Buku Ajar Bimbingan Dan Konseling Islami Di Sekolah
Abstract
Segala puji hanya milik Allah SWT. Shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW. Berkat limpahan dan rahmat-Nya sehingga penulis mampu menyelesaikan buku “Bimbingan dan Konseling Islami Di Sekolah” yang tentunya diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pembaca dan pemerhati pendidikan khususnya bagi para mahasiswa, guru, calon pendidik maupun dosen mata kuliah Bimbingan dan Konseling. Secara keseluruhan buku ini memuat 8 bab yang terdiri atas berbagai informasi. Bab 1, 2, dan 3 buku ini membahas konsep dasar, fungsi dan peranan bimbingan konseling di sekolah. Bab 4, 5 dan 6 membahas prinsip, pola umum, dan penggunaan data layanan dalam menunjang layanan bimbingan konseling. Bab 7 dan 8 membahas model bimbingan konseling islami dan berbagai macam bentuk dan jenis bimbingan karier di sekolah. Sekolah merupakan lembaga formal yang bertujuan mendidik dan mencetak peserta didiknya menuju ke arah perkembangan yang maksimal. Untuk itu diperlukan sistem manajemen yang baik, sistem administrasi yang tertib dan rapi guna memberikan layanan bimbingan dan konseling yang efektif dan efisien. Penulisan buku ini sangat mengharapkan berbagai masukan dan kritik yang bersifat membangun sehingga dapat disempurnakan di masa yang akan datang.
Downloads
Metrics
References
Ahmad Juntika Nurihsan. 2005.Strategi layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT.Refika Aditama.
Ali, O.M., Milstein, G., dan Marzuk, P.M. 2011. “The Imam’s Role in Meeting the Counseling Needs of Muslim Communities in the United States”. Psychiatric Services, Februari 2005 Vo. 56 Arlhouns, J.F. 1995. Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan kemanusiaan (Terjemaham R.S. Satmoko). Semarang: IKIP Press.
Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor. NaskahAkademik ABKIN
Fahyuni, Eni Fariyatul & Istikomah, 2016. Psikologi Belajar Mengajar (Kunci Sukses Guru dan PesertaDidik dalam Interaksi Sosial). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Fahyuni, Eni Fariyatul. 2016. Developing of Learning Tools at IPA Subject by Guided Inquiry Model to Improve Skills Science Process an Undestranding Concept SMPN 2 Porong. Proceedings of
International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology. 2016
Fahyuni, Eni Fariyatul. Efektivitas Media Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. 2011
Hadi. 2013. Pemahaman konsep sekolah tentang tugas perkembangan siswa dan layanan yang diberikan. Jakarta: Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2, No. 1
Hallen A. 2002. Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: Ciputat Press.
Jalal, F. 2002. Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan yang Mendasar. Jurnal Ilmiah Anak Dini Usia. Vol.03 Hal.4-8. Kamaluddin. Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jakarta: Jurnal: Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 17 No.4
Kartadinata, S, dkk. (1998). Bimbingan di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Menteri Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Nomor 22 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Mu’awanah, E. dan Hidayah, R. 2009. Bimbingan dan Konseling Islami di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Nurihsan, Achmad Juntika. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditam
Nursalim, Mochammad dan Suradi SA. 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: UNESA University Press
Prayitno & Amti, E. (2013). Dasar-dasar bimbingan dan konseling (cet. 3). Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. 2004. Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasardan Menengah, departemen Pendidikan Nasional.
Siregar. 2013. Peranan Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jakarta: logaritma. Vol. 1 No. 1
Walgito, B.2005.Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir). Yogyakarta: Andi
Copyright (c) 2018 Eni Fariyatul Fahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.