2017
Buku Ajar

Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar


Feri Tirtoni
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Picture in here are illustration from public domain image or provided by the author, as part of their works
Published August 22, 2017
How to Cite
Tirtoni, F. (2017). Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Umsida Press, 1-550. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-61-4

Abstract

Alhamdulillahirabbil'aalamin, puji syukur kehadirat Allah SWT Yang Maha pengasih dan penyayang. Kiranya tanpa karunia-nya, mustahil naskah buku ini dapat terselesaikan tepat waktu. Memasuki era perubahan zaman yang multidimensi ini diperlukan suatu perubahan besar guna menyongsongnya, khususnya perubahan besar dalam dunia pendidikan. Guru SD Semakin dituntut memiliki kemampuan pedagogis yang maksimal agar mampu dan bisa berjalan seiring dengan global nya perubahan zaman saat ini . Permasalahan dalam aktifitas pembelajaran di sekolah memerlukan sebuah tindak lanjut yang maksimal agar segera diketahui bagaimana solusi pemecahan masalahnya. Kurikulum K-13 telah membawa sebuah perubahan yang cukup besar untuk kembali memahami harfiah dari sebuah pembelajaran terpadu yang menjadi ruh dalam pelaksanaan KBM dalam K-13 yang berbasis pada pembelajaran saintific.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

