Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini

Main Article Content

Choirun Nisak Aulina

Abstract

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala anugerah dan rahmat-Nya, sehingga Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini untuk Tingkat Perguruan Tinggi ini dapat terselesaikan dengan baik.Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini ini terdiri dari 7 Bab Materi Perkuliahan, yang terdiri dari (1) Hakikat Perkembangan Motorik; (2) Perkembangan Kemampuan Motorik Halus; (3) Tahap Perkembangan Motorik; (4) Gangguan Perkembangan Motorik Halus; (5) Pengembangan Motorik Halus di TK; (6) Program Stimulasi Motorik Halus Anak Usia 0-6 Tahun; (7) Assesmen Perkembangan Motorik Halus Anak. Materi ini merupakan satu kesatuan materi yang dipelajari oleh mahasiswa secara menyeluruh dan tak terpisahkan selama satu semester karena merupakan satu kesatuan yang utuh dalam Capaian Kompetensi di Rencana Pembelajaran Semester .Tujuan diterbitkan buku ini untuk membantu mahasiswa agar dapat menguasai metodologi pengembangan motorik halus anak usia dini secara mudah, dan utuh. Di samping itu pula, buku ini dapat digunakan sebagai acuan bagi dosen yang mengampu mata kuliah Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Isi buku ini memuat 5 komponen utama yaitu; pendahuluan, penyajian materi, rangkuman, evaluasi dan daftar pustaka. Buku Ajar Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini untuk Tingkat Perguruan Tinggi ini diterbitkan oleh UMSIDA Press. Buku Ajar ini merupakan buku terbitan edisi pertama yang tentunya masih butuh disempurnakan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Aulina, C. N. (2021). Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Umsida Press, 1-186. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-56-0
Issue
Section
Buku Ajar

References

Bagarkorowati, Riani, Anak Beresiko Identifikasi, Assesmen, dan Intervensi, (Jakarta:Ghalia Indonesia, 2010), h. 68.
Batheja, M., & McManus, I. C. (1985). ―Handedness in the mentally handicapped,‖ Developmental Medicine and Child Neurology, 27, 63–68.
Bredekamp, Sue (Editor), DAP in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8, Washington DC: NAEYC.
Bronson, Martha B., The Right Stuff for Children Birth to 8: Selecting Play Material to Support Development, NAEYC, Washington, DC, 1995.
Dit PADU, Ditjen PLSP, Depdiknas, Sekolah Al-Falah, Jakarta Timur, The Creative Center for Childhood Research and Training, Inc
Hardyck, C., & Petrinovich, L. F. (1977). ―Left-handedness,‖ Psychological Bulletin
Hurlock, Elizabeth., Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga, 1998.
Landy, Joanne M., dan Burridge, Keith R., Fine Motor Skills & HandwritingActivities for Young Children, West Nyack,
NY 10994, The Center For Applied Research, 1999. Michael L. Henniger, Teaching Young Children an
Introduction, New Jersey, Pearson Education Inc, 2009
Raymond, M.; Pontier, D.; Dufour, A.; dan Pape, M. (1996).
Frequency-dependent maintenance of left-handedness in humans,‖ Proceedings of the Royal Society of London
Schachter, S. C.; Boulton, A.; Manoach, D.; O‘Connor, M.; Weintraub, S.; Blume, H.; & Schomer D. L. (1995).
―Handedness in patients with intractable epilepsy: Correlations with side of temporal lobectomy and gender,‖ Journal of Epilepsy.
Woolfson, Richard C, Anak Yang Cerdas, Memahami dan merangsang perkembangan anak Anda, Batam Centre : Karisma Publishing Group, 2001
Woolfson, Richard C, Balita Yang Cerdas, Memahami dan menstimuli perkembangan anak Anda, Batam Centre : Karisma Publishing Group, 2001.
Woolfson, Richard C, Bayi Yang Cerdas, Memahami dan merangsang perkembangan anak Anda, Batam Centre: Karisma Publishing Group, 2001. http://plpg.undiksha.ac.id/uploaded/content/Modul%20PAUD.pdf

Most read articles by the same author(s)