Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini
Abstract
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala anugerah dan rahmat-Nya, sehingga Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini untuk Tingkat Perguruan Tinggi ini dapat terselesaikan dengan baik.Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini ini terdiri dari 7 Bab Materi Perkuliahan, yang terdiri dari (1) Hakikat Perkembangan Motorik; (2) Perkembangan Kemampuan Motorik Halus; (3) Tahap Perkembangan Motorik; (4) Gangguan Perkembangan Motorik Halus; (5) Pengembangan Motorik Halus di TK; (6) Program Stimulasi Motorik Halus Anak Usia 0-6 Tahun; (7) Assesmen Perkembangan Motorik Halus Anak. Materi ini merupakan satu kesatuan materi yang dipelajari oleh mahasiswa secara menyeluruh dan tak terpisahkan selama satu semester karena merupakan satu kesatuan yang utuh dalam Capaian Kompetensi di Rencana Pembelajaran Semester .Tujuan diterbitkan buku ini untuk membantu mahasiswa agar dapat menguasai metodologi pengembangan motorik halus anak usia dini secara mudah, dan utuh. Di samping itu pula, buku ini dapat digunakan sebagai acuan bagi dosen yang mengampu mata kuliah Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Isi buku ini memuat 5 komponen utama yaitu; pendahuluan, penyajian materi, rangkuman, evaluasi dan daftar pustaka. Buku Ajar Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini untuk Tingkat Perguruan Tinggi ini diterbitkan oleh UMSIDA Press. Buku Ajar ini merupakan buku terbitan edisi pertama yang tentunya masih butuh disempurnakan.
Downloads
Metrics
References
Bagarkorowati, Riani, Anak Beresiko Identifikasi, Assesmen, dan Intervensi, (Jakarta:Ghalia Indonesia, 2010), h. 68.
Batheja, M., & McManus, I. C. (1985). ―Handedness in the mentally handicapped,‖ Developmental Medicine and Child Neurology, 27, 63–68.
Bredekamp, Sue (Editor), DAP in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8, Washington DC: NAEYC.
Bronson, Martha B., The Right Stuff for Children Birth to 8: Selecting Play Material to Support Development, NAEYC, Washington, DC, 1995.
Dit PADU, Ditjen PLSP, Depdiknas, Sekolah Al-Falah, Jakarta Timur, The Creative Center for Childhood Research and Training, Inc
Hardyck, C., & Petrinovich, L. F. (1977). ―Left-handedness,‖ Psychological Bulletin
Hurlock, Elizabeth., Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga, 1998.
Landy, Joanne M., dan Burridge, Keith R., Fine Motor Skills & HandwritingActivities for Young Children, West Nyack,
NY 10994, The Center For Applied Research, 1999. Michael L. Henniger, Teaching Young Children an
Introduction, New Jersey, Pearson Education Inc, 2009
Raymond, M.; Pontier, D.; Dufour, A.; dan Pape, M. (1996).
Frequency-dependent maintenance of left-handedness in humans,‖ Proceedings of the Royal Society of London
Schachter, S. C.; Boulton, A.; Manoach, D.; O‘Connor, M.; Weintraub, S.; Blume, H.; & Schomer D. L. (1995).
―Handedness in patients with intractable epilepsy: Correlations with side of temporal lobectomy and gender,‖ Journal of Epilepsy.
Woolfson, Richard C, Anak Yang Cerdas, Memahami dan merangsang perkembangan anak Anda, Batam Centre : Karisma Publishing Group, 2001
Woolfson, Richard C, Balita Yang Cerdas, Memahami dan menstimuli perkembangan anak Anda, Batam Centre : Karisma Publishing Group, 2001.
Woolfson, Richard C, Bayi Yang Cerdas, Memahami dan merangsang perkembangan anak Anda, Batam Centre: Karisma Publishing Group, 2001. http://plpg.undiksha.ac.id/uploaded/content/Modul%20PAUD.pdf
Copyright (c) 2017 Choirun Nisak Aulina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.