Integrasi Nilai Islam melalui Lagu pada Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Communicative Language Teaching (CLT)
Abstract
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga buku ini dapat terselesaikan dengan baik. Buku ini hadir sebagai upaya untuk menggabungkan pendidikan bahasa dengan nilai-nilai keagamaan, khususnya melalui penggunaan lagu-lagu Islami dalam pembelajaran bahasa Inggris.Pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan Communicative Language Teaching (CLT) telah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. Melalui pendekatan ini, siswa diajak untuk aktif berpartisipasi dalam proses belajar mengajar, mengembangkan keterampilan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis dalam konteks yang bermakna. Integrasi lagu-lagu Islami dalam pendekatan ini tidak hanya membantu siswa memahami dan menggunakan bahasa Inggris, tetapi juga menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual yang penting.Kami berharap buku ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi pembaca dalam mengembangkan metode pengajaran yang efektif dan bermakna. Kami menyadari bahwa penyusunan buku ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan dan kritik yang membangun dari pembaca untuk perbaikan di masa yang akan datang. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi positif bagi dunia pendidikan.
Downloads
Metrics
References
Islamic Values in Teaching English: Lessons Learned
from an Integrated Islamic School. Elsya : Journal of
English Language Studies, 4(1), 1–11.
https://doi.org/10.31849/elsya.v4i1.7322
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis in
Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2),
77–101.
https://doi.org/https://doi.org/10.1191/1478088706qp063
oa
Farrell, Thomas, S. C. (2012). Novice-Service Language
Teacher Development: Bridging the Gap Between
Preservice and In-Service Education and Development.
TESOL Quarterly, 46(3), 435–449.
https://doi.org/https://doi.org/10.1002/tesq
Majumdar, A. (2022). Thematic Analysis in Qualitative
Research. Research Anthology on Innovative Research
Methodologies and Utilization Across Multiple
Disciplines, 604–622. https://doi.org/10.4018/978-1-
6684-3881-7.ch031
Rohmana, W. I. M. (2020). Immersing Islamic Value in
English Language Teaching: A Challenge for English
Teachers. Scope : Journal of English Language
Teaching, 5(1), 47.
https://doi.org/10.30998/scope.v5i1.6404
116
Sholeh, M. B., Ahsin, N., Alany, Z., & Fatimah, F. (2022).
The Integration of Religious Moderation Values in
English Language Teaching in Madrasah. Proceedings
of the International Conference on Madrasah Reform
2021 (ICMR 2021), 633(Icmr 2021), 178–185.
https://doi.org/10.2991/assehr.k.220104.027
Suhud, W. (2018). an Analysis of the Integration of the
Islamic Values. Ar-Raniry State Islamic University
Darussalam.
Copyright (c) 2024 Fika Megawati, Sheila Agustina, Fitria Wulandari, Nada Salsabila, Saffana Salsabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the Umsida Press right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this platform.