Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar

Main Article Content

Feri Tirtoni
Machful Indra Kurniawan

Abstract

Puji Syukur kami ucapkan kehadirat Allah Subhanahu WaTa’ala dan shalawat serta salam salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Pendidikan adalah hal yang utama bagi para insan manusia agar mereka dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berintelektual dan mampu bersaing untuk memajukan bangsa Indonesia. Buku Strategi Belajar Mengajar di SD ini sangat dibutuhkan mahasiswa S1 PGSD dan akademisi dunia pendidikan, sebab Latar belakang dari penyusunan buku ini adalah sebuah pemikiran bahwa kemampuan dalam aplikasi model dan media pembelajaran adalah sebuah hal yang kelak akan menjadi sebuah pionir utama dalam upaya mensukseskan KBM dan tentunya
dalam menerapkan sebuah perilaku berkarakter kepada siswa SD sehingga para guru maupun calon guru diharapkan memiliki sebuah kemampuan dalam melakukan sebuah inovasi dan strategi guna mengembangkan pembelajaran pada mata pelajaran di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Tirtoni, F., & Kurniawan, M. I. (2022). Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Umsida Press, 1 - 150. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-049-6
Issue
Section
Buku Ajar

References

Abdullah. (2017). Pendekatan Dan Model Pembelajaran. Edureligia, 01(01), 45–62. Anitah W., Sri. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Cet.21;Ed.1. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Ardiwansyah, B. (2018). Karakter Guru Muslim di Sekolah Dasar Cahaya Bangsa Metro. Dhofir, M. (1375). Karakteristik Guru Profesional.
Asmadawati. 2014. Keterampilan Mengelola Kelas. Logaritma Vol. II, No.02 Juli 2014 1. II(02), 1–12.
Asrori, Mohammad.2016. Pengertian, tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah : 26
Brown, George. 1975. Micro Teaching Programme of Teaching Skills. London: Butlen Tanner Ltd.
Dewi, Y. A. S., Munawaroh, D. A., & Hayati, R. M. (2021). Metode Teacher Centered Learning (TCL). Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 760–769.
Dick, W., Carey,L & Carey.J.O.(1996) The Systematic Design of instruction.Florida
Dra. Asmadawati, M. (Juli 2014). Keterampilan Mengelola Kelas. Logaritma Vol.II, No.02, 1- 12.
Drs. Muhammad Ramli, M. (2012). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: Antrasari Press.
EVALUASI BELAJAR PESERTA DIDIK (SISWA). VOL. I, NO. 2 diakses pada http://journal.uin alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/4269
Farisi, M. I. ( Maret 2006). Penataan Lingkungan Kelas Pembelajaran Di Sekolah Dasar : Kajian Kontekstual Dan Konseptual Dari Perspektif Konstruktivisme. Didaktika, Vol 1 No. 1, 25-42.
Gasong, Dina. Belajar dan pembelajaran. Deepublish, 2018.
Gage dan Berliner. 1984. Educational Psyghology. Chicago: Rand MC Nally Collage Publishing Company. h. 335
Gerlach, V.S & Ely D.P (1980) Teaching And Media : A System Approach.Englewood Chffis. New Jersey : Prentice Hall Inc.
Indriyani, L. ( 2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No. 1,, 18-26.
Issaura Sherly Pamela, F. C. (November 2019). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas. Edusteam Jurnal Pendidikan Dasar, 23-30.
Haidir & Salim. (2012). Strategi Pembelajaran, (suatu pendekatan bagaimana meningkatkan kegiatan belajar siswa secara transformatif). Jl. Sosro No. 16-A Medan
Habibi, Muazar. "Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar." INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 17.1 (2012
Harisman T. 2015. Dasar Pertimbangan Memilij Stategi, Metode, teknik Dalam Pembelajaran Jurnal Pendidikan : 1-11
Hayati,Fitri.,Neviyarni.,Irdamurni.(2021).Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar :Sebuah Kajian Literatur.Vol5
Helmiati. 2013. Microteaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Henry Ellington. 1984. Teknologi Pendidikan, Jakarta : Erlangga
Indriyani, L. ( 2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No. 1,, 18-26.
Issaura Sherly Pamela, F. C. (November 2019). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas. Edusteam Jurnal Pendidikan Dasar, 23-30.
Kadir, Abd, and Hanun Asrohah. "Pembelajaran tematik." (2015).
Kholisotin, Lilik. (2014). Strategi Pembelajaran Tematik Kelas Awal di SD Muhammadiyah. EduSains Volume 2 Nomor 1, ISSN 2338-4387.
