Buku Ajar Inovasi Konselor Sebaya di Sekolah (Dalam Perspektif Pendidikan Islam)

Main Article Content

Eni Fariyatul Fahyuni

Abstract

Inovasi konselor sebaya di sekolah merupakan bagian paling penting dari sebuah layanan pendidikan di sekolah. Untuk mencapai optimalisasi layanan bimbingan dan konseling, sejumlah upaya mesti dilakukan, diantaranya menerapkan berbagai pendekatan (individu, kelompok, dan klasikal), memberdayakan segenap potensi, serta mengembangkan media layanan yang diperlukan guna menyalurkan pesan bimbingan dan konseling yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa/konseli untuk memahami diri, mengarahkan diri, mengambil keputusan serta memecahkan masalah yang dihadapi. Buku ini disusun dalam rangka merancang dan memfasilitasi calon konselor, konselee, terapis, dan pemerhati profesi konseling mempelajari, mendalami, serta meningkatkan kemampuan mengembangkan dan memanfaatkan media dalam menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling islami di sekolah untuk memahami diri, mengarahkan diri, mengambil keputusan serta memecahkan masalah yang dihadapi.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Fahyuni, E. F. (2021). Buku Ajar Inovasi Konselor Sebaya di Sekolah (Dalam Perspektif Pendidikan Islam) . Umsida Press, 1-77. https://doi.org/10.21070/2018/978-979-3401-93-5
Issue
Section
Buku Ajar

References

Ahmad Juntika Nurihsan. 2005. Strategi layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT.Refika Aditama.
Ali, O.M., Milstein, G., dan Marzuk, P.M. 2011. “The Imam’s Role in Meeting the Counseling Needs of Muslim Communities in the United States”. Psychiatric Services, Februari 2005 Vo. 56
Arlhouns, J.F. 1995. Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan kemanusiaan (Terjemaham R.S. Satmoko). Semarang: IKIP Press.
Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor. Naskah Akademik ABKIN
Fahyuni, Eni Fariyatul & Istikomah, 2016. Psikologi Belajar Mengajar (Kunci Sukses Guru dan Peserta Didik dalam Interaksi Sosial). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Fahyuni, Eni Fariyatul. & Bandono, Adi. Pengembangan Media Cerita Bergambar Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Halaqa: Jurnal Kependidikan dan KeislamanVol 14. No. 1. April 2015.75-89
Fahyuni, Eni Fariyatul. & Bandono, Adi. The use of value clarification technique-based- picture story media as an alternative media to value education in primary school.HARMONIA: Journal of Arts Research and Education 17 (1) (2017), 68-74
Fahyuni, Eni Fariyatul. & Fauji, Imam. Pengembangan Komik Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Halaqa: Islamic Education Journal 1 (1), Juni 2017, 17-26
Fahyuni, Eni Fariyatul. (2017). Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Prinsip dan Aplikasi dalam Studi Pemikiran Islam). Sidoarjo: Umsida Press.
Hadi. 2013. Pemahaman konsep sekolah tentang tugas perkembangan siswa dan layanan yang diberikan. Jakarta: Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2, No. 1
Hallen A. 2002. Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: Ciputat Press.
Kamaluddin. Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jakarta: Jurnal: Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 17 No.4
Kartadinata, S, dkk. (1998). Bimbingan di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Menteri Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Nomor 22 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Mu’awanah, E. dan Hidayah, R. 2009. Bimbingan dan Konseling Islami di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurdyansyah., & Fahyuni, E.F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning.
Nurihsan, Achmad Juntika. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditam.
Nursalim, Mochammad dan Suradi SA. 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: UNESA University Press
Prayitno & Amti, E. (2013). Dasar-dasar bimbingan dan konseling (cet. 3). Jakarta: Rineka Cipta.
Siregar. 2013. Peranan Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jakarta: logaritma. Vol. 1 No. 1
Sukardi., Drs. Dewa Ketut, Dasar-dasar Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Penerbit Usaha Nasional, Surabaya, Cet.III 1985
Walgito, B. 2005. Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir). Yogyakarta: Andi

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2