Pembuatan Video Pembelajaran Kinemaster

  • Noly Shofiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Choirun Nisak Aulina Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nur Efendi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Manarul Laily Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Video, Pembelajaran, Kinemaster

Abstract

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga Modul Pembuatan Video Pembelajaran Kinemaster ini dapat disusun dengan baik meskipun perlu penyempurnaan lebih lanjut. Modul ini merupakan luaran dari Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Judul “PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DALAM PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN SAINS AUD BERBASIS SMARTPHONE”. Modul Pembuatan Video Pembelajaran Kinemaster ini diperuntukan bagi seluruh pendidik/guru dari tingkat dasar sampai menengah yang ingin membuat video pembelajaran dengan mudah menggunakan smartphone yang dimiliki. Pada masa pandemic ini, seluruh pembelajaran tatap muka ditiadakan dan diganti dengan belajar dari rumah (BDR) secara daring (online) guna menghindari penularan Virus Corona. Pembelajaran daring ini selain memberikan dampak positif juga membawa dampak negative pada proses belajar siswa di rumah. Pembelajaran daring memiliki manfaat seperti guru dapat dengan mudah memberikan materi kepada anak berupa gambar, video, dan audio dimana saja dan kapan saja. Namun pembelajaran daring juga menjadi masalah bagi guru karena dituntut untuk berinovasi dalam pengajaran agar siswa tetap belajar sebagaimana mereka lakukan di sekolah. Guru dituntut untuk mampu membuat video pembelajaran dengan konten yang benar dan menarik siswa untuk belajar. Salah satu aplikasi di smartphone dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan oleh guru untuk membuat video pembelajaran yang menarik adalah Kinemaster.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

-
Published
2021-09-25
How to Cite
Shofiyah, N., Aulina, C. N., Efendi, N., & Laily, M. (2021). Pembuatan Video Pembelajaran Kinemaster. Umsida Press, 1-47. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6292-13-6
Issue
Section
Modul