Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar

Main Article Content

Feri Tirtoni

Abstract

Alhamdulillahirabbil'aalamin, puji syukur kehadirat Allah SWT Yang Maha pengasih dan penyayang. Kiranya tanpa karunia-nya, mustahil naskah buku ini dapat terselesaikan tepat waktu. Memasuki era perubahan zaman yang multidimensi ini diperlukan suatu perubahan besar guna menyongsongnya, khususnya perubahan besar dalam dunia pendidikan. Guru SD Semakin dituntut memiliki kemampuan pedagogis yang maksimal agar mampu dan bisa berjalan seiring dengan global nya perubahan zaman saat ini . Permasalahan dalam aktifitas pembelajaran di sekolah memerlukan sebuah tindak lanjut yang maksimal agar segera diketahui bagaimana solusi pemecahan masalahnya. Kurikulum K-13 telah membawa sebuah perubahan yang cukup besar untuk kembali memahami harfiah dari sebuah pembelajaran terpadu yang menjadi ruh dalam pelaksanaan KBM dalam K-13 yang berbasis pada pembelajaran saintific.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Tirtoni, F. (2017). Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Umsida Press, 1-550. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-61-4
Issue
Section
Buku Ajar

References

Abuddin Nata. 2009. Perspektif Islam tentang Stategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
Agus, Cahyo, CV.Budi Utama.Panduan Aplikasi teori-teori Belajar Mengajar Aktual dan Terpopuler. Jogjakarta: DIVA Press
Amir, M Taufiq. 2008. Inovasi pendidikan melalui problem based learning.Jakarta :Kencana prenada media group.
Anita Ekasari , Asrori, Dede Suratman. 2014. “Pengembangan Model Pembelajaran Tematik melalui media Adobe flash dikelasIII SD Islam Al Azhar 21 Pontianak”.
Anitah W, Sri. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan.Universitas Terbuka.
Anitah, Sri. 2009. StrategiPembelajaranTerpadu.Jakarta. Universitas Terbuka
Anonim. 2003. Kurikulum 2004 Mata Pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta: Depdiknas
Arends Richard I. 2008. Learning to teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arif Rohman, Memahami Ilmu Pendidikan, CV Aswaja Pressindo, Yogyakarta ; 2013
Arikunto Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto.Suharsimi, 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta : PT.Bumi Aksara.
Asep,dkk.2008.Pembelajaran Terpadu di SD.Jakarta:Universitas Terbuka
Atwi, Suparman. 1997. Desain instruksional. Jakarta: PAU – PPAI Universitas Terbuka
Collins, Gillian dan Hazel. 1991. Integrated Learning Australia, Gosford; Bookshelf Publishing Australia and Multimedia International Ltd.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Depdiknas. 2006. PanduanPengembanganPembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Depdiknas. Dikti
Dimyati. 2010. Peran Guru sebagai Model dalam Pembelajaran Karakter dan Kebajikan Moral Melalui Pendidikan Jasmani, dalam Cakrawala Pendidikan, (Yogyakarta, UNY, Mei 2010, Th XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY). DinasPendidikan. 2013. GambaranUmumKondisiPendidikan. Diaksesdarihttp://disdikbatam.org/dinas/red stra6-Gambaran-Umum-Kondisi-Pendidikan.htmlpadatanggal 21 Mei 2013.
Dr. Mulyasa.E,2007, kurikulum tingkat satuan pendidikan, Bandung : penerbit PT remaja rosdakrya.
Dr. Ruhimat Toto, M.Pd.1987.Prosedur Pembelajaran.Gramedia
Drs.Hadi Tisno dan Dra.Siti Ida. 2004. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka
Drs.J.J Hasibuan, Dip.Ed,dan Drs.Moedjiono.1986. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : PT Pustaka Insan madani
Enok Maryani, 2010. Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial, Makalah dalam Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education: Join Conference UPI dan UPSI (Bandung: 8-10 November 2010).
Forgaty,Robin. 1991. How to Integrated the Curricula. Platine,Ilinois:IRI/Skylight Publising, Inc.
Giri, Prasetyo. 2012. Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu Model Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Hadi Tisno.2004.Pembelajaran Terpadu.Jakarta:Universitas Terbuka
Hadisubroto, dan L. Herawati S. 2000.PengembanganTerpadu: MateriPokok PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hamalik, Oemar. 1991. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Akasa.
Hamiyah Nur dan Jauhar Muhammad.2014.Strategi Belajar Mengajar dikelas.Jakarta:Prestasi Pustaka Jakarta.
Hernawan, Asep Herry., Resmini, Novi., Andayani . 2011. Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Herry, HermawanAsep. 2009. PembelajaranTerpadu di SD. Jakarta: Universitasterbuka
Hery Asep, dkk. Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Hery Asep,dkk. 2008. Pembelajaran Terpadu di SD.Jakarta: Universitas Terbuka
Hill.F Winfred.2011. Theoris of Learning Teori-teori Pembelajaran.Bandung: Nusa Media
