Buku Ajar Micro Teaching

Main Article Content

Fika Megawati
Yuli Astutik

Abstract

Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT, sehingga Buku Ajar Micro Teaching ini dapat disusun dengan baik meskipun perlu penyempurnaan lebih lanjut. Micro Teaching merupakan mata wajib kuliah di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Buku ajar Micro Teaching ini dikhususkan untuk pegangan Mahasiswa semester 6. Tidak terdapat mata kuliah prasarat yang harus diselesaikan sebelum mengambil mata kuliah ini.


Penulisan buku ajar Micro Teaching ini ditulis dalam 4 bab yang berisi:


Chapter 1 Micro Teaching Dalam bab 1 ini dijelaskan tentang definisi Micro Teaching dan perbedaannya dengan real teaching.


Chapter 2 Lesson Planning Dalam bab 2 dijelaskan cara menyusun lesson plan mata pelajaran Bahasa Inggris pada level SMP dan SMA/SMK.


Chapter 3 Teaching Strategies Dalam bab 3 ini dijelaskan tentang variasi strategi pembelajaran Bahasa Inggris yang meliputi empat keterampilan, Listening, Speaking, Reading, and Writing dan diintegrasikan dengan teknologi.


Penulis menyampaikan terima kasih khususnya kepada:


  1. Hidayatulloh, M.Si yaitu Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang telah memberikan dan memfasilitasi dalam penulisan buku ajar ini.

  2. DRPM Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang telah memfasilitasi dan mengkoordinasi dalam penulisan buku ajar ini.

  3. Akhtim Wahyuni, M.Ag. sebagai Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Universitas Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Akhir kata, saran perbaikan sangat diharapkan untuk penyempurnaan buku ajar ini. Harapan kami semoga buku ajar ini dapat digunakan sebagai tambahan informasi dan bermanfaat bagi aktivitas pembelajaran mata kuliah Micro Teaching di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Megawati, F., & Astutik, Y. (2021). Buku Ajar Micro Teaching. Umsida Press, 1-101. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6292-26-6
Issue
Section
Buku Ajar

References

Airasian, P. W., & Gullickson, A. (1994). Teacher self-assessment: Potential and barriers. Kappa Delta Pi Record, 31(1), 6-10.
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Avivi, M. (2020). The Effect of Instagram Caption through Process Approach on Students’ Writing Skill in Recount Text at SMK Negeri 1 Beji
Bartell. (2004). The Challenges Facing by Begining Teachers. Retrieved August 2,2016 from https://us.corwin.com/upm-data/6940_bartell_ch_1.pdf
Beni. (2010). Hakikat Microteaching.
Kusmawan, U. (2017, Summer). Online Microteaching: A Multifaceted Approach to Teacher Professional Development. Journal of Interactive Online Learning, 42-56.
Megawati, F. (2018). Modul Micro Teaching. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Hartono, B. (2010). Pengajaran Mikro: Strategi Pembelajaran Calon Guru/Guru Menguasai Keterampilan Dasar Mengajar. Semarang: Widya Karya.
Roestiyah, (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Sudrajat. (2009). pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi.
Kochhar, S.K. (2008). Pembelajaran Sejarah Teaching of History. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Moughamian, A. C., Rivera, M. O., & Francis, D. J. (2009). Instructional Models and Strategies for Teaching English Language Learners. Center on Instruction.
Garlach and Ely. (1980). Pengembangan Pendidikan. Jakarta: PT Aksara Belia.
Oxford, R. L. (1990). Language Learning Strategies: What Every Teacher Should Know. Boston: Heinle and Heinle Publishers.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction.
Ken Hyland. (2003). Second Language Writing. Cambridge: Cambridge University Press
Richards, J. C., Theodore, S. Rodgers. (2001). Approaches & Methods in Language Teaching Cambridge University Press, pp.263
Richard, J. C. & Renandya, W. A .(Eds.). (2002). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press. p. 84- 87
Raymond, M. (2019). Essential grammar in use.
Yang, L. (2017). The problems of and solutions to micro-teaching for English pedagogical students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 40, 147-52. https://id.scribd.com/document/170093761/Remedial-vs-Enrichment-Material