Buku Ajar Penelitian Manajemen Pendidikan Islam

  • Eni Fariyatul Fahyuni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Akhtim Wahyuni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Penelitian, Manajemen, Pendidikan Islam

Abstract

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas rahmat, karunia, dan kehendak-Nya, buku ajar Penelitian Manajemen Pendidikan Islam dapat diselesaikan dengan baik meskipun perlu penyempurnaan lebih lanjut. Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan Rasulullah Muhammad SAW. Buku Ajar Penelitian Manajemen Pendidikan Islam membahas wilayah kajian dan objek kajian ilmu pengetahuan beserta paradigma kajiannya tidak dapat dipisahkan dari  pandangan filsafat terhadap ilmu pengetahuan itu sendiri. Buku ajar Penelitian Manajemen Pendidikan Islam ini dikhususkan untuk pegangan Mahasiswa S2 MPI (Magister Manajemen Pendidikan Islam) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Mata kuliah prasarat yang harus diselesaikan sebelum mahasiswa melaksanakan seminar proposal dan ujian tesis. Penelitian Pendidikan Islam berupaya menafsirkan hakikat wilayah atau objek kajian sebagaimana adanya dan terbuka untuk pengujian secara terus menerus untuk memperoleh kebenaran. Sebab, ilmu pengetahuan yang dibangun atas dasar pengamatan manusia sejatinya tidak lain hanya merupakan dugaan atau asumsi. Ilmu pengetahuan tidak pernah benar secara mutlak. Ilmu hanya dapat berkembang apabila terus menerus dikaji. Melalui kajian penelitian akan ditemukan data dan fakta baru yang membuktikan kebenarannya. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arifin, Z. (2020). Struktur Bangunan Ilmu Pengetahuan Manajemen Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Humanities and Sosial Sciences, 1(2), 96–108.

Balakumar, P., & Jagadeesh, G. (2012). The basic concepts of scientific research and scientific communication. Journal of Pharmacology & Pharmacotherapeutics, 3(2), 178.

Çobanoğlu, F., Ayvaz-Tuncel, Z., & Ordu, A. (2018). Child-friendly Schools: An Assessment of Secondary Schools. Universal Journal of Educational Research, 6(3), 466–477. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.060313

Cresswell, J. W. (2014). Research Design. Qualitative Approaches, Quantitative and Mixed Methods. Publication, (Fourth Edi). Sage.

Dani, R., & Syukur, Y. (2019). Students Perceptions of Drug Abuse and its Implications in Guidance and Counseling. Jurnal Neo Konseling, 1(4), 1–6. https://doi.org/10.24036/00173kons2019

Dhaifi, I. (2020). Studi Analisis Dampak Pademi Covid-19 Terhadap Eksistensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Indonesia. Edupedia, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i1.880

Dick, W dan Carey, L. (2009). The systematic design of instruction. Fifth edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

Fahyuni, E. ., Akbar, D., Hadi, N., & Haris, M. I. (2020). Model aplikasi cybercounseling Islami berbasis website untuk meningkatkan self-regulated learning siswa SMA. Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 93–104.

Fahyuni, E. ., Fauziyah, Y., Rindaningsih, I., & Shoolihah, R. A. (2021). Pendampingan Konselor Sekolah Pada Pengenalan Potensi Belajar Siswa di MTs Darussalam Kabupaten Sidoarjo. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 15–26.

Fahyuni, E. F., Wasis, Bandono, A., & Arifin, M. B. U. B. (2020). Integrating islamic values and science for millennial students’ learning on using seamless mobile media. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 231–240. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23209

Gozali, A. (2020). Bimbingan dan konseling berbasis teknologi informasi pada masa PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar ). Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Coution : Journal of Counseling and Education Layanan, 1(2), 36–49. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/coution/article/view/117 Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Israwan, I. (2020). Telaah Filsafat Pendidikan Islam dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Seumur Hidup Menuju Masyarakat Madani. Al- Mujaddid Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 2(2), 48–62.

Narbuko, C., & Achmadi, A. (2013). Metodologi Penelitian. Bumi Aksara.

Notohadiprawiro, T. (2006). Metode penelitian dan penulisan ilmiah. Universitas Gajah Mada.

Rafique, G. M., Mahmood, K., Warraich, N. F., & Rehman, S. U. (2021). Readiness for Online Learning during COVID-19 pandemic: A survey of Pakistani LIS students.

Journal of Academic Librarianship, 47(3), 102346. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102346

Salim, S. (2009). Konsep dasar penelitian dan urgensi pengenalan masalah. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Dan Keagamaan, 6(1), 32–41.

Suryana. (2010). Metodologi Penelitian. Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sutrisno, H. (1984). Metodologi Research I. Universitas Gajah Mada.

Wantika, W., & Nasution, S. P. (2019). Analisis Kesulitan Belajar dalam Memahami Kecemasan Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal

Matematika, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.2027

Wisconsin Department of Public Instruction. (1986). A guide to curriculum planning in science. WI: Author.

Published
2021-10-29
How to Cite
Fahyuni, E. F., & Wahyuni, A. (2021). Buku Ajar Penelitian Manajemen Pendidikan Islam . Umsida Press, 1-106. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6292-24-2
Issue
Section
Text Book