Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Metode TPR (Total Physical Response)
DOI:
https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-53-9Keywords:
Gerakan Fisik (Physical Response), Kosakata Dasar (Basic Vocabulary), Pembelajaran Interaktif (Interactive Learning)Abstract
Judul : Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Metode TPR (Total Physical Response)
- BAB I: HAKEKAT BAHASA
- BAB II: TEORI PEMEROLEHAN BAHASA
- BAB III: TAHAP PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI
- BAB IV: KEMAMPUAN BAHASA ANAK SEKOLAH DASARMETODE PEMBELAJARAN BAHASA ASING PADA ANAK USIA DINI
Editor: M.Tanzil Multazam
Published by:
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Press, Sidoarjo, 2017
ISBN:
- ISBN : 978-979-3401-53-9
Deskripsi :
Metode Total Physical Response (TPR) adalah pendekatan pembelajaran bahasa yang mengintegrasikan aktivitas fisik dengan pemahaman bahasa. Metode ini dikembangkan oleh James Asher, yang berpendapat bahwa peserta didik akan lebih mudah memahami bahasa asing apabila mereka merespons instruksi secara fisik sebelum diminta untuk berbicara. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris, TPR menjadi salah satu metode yang efektif, terutama bagi siswa tingkat dasar, karena mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, aktif, dan bebas tekanan.
Fokus Utama :
Meningkatkan Pemahaman Kosakata dan Instruksi Dasar
Fokus utama TPR adalah membantu siswa memahami kosakata dan perintah sederhana dalam Bahasa Inggris melalui kombinasi antara bahasa dan gerakan tubuh, sehingga makna dapat dipahami secara langsung tanpa terjemahan.
Fitur Unik :
Bahasa Dipadukan dengan Gerakan Fisik
TPR menggabungkan instruksi bahasa dengan aksi fisik secara langsung. Siswa tidak hanya mendengar kata/frasa, tetapi juga melakukan gerakan yang sesuai sehingga pembelajaran menjadi multisensori.
Target Audiens :
Anak Usia Dini (PAUD/TK)
TPR sangat cocok untuk anak-anak yang belajar melalui gerakan, permainan, dan aktivitas fisik. Metode ini membantu mereka memahami bahasa tanpa harus membaca atau menulis terlebih dahulu.
Downloads
References
Asher, J. (1968). Total Physical Response Method for Second Language Learning. San Jose: San Jose State College
Cher, Abdul dan Agustina, Leonie. .2004. Sosiolinguistik Perkenalamn Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik:Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, Soenjono. 2008 Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor.
Larsen & Freeman.(2000). Techniques and principles in language Learning. NewYork: Oxford University Press
Larsen - Freeman, Diane.(1986). Techniques and Principles in Language Teaching, NewYork: Oxford University Press
Mar’at, Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: PT Refika Aditama.
Papalia, D. E., Olds, S. W., Feldman, R.D. 2008. Human Development. New York: McGraw-Hill
Pranowo. 2009. Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Rachmawati, R., (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Total Physical Response (TPR) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Taman Kanak-Kanak (Penelitian Kuasi EksperimenDi TK-PG Darul Hikam Bandung).Universitas Pendidikan Indonesia,repository.upi.edu, perpustakaan.upi.edu
Richard, J & Rodgers, T.(2001). Approaches and Methods in Language Teaching (1st ed). Cambridge: Cambridge University Press
Samad, F & Tidore,N. 2015. Strategi pembelajaran bahasa inggris yang menyenangkan untuk Anak usia dini: Jurnal Cahaya PAUD
Suhartono.(2005). PengembanganKeterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Tarigan. (2009). Pengajaran Kedwibahasaan. Bandung:Angkasa
http://ceep.crc.uiuc.edu/pubs/katzsym/clark-b.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Second_language_acquisition http://sccac.lacoe.edu/cpin/network_meetings/2007Jan18/Fro
m%20Caterpillar%20to%20Butterfly/SecondLanguage AcquisitionLEspinosa.pdf
http://www.best4future.com/blog/how-children-acquire- second-languages http://tomysambora.blogspot.co.id/2014/12/kumpulan-games-untuk-mengajar-bahasa_16.html http://busyteacher.org/4246-tpr-tricks-5-fabulous-ways-to- use-total-physical.html
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2017 Yuli Astutik, Choirun Nisak Aulina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.