Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Metode TPR (Total Physical Response)

Authors

  • Yuli Astutik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Choirun Nisak Aulina Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-53-9

Keywords:

Gerakan Fisik (Physical Response), Kosakata Dasar (Basic Vocabulary), Pembelajaran Interaktif (Interactive Learning)

Abstract

Judul : Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Metode TPR (Total Physical Response)

  • BAB I: HAKEKAT BAHASA
  • BAB II: TEORI PEMEROLEHAN BAHASA
  • BAB III: TAHAP PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI
  • BAB IV: KEMAMPUAN BAHASA ANAK SEKOLAH DASARMETODE PEMBELAJARAN BAHASA ASING PADA ANAK USIA DINI

Editor: M.Tanzil Multazam

Published by

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Press, Sidoarjo, 2017

ISBN:

  • ISBN : 978-979-3401-53-9

Deskripsi :

Metode Total Physical Response (TPR) adalah pendekatan pembelajaran bahasa yang mengintegrasikan aktivitas fisik dengan pemahaman bahasa. Metode ini dikembangkan oleh James Asher, yang berpendapat bahwa peserta didik akan lebih mudah memahami bahasa asing apabila mereka merespons instruksi secara fisik sebelum diminta untuk berbicara. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris, TPR menjadi salah satu metode yang efektif, terutama bagi siswa tingkat dasar, karena mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, aktif, dan bebas tekanan.

Fokus Utama :

Meningkatkan Pemahaman Kosakata dan Instruksi Dasar
Fokus utama TPR adalah membantu siswa memahami kosakata dan perintah sederhana dalam Bahasa Inggris melalui kombinasi antara bahasa dan gerakan tubuh, sehingga makna dapat dipahami secara langsung tanpa terjemahan.

Fitur Unik :

Bahasa Dipadukan dengan Gerakan Fisik
TPR menggabungkan instruksi bahasa dengan aksi fisik secara langsung. Siswa tidak hanya mendengar kata/frasa, tetapi juga melakukan gerakan yang sesuai sehingga pembelajaran menjadi multisensori.

Target Audiens :

Anak Usia Dini (PAUD/TK)
TPR sangat cocok untuk anak-anak yang belajar melalui gerakan, permainan, dan aktivitas fisik. Metode ini membantu mereka memahami bahasa tanpa harus membaca atau menulis terlebih dahulu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asher, J. (1968). Total Physical Response Method for Second Language Learning. San Jose: San Jose State College

Cher, Abdul dan Agustina, Leonie. .2004. Sosiolinguistik Perkenalamn Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik:Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2008 Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor.

Larsen & Freeman.(2000). Techniques and principles in language Learning. NewYork: Oxford University Press

Larsen - Freeman, Diane.(1986). Techniques and Principles in Language Teaching, NewYork: Oxford University Press

Mar’at, Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: PT Refika Aditama.

Papalia, D. E., Olds, S. W., Feldman, R.D. 2008. Human Development. New York: McGraw-Hill

Pranowo. 2009. Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Rachmawati, R., (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Total Physical Response (TPR) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Taman Kanak-Kanak (Penelitian Kuasi EksperimenDi TK-PG Darul Hikam Bandung).Universitas Pendidikan Indonesia,repository.upi.edu, perpustakaan.upi.edu

Richard, J & Rodgers, T.(2001). Approaches and Methods in Language Teaching (1st ed). Cambridge: Cambridge University Press

Samad, F & Tidore,N. 2015. Strategi pembelajaran bahasa inggris yang menyenangkan untuk Anak usia dini: Jurnal Cahaya PAUD

Suhartono.(2005). PengembanganKeterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Tarigan. (2009). Pengajaran Kedwibahasaan. Bandung:Angkasa

http://ceep.crc.uiuc.edu/pubs/katzsym/clark-b.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Second_language_acquisition http://sccac.lacoe.edu/cpin/network_meetings/2007Jan18/Fro

m%20Caterpillar%20to%20Butterfly/SecondLanguage AcquisitionLEspinosa.pdf

http://www.best4future.com/blog/how-children-acquire- second-languages http://tomysambora.blogspot.co.id/2014/12/kumpulan-games-untuk-mengajar-bahasa_16.html http://busyteacher.org/4246-tpr-tricks-5-fabulous-ways-to- use-total-physical.html

Downloads

Published

2025-12-10

How to Cite

Astutik, Y., & Aulina, C. N. (2025). Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Metode TPR (Total Physical Response). Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-53-9

Issue

Section

Text Book

Categories