Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi (Prinsip Dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam)

  • Eni Fariyatul Fahyuni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Teknologi, Informasi, Komunikasi

Abstract

Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah Swt, karena hanya atas rahmad, hidayah serta inayahNya buku ajar mahasiswa yang berjudul “Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Prinsip dan Aplikasi dalam Studi Pemikiran Islam)” dapat terselesaikan dengan baik. Buku ajar ini disusun dan dibuat berdasarkan materi-materi yang ada yang bertujuan agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan siswa dalam belajar serta agar siswa juga dapat memahami
nilai-nilai dasar Islami yang dikembangkan manusia dalam berpikir dan bertindak. Buku ajar ini membantu memahami sistem informasi yang dimulai dari perkembangan komputer, karena sistem informasi saat ini tidak bisa lepas dari perkembangan komputer. Selain itu beberapa konsep yang terdapat dalam
sistem informasi juga dibahas dalam buku ini. Buku ajar ini lebih khusus diperuntukkan kepada para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang sedang mengambil mata kuliah pembelajaran ICT atau mahasiswa universitas lainnya yang juga mempelajari mata kuliah yang serupa. Oleh karena itu beberapa contoh dan latihan yang ada pada buku ajar ini sebagian diambil dari dunia kemahasiswaan. Mudah-mudahan dengan mempelajari buku
ini, para siswa akan mampu menghadapi masalah-masalah atau kesulitan-kesulitan yang timbul dalam pembelajaran dan dengan harapan semoga siswa mampu berinovasi dan berkreasi dengan potensi yang dimiliki. Kami menyadari bahwa dalam pembuatan buku ajar Teknologi Informasi dan Komunikasi ini masih terdapat Teknologi, Informasi, dan Komunikasi kekurangan sehingga penulis berharap saran dan kritik dari pembaca sekalian agar penulis dapat meningkatkan dan memperbaiki penyajian materi yang lebih baik dari sebelumnya. Akhir kata penulis ucapkan terima kasih.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Azhar Arsyad. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Agustiani Hendriati. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung. PT Refika Aditama

Alfian. 2010. Membuat Presentasi Menakjubkan dengan Microsoft Power Point. Mediakita.

Arends. 1997. Classroom Instructional and Management. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Atang Gumawang. 2007. Belajar Otodidak Word, Excel, Power Point XP. (Cetakan ke-20). Bandung: Informatika.Bandung.

Banks, Teresa. 2000. “Teaching Learning Process: Assess, Plan, Implement, Evaluate, Document”. Journal of Research in Science Teaching.

Benyamin S. 1979. Taksonomy Of Educational Objectives (The Clasification of Educational Goals). Handbook I Cognitive Domain. London: Longman Group Ltd

Budi Murtiyasa. 2012. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Surakarta : FKIP Univ. Muhammadiyah Surakarta. [On-Line].http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel%20&%20 Jurnal/Inovasi%20 Dalam%20Pendidikan/TIK_inEduMath.pdf

Budiman.2003. Etika Profesi Guru. Yogyakarta: Mentari Pustaka Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Daniel J. 2012. ICT dan Pembelajaran (Kurikulum untuk Sekolah dan Program Pengembangan Guru), terjemahan dari Information and Communication Technology in Education (A Curriculum for Schoolsand Programme of Teacher Development). Jakarta : Referensi.

Danim S. 2010. Media komunikasi pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara. Cet. 3.

Daradjat, Zakiah. 1991. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Bumi Angkasa

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara

Dick, W.and Carey, L. 1996. The sistematic Desaign Intruksional. New York: Longman.

Dimyati dan Mudjiono, (2009),Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamaroh, Syaiful Bahri. 2001. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Golu, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo

Hamalik, Oemar. 2011. Proses belajar mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hanafiah, Nanang, dkk. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama

Jhonson, B. 2002 Contextual Teaching Learning.Terjemahan oleh Ibnu Setiawan dan Ida Sitompul. 2007. Bandung: Mizan Learning Centre.

Joyce, B. dan Weil, M. 1996. Model Of Teaching. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Kemendiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang

Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : Kemendiknas.

Literacy 2005 Years 6 and 10, An Assessment Domain for ICT Literacy, http://www.iste.org/Libraries/PDFs/Australia_ICT_Assess

ment.sflb.ashx/.(Diakses 2 Agustus 2014). Marhaeni, A.A.I.N. 2012. Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Mayer, RE & Moreno, R. 2010b. TechniquesThat Reduce Extraneous Cognitive Load and Manage Intrinsic Cognitive Load during Multimedia Learning. Dalam JL.

Plass, R. Moreno, & R. Brunken (Eds.). Cognitive Load Theory (hlm.131-149). New York: Cambridge University Press.

Mayer, RE. 2009a. Multimedia Learning: Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Terjemahan Teguh Wahyu Utomo. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda

Munir. 2008. Kurikulum Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Munir. 2009. Kontribusi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan di Era Globalisasi Pendidikan

Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2. Negeri Yogyakarta.Nasioanalpengertian- dan-manfaat-multimedia-pembelajaran), diakses 11 Nopember 2011.

Piaget, J. 1971. Psychologi and Epistemology. New York: The Viking Press.

Prawiradilaga, 2009. Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Prupuh Faturrohman dan Sutino Shobri. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama

Rusman. 2010a. Model-model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Rusman. 2011b. Model-model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT.Grafindo Persada.

Rustam, K.R. 2011. Pembelajaran Berbasis TIK, Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2008b. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Sanjaya, Wina. 2006a. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Prenada Media Group .

Slamento .1998. Evaluasi pendidikan . Jakarta. Bina Aksara

Sudjana,Nana. 2010. Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya

Suparman. 1997. Desain Intruksional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Surya, M. 2008. Potensi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kelas. (online). akses 13 Pebruari 2009. http://eko13.wordpress.com/2008/04/12/potensi- teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam- peningkatan-mutu-pembelajaran-di-kelas/

Suyanto, Kasihani K.E. 2009. Model Pembelajaran (Malang: Universitas Negeri Malang).

Tandeur Jo, etal. 2006. Curricula and the use of ICT in education: Two worlds apart, British Journal of Educational Technology.

Trianto. 2007a. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Trianto. 2009b. Mendesain Strategi Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2010c. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Prograsif. Jakarta : Prenada Media

Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012, Tentang Pendidikan Tinggi

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan

Published
2021-08-22
How to Cite
Fahyuni, E. F. (2021). Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi (Prinsip Dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam). Umsida Press, 1-231. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-60-7
Issue
Section
Text Book

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>