LANGKAH-LANGKAH DAN TEKNIK EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM. Vol. 6, No. 1 diakses pada http://jurnal.uin antasari.ac.id/index.php/ptkpend/article/download
Lidi, M. W. (2018). Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Fondasia, 9(1), 15–26.
Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19 . Jurnal Basicedu, 2098.
Mansyur, M. 2017. Keterampilan Dasar Mengajar dan Penguasaan Kompetensi Guru (suatu Proses Pembelajaran Micro). El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 130-147
Muhammad Afandi, S. M. (2013). Pembelajaran Di Sekolah. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah.
Mujahida, R. (2019). Analisis Perbandingan Teacher Centered Learning dan Learner Centered.
Journal of Pendagogy, 2(2), 323–331.
Mohammad Asrori. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Ninla Elmawati Falmabiba. 2019. Pendekatan Sceintific. 9-34
Nurdyansah F. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajran Aktif Terhadap hasil Belajar Madrasah Obtiaiyah. Jurnal Penididikan : 929-930
Pamela, Issaura Sherly.Dkk. 2019. Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar. E-ISSN: 2614-4417, Vol 3 no-2, 23–30.
Pembelajaran, D., Di, B., Dasar, S., & Rendah, K. (2016). Penerapan Pendekatan Pengalaman Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1).
Rhamayanti, Y. (2018). Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar bagi Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan Matematika. Eksakta Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 3.
Sabani,Fatmaridha.(2019).Perkembangan Anak-anak selama masa SD (6-7 tahun). Jurnal Kependidikan.Vol8
Sahrandi, A., Saparwandi, & Febry, agung is hardiyana. (2021). APLIKASI REMEDIAL TEACHING DALAM KURATIF DAN PREVENTIF PROBLEMATIKA BELAJAR
SISWA. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2, 109–135.
Salay, R. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) Dengan Student Centered Learning (SCL).
Sari, P. K., Khaerani, S., & Mega Achdisty Noordyana. (2017). Penerapan pendekatan proses pada pembelajaran tematik siswa sekolah dasar. HOLISTIKA Jurnal Ilmiah PGSD, 1(2), 109–112.
Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241.
Shafa. (2014). Karakteristik Pembelajaran Kurikulum 2013 . Dinamika Ilmu, 84.
Sobon, K. (2017). Pembentukan Karakteristik Guru Lasallian Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Kosmas. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 16
Sugiyar. S. 2016. Paket 9 Strategi Pembelajaran Tematik.
Sukirman, Dadang dan Mahmad Kasmad. 2006. Pembelajaran Mikro. Bandung: UPI PRESS Sundari, Siti Fitri.Dkk. 2020. Keterampilan Dasar Mengajar. Bogor. Program Studi Pendidikan
G Indriyani, L. ( 2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No. 1,, 18-26.
Sungkono. (Mei 2008). Pemilihan Dan Penggunaan Media Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran nomor 1, vol.4, 71-80.
Suprapto, E. (Mei 2015). Peranan Media Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Volume 1 Nomor 1, 10-22.
Tafonao, T. (Juli 2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, , 103-114.
Sururiyah, L. (2018). Efektivitas Penerapan Remedial Teaching Terhadap Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Pelajaran. Jurnal EduTech, 4(1), 59–71.
Tafonao, T. (Juli 2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, , 103-114.
Wahyulestari, Mas Roro Diah. 24 Maret 2018. KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia.
Welven Aida, P. 2019. Analisis Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching) Mahasiswa Angkatan I Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir. Jurnal Ilmiah Edu Research, 8(2).
Widyastuti, Dewi Dyah. Februari 2017. KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR. Vol. XII No. 01.
Wuri Wuryandani, B. M. ( Juni 2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 286-294.
Y. Efektif, D. P. (2011). Karakteristik Guru dan Sekolah yang Efektif dalam Pembelajaran.
Zulfanidar.Dkk. 2016. Keterampilan Guru Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Di Sd Negeri Garot Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Zulhimma, Z. (2015). Urgensi micro teaching dalam meningkatkan keterampilan mengajar calon guru. DARUL'ILMI: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 3(2), 10-21

Most read articles by the same author(s)