mujaddid Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 2(2), 48–62.
Narbuko, C., & Achmadi, A. (2013). Metodologi Penelitian. Bumi Aksara.
Notohadiprawiro, T. (2006). Metode penelitian dan penulisan ilmiah. Universitas Gajah Mada.
Rafique, G. M., Mahmood, K., Warraich, N. F., & Rehman, S. U. (2021). Readiness for Online Learning during COVID-19 pandemic: A survey of Pakistani LIS students.
Journal of Academic Librarianship, 47(3), 102346. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102346
Salim, S. (2009). Konsep dasar penelitian dan urgensi pengenalan masalah. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Dan Keagamaan, 6(1), 32–41.
Suryana. (2010). Metodologi Penelitian. Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sutrisno, H. (1984). Metodologi Research I. Universitas Gajah Mada.
Wantika, W., & Nasution, S. P. (2019). Analisis Kesulitan Belajar dalam Memahami Kecemasan Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal
Matematika, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.2027
Wisconsin Department of Public Instruction. (1986). A guide to curriculum planning in science. WI: Author.
Copyright (c) 2021 Eni Fariyatul Fahyuni, Akhtim Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.