  1. Abuddin Nata. 2009. Perspektif Islam tentang Stategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
  2. Agus, Cahyo, CV.Budi Utama.Panduan Aplikasi teori-teori Belajar Mengajar Aktual dan Terpopuler. Jogjakarta: DIVA Press
  3. Amir, M Taufiq. 2008. Inovasi pendidikan melalui problem based learning.Jakarta :Kencana prenada media group.
  4. Anita Ekasari , Asrori, Dede Suratman. 2014. “Pengembangan Model Pembelajaran Tematik melalui media Adobe flash dikelasIII SD Islam Al Azhar 21 Pontianak”.
  5. Anitah W, Sri. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan.Universitas Terbuka.
  6. Anitah, Sri. 2009. StrategiPembelajaranTerpadu.Jakarta. Universitas Terbuka
  7. Anonim. 2003. Kurikulum 2004 Mata Pelajaran
  8. Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta: Depdiknas
  9. Arends Richard I. 2008. Learning to teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Arif Rohman, Memahami Ilmu Pendidikan, CV Aswaja Pressindo, Yogyakarta ; 2013
  11. Arikunto Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  12. Arikunto.Suharsimi, 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta : PT.Bumi Aksara.
  13. Asep,dkk.2008.Pembelajaran Terpadu di SD.Jakarta:Universitas Terbuka
  14. Atwi, Suparman. 1997. Desain instruksional. Jakarta: PAU – PPAI Universitas Terbuka
  15. Collins, Gillian dan Hazel. 1991. Integrated Learning Australia, Gosford; Bookshelf Publishing Australia and Multimedia International Ltd.
  16. Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
  17. Depdiknas. 2006. PanduanPengembanganPembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Depdiknas. Dikti
  18. Dimyati. 2010. Peran Guru sebagai Model dalam Pembelajaran Karakter dan Kebajikan Moral Melalui Pendidikan Jasmani, dalam Cakrawala Pendidikan, (Yogyakarta, UNY, Mei 2010, Th XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY). DinasPendidikan. 2013. GambaranUmumKondisiPendidikan. Diaksesdarihttp://disdikbatam.org/dinas/red stra6-Gambaran-Umum-Kondisi-Pendidikan.htmlpadatanggal 21 Mei 2013.
  19. Dr. Mulyasa.E,2007, kurikulum tingkat satuan pendidikan, Bandung : penerbit PT remaja rosdakrya.
  20. Dr. Ruhimat Toto, M.Pd.1987.Prosedur Pembelajaran.Gramedia
  21. Drs.Hadi Tisno dan Dra.Siti Ida. 2004. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka
  22. Drs.J.J Hasibuan, Dip.Ed,dan Drs.Moedjiono.1986. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : PT Pustaka Insan madani
  23. Enok Maryani, 2010. Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial, Makalah dalam Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education: Join Conference UPI dan UPSI (Bandung: 8-10 November 2010).
  24. Forgaty,Robin. 1991. How to Integrated the Curricula. Platine,Ilinois:IRI/Skylight Publising, Inc.
  25. Giri, Prasetyo. 2012. Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu Model Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
  26. Hadi Tisno.2004.Pembelajaran Terpadu.Jakarta:Universitas Terbuka
  27. Hadisubroto, dan L. Herawati S. 2000.PengembanganTerpadu: MateriPokok PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka.
  28. Hamalik, Oemar. 1991. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Akasa.
  29. Hamiyah Nur dan Jauhar Muhammad.2014.Strategi Belajar Mengajar dikelas.Jakarta:Prestasi Pustaka Jakarta.
  30. Hernawan, Asep Herry., Resmini, Novi., Andayani . 2011. Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  31. Herry, HermawanAsep. 2009. PembelajaranTerpadu di SD. Jakarta: Universitasterbuka
  32. Hery Asep, dkk. Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
  33. Hery Asep,dkk. 2008. Pembelajaran Terpadu di SD.Jakarta: Universitas Terbuka
  34. Hill.F Winfred.2011. Theoris of Learning Teori-teori Pembelajaran.Bandung: Nusa Media
  35. Huda, Miftahul. 2008. Cooperativelearning.Yogyakarta: Pustaka pelajar.
  36. Ibid. 2006. Integrasi Pendidikan Agama Islam Pada Profesional. Jakarta: Rajawali Press
  37. Joni, R. 1996. Pembelajaran Terpadu, Makalah Untuk Program Pelatihan Guru Pamong. (Jakarta: Dekdikbut).
  38. Kunandar. 2008. Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo
  39. Kurniawan, Deni. 2001. Pembelajaran terpadu Teori, Praktik dan Penilaian Panduan Bagi Mahasiswa Kependidikan, Guru, Pengawas, Penilaian Praktek Pembelajaran, Peminat dan Pemerhati
  40. Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Cendkia utama.
  41. Kurniawan, Deni. 2011. Pembelajaran Terpadu. Bandung:CV Pustaka Cendekia Utama
  42. Majid Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  43. Matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika.
  44. Melayu, Jamaris. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Tingkat Sekolah Dasar. www.jamarismelayu.com (Di akses pada 08 Maret 2016)
  45. Milan Rianto. 2006. Pendekatan, strategi, dan pembelajaran. Malang : Departemen Pendidikan Nasional
  46. Moh. Suardi, 2015,Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: CV.Budi Utama,
  47. Mu‟alimin, 2014.MenjadiSekolahUnggul, Yogjakarta: GandingPustaka.
  48. Mulyatiningsih, Endang. 2010. Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan. Depok. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  49. Mulyono Abdurrahman, 1999, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta:PT Rineka Cipta.
  50. Nana Sudjanadan Ahmad Rivai. 1991. Media Pengajaran. Bandung: SinarBaru
  51. Nasution, 1987. Teknologi Pendidikan. Bandung : CV.Jermmars Bandung.
  52. Oliva, Peter. 1992. Developing the Curriculum. The University of Michigan: HarperCollins.
  53. Pidarta, Made, 2007. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia.Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
  54. Prabowo. 1999. “Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar”. Makalah. Disampaikan pada Panel Diskusi Sosialisasi Pembelajaran Terpadu Sekolah Dasar Unggulan di Lamongan. Unesa : LPM Unesa.
  55. Prabowo.2000.“Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Terpadu dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK Milenium III”.Makalah.Disampaikan pada Seminar dan Lokakarya Jurusan Fisika FMIPA UNESA bekerja sama dengan Himpunan Fisika Indonesia (HFI) dengan tema Optimalisasi Peranan Fisika Menghadapi
  56. Perkembangan IPTEK Milenium III pada tanggal 10 Februari 2000. UNESA 2000.
  57. Prof. Dr. H Oemar Hamalik,2011, Dasar-daar pengembangan kurikulum, Bandung :penerbit PT remaja rosdakarya.
  58. Purwanto.Ngalim, 2008. Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya. PustakaCendekiaUtama
  59. Qomari.Rohmad, 2008. Model – model evaluasi pendidikan. Universitas Islam Negeri Yogyakarta.
  60. Resmini Novi dkk.2011.Pembelajaran Terpadