Metodologi Pengembangan Bahasa Anak usia Dini

Main Article Content

Choirun Nisak Aulina

Abstract

Perkembangan kemampuan anak tidaklah hanya terfokus pada kemampuan kognitif. Namun kemampuan bahasa merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting untuk di kembangkan. Sebagaimana bahasa sering dijadikan sebagai tolak ukur kecerdasan anak. Buku Ajar Metodologi Pengembangan Bahasa AUD ini terdiri dari tujuh BAB materi perkuliahan meliputi 1) Hakikat Bahasa, 2) Proses pemerolehan Bahasa, 3) Tahap perkembangan bahasa AUD, 4) Keterampilan berbahasa, 5) Gangguan perkembangan bahasa, 6) Program pengembangan bahasa di PAUD,. Materi ini merupakan satu kesatuan materi yang dipelajari oleh mahasiswa secara menyeluruh dan tak terpisahkan selama satu semester karena merupakan satu kesatuan yang utuh dalam Capaian Kompetensi di Rencana Pembelajaran Semester . Tujuan disusun buku ini untuk membantu mahasiswa agar dapat menguasai metodologi pengembangan bahasa anak usia dini secara mudah, dan utuh. Di samping itu pula, buku ini dapat digunakan sebagai acuan bagi dosen yang mengampu mata kuliah Metodologi Pengembangan Bahasa AUD.




Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Aulina, C. N. (2021). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak usia Dini. Umsida Press, 1-107. https://doi.org/10.21070/2019/978-623-7578-09-3
Issue
Section
Buku Ajar

References

-----, Glenn Doman Methods, How Smart are Your Kids? Seri 1. Jakarta:Frisian Flag Indonesia, 2008.
Abu Bakar Baraja, Psikologi Perkembangan Tahapan-tahapan dan Aspeknya, Jakarta:Studia Press, Cetakan ke 1, 2005
Baraja, Abu Bakar. Psikologi Perkembangan: Tahapan-tahapan dan Aspeknya. Jakarta:Studia Press, 2005.
Constance weaver, Understanding Whole Language, Irwin publishing, Canada, 1990
Crain, Willian Teori Perkembangan: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2007
Dardjowidjoyo, Soenjono. Psikolinguistik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
Dhieni, Nurbiana dkk. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.
Diane E.Papalia, Sally Wendkos Old, Ruth Duskin Feldman, Human Development, Alih Bahasa oleh A.K Anwar, Jakarta:Kencana,Edisi ke 9, 2008
Doman, Glenn Doman & Janet. How to Teach your Baby to Read (Bagaimana Mengajar bayi Anda Membaca Sambil Bermain) alih bahasa Grace Satyadi. Jakarta: PT Tigaraksa satria, 2006.
Elizabet B. Hurlock, Perkembangan Anak, PT Gelora Aksara Pratama, 1978
Fasold, Ralp W. An Introduction to Language and Linguistcs. New York, Combridge University Press, 2006.
Haistock, Elizabeth G. Montessori Untuk Sekolah Dasar, Terjemahan dari Teaching Montessori in Home The School Years. Jakarta : Delapratasan Publishing, 2002.
Hurlock, Elizabeth, Perkembangan Anak jilid 1, Jakarta:Erlangga, 1978
Husnaini, Nani. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Buku Besar,. Jakarta: PPs UNJ, 2010.
Jamaris, Martini. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak: Pedoman bagi Orang Tua dan Guru, Jakarta: Grasindo, 2006
Beck, Joan, Meningkatkan Kecerdasan Anak, , Pustaka Delapratasa, Jakarta,2000
Metode Pengajaran Montessori Untuk Anak Pra-Sekolah, Elizabeth G.Hainstock, Pustaka Delapratasa, Jakarta, 1999
Monks, F.J, A.M.P.Knoers dan Siti Rahayu. Psikologi Perkembangan :Pengantar dan Berbagai Bagiannya. Jogjakarta:Gadjah Mada University Press, 2004
Morrow, Lesley Mandel. Literacy Development in the Early Years. United State of America : Allyn and Bacon, 1993.
Mulyasa, H.E, Manajemen PAUD, Bandung : Penerbit PT Remaja Rosdakarya, 2012
Munandar, Utami, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta :PT Gramedia, 1999
Papalia, Diane E, Sally Wendkos Old dan Ruth Duskin Feldman, Human Development, Alih Bahasa oleh A.K Anwar. Jakarta:Kencana, 2008.
Rahim, Farida. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Richard, Jack et al. Longman Dictionary of Applied Linguistic. England: Longman Grouf Limited, 1985.
Santrock, John W. Perkembangan Anak. Alih Bahasa: Mila Rachmawati da Anna Kuswanti, Jakarta: Erlangga, 2007
Seefeldt, Carol & Barbara A. Wasik, Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah, Jakarta: Indeks, 2008
Semiawan, Conny, Belajar dan Pembelajaran Pra Sekolah,Jakarta: Indeks, 200
Siskandar, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta, Fasilitator, 2009
Susanto, Ahmad, Perkembangan Anak usia Dini, Jakarta : Kencana, 2011
Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam berbagai Aspeknya, Jakarta, Kencana Prenadamedia Group 2014
Tampubolon. Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca pada Anak. Bandung: Angkasa. 1998
Tarigan, Henry Guntur. Berbicara Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: PT Angkasa, 1987
Tarigan, Henry Guntur, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan BerBahasa, Bandung : Angkasa , 2008
Tim Penyusun Kamus, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa,Kamus Besar Bahasa Indonesia ( Edisi Ketiga ), Jakarta: Balai Pustaka, 2005 Wicaksana, Buat Anakmu Gila Membaca ( Buku Biru ),
Yulian, Nurani, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Penerbit Elexmedia, 2009
Dhieni Nurbiana, Metode Pengembangan Bahasa, Universitas terbuka
Satata, Sri, Bahasa Indonesia, Jakarta : Mitra Wacana Media, 2012

Most read articles by the same author(s)