Buku Ajar Psikologi Perkembangan

  • Eni Fariyatul Fahyuni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Buku Ajar, Psikologi, Perkembangan

Abstract

Psikologi perkembangan sebagai cabang ilmu psikologi menelaah pelbagai perubahan intra individual dan perubahan inter individual yang terjadi di dalam perubahan intra individual. Tugasnya, seperti yang dikatakan oleh La Bouvie, “tidak hanya mendiskripsikan perubahan-perubahan perilaku menurut tingkat usia sebagai masalah hubungan anteseden (gejala yang mendahului) dan konsekuensinya”. Beberapa psikologi perkembangan mempelajari perubahan dalam perkembangan yang mencakup seluruh rentang kehidupan dari pembuhan sampai akhir hayat. Dengan begitu, mereka berusaha menggambarkan dengan sempurna pertumbuhan dan kemunduran. Ahli-ahli lainnya hanya mempelajari salah satu bagian dari rentang kehidupan masa kanak-kanak, masa dewasa atau usia lanjut

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arlhouns, J.F. 1995. Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan kemanusiaan (Terjemaham R.S. Satmoko). Semarang: IKIP Press.

Asrori, Mohammad. (2009) Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta: PT bumi aksara.

Desmita.(2003). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Dwi Hastuti. (2016). Strategi Pengembangan Harga Diri Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 38–44.

Fahyuni, E. F. (2016). Psikologi Belajar dan Mengajar (Kunci Sukses Guru dan Peserta didik dalam Interaksi Edukatif) (1st ed.). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Fahyuni, E. F. (2018). Bimbingan dan Konseling Islami Di Sekolah. Sidoarjo: Umsida Press.

Gagne, R.M. (1998). Essentials of Learning for Instruction, Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.Inc

Hamzah. Uno. (2006). Orientasi Baru Dalam Psikology Perkembangan. Jakarta: Bumi Aksara

Hurlock. E. (1980) Development Psychology A-Life-Span Aprroach. New York: Mc-Graw-Hill, Inc

Makkar, Suresh. (2015). Problem of empty nest syndrome: an analysis and sugestion to bridle it. ADR Journal. 19-23

Murni. (2017). Perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial pada masa kanak-kanak awal 2-6 tahun. III, 19–33.

Myers, D.G (1996). Exploring Psychology. New York: Worth Publisher. Inc

Santrock, J,W. (1998). Adolescence. Boston: McGraw-Hill

Jatmika. (2010) Genk Remaja, Anak Haram Sejarah ataukah Korban Globalisasi?,(Yogyakarta:Kanisius, 2010)

Wijirahayu, A. K. (2016). Kelekatan ibu-anak, pertumbuhan anak, dan perkembangan sosial emosi anak usia prasekolah. Jur. Ilm. Kel. & Kons, 9(3), 171182.

Oerter, Rolf. Agustiani. (1996). The Concept of Human Nature in East Asia: Etic and Emic Characteristics. Culture and Psychology. London and NewDelhi: Sage

Vygotsky, L.S (1978). Minds of Society. London: Harvard University Press

Zarkasih, Putro. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. Volume 17, Nomor 1,2017| Page: 25-32

Published
2021-08-24
How to Cite
Fahyuni, E. F. (2021). Buku Ajar Psikologi Perkembangan. Umsida Press, 1-124. https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-61-4
Issue
Section
Text Book