Huda, Miftahul. 2008. Cooperativelearning.Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Ibid. 2006. Integrasi Pendidikan Agama Islam Pada Profesional. Jakarta: Rajawali Press
Joni, R. 1996. Pembelajaran Terpadu, Makalah Untuk Program Pelatihan Guru Pamong. (Jakarta: Dekdikbut).
Kunandar. 2008. Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo
Kurniawan, Deni. 2001. Pembelajaran terpadu Teori, Praktik dan Penilaian Panduan Bagi Mahasiswa Kependidikan, Guru, Pengawas, Penilaian Praktek Pembelajaran, Peminat dan Pemerhati
Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Cendkia utama.
Kurniawan, Deni. 2011. Pembelajaran Terpadu. Bandung:CV Pustaka Cendekia Utama
Majid Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Melayu, Jamaris. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Tingkat Sekolah Dasar. www.jamarismelayu.com (Di akses pada 08 Maret 2016)
Milan Rianto. 2006. Pendekatan, strategi, dan pembelajaran. Malang : Departemen Pendidikan Nasional
Moh. Suardi, 2015,Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: CV.Budi Utama,
Mu‟alimin, 2014.MenjadiSekolahUnggul, Yogjakarta: GandingPustaka.
Mulyatiningsih, Endang. 2010. Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan. Depok. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Mulyono Abdurrahman, 1999, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta:PT Rineka Cipta.
Nana Sudjanadan Ahmad Rivai. 1991. Media Pengajaran. Bandung: SinarBaru
Nasution, 1987. Teknologi Pendidikan. Bandung : CV.Jermmars Bandung.
Oliva, Peter. 1992. Developing the Curriculum. The University of Michigan: HarperCollins.
Pidarta, Made, 2007. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia.Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Prabowo. 1999. “Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar”. Makalah. Disampaikan pada Panel Diskusi Sosialisasi Pembelajaran Terpadu Sekolah Dasar Unggulan di Lamongan. Unesa : LPM Unesa.
Prabowo.2000.“Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Terpadu dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK Milenium III”.Makalah.Disampaikan pada Seminar dan Lokakarya Jurusan Fisika FMIPA UNESA bekerja sama dengan Himpunan Fisika Indonesia (HFI) dengan tema Optimalisasi Peranan Fisika Menghadapi
Perkembangan IPTEK Milenium III pada tanggal 10 Februari 2000. UNESA 2000.
Prof. Dr. H Oemar Hamalik,2011, Dasar-daar pengembangan kurikulum, Bandung :penerbit PT remaja rosdakarya.
Purwanto.Ngalim, 2008. Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya. PustakaCendekiaUtama
Qomari.Rohmad, 2008. Model – model evaluasi pendidikan. Universitas Islam Negeri Yogyakarta.
Resmini Novi dkk.2011.Pembelajaran Terpadu Di SD.Jakarta:Universitas Terbuka
Rusman, 2010, model-model pembelajaran, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada
Sanjaya, Wina.2011. perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sauri, Sofyan. 2011. Revitalisasi Pendidikan Sains dalam Pembentukan Karakter Anak Bangsa untuk Menghadapi Tantangan Global, Makalah dalam file.upi.edu. (Di akses pada 27 Januari Maret 2011)
Sobry, Sutikno. 2002. BeberhasilanBelajarMengajar, Jakarta: RinekeCipta,
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika diIndonesia.Jakarta: Ditjen
Sri Anitah W,dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Subroto, Hadi. 2004. Pembelajaran Terpadu,Jakarta: Pusat penerbitan universitas terbuka
Subroto, Tisno Hadi dkk. 2004. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka.
Subroto, Tisno Hadi, dan Ida Siti Herawati . 2004.Pembelajaran Terpadu. Jakarta:Universitas Terbuka
Subroto,Hadi.2004. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Pusat penerbitan Universitas Terbuka.
Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran
Tianto, 2007, Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek, Jakarta : prestasi pustaka publisher.
Tim pengembang PGSD. 1996. Pembelajaran Terpadu D-II dan S-2 Pendidikan Dasar.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Tisno dan Ida,dkk. 2008. Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Trianto, 2007. Model Pembelajaran terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Trianto,2010,Model Pembelajaran Terpadu,Surabaya: Bumi Aksara
Trianto. 2002. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta. Prestasi Pustaka.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta : Bumi Aksara
Trianto.2010.Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi, dan Implementasinya Dalam
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta:PT Bumi Aksara.
Trianto.2011.DesainPengembanganPembelajaranTematik. Jakarta. Kencana Pranada Media Group
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Most read articles by the same author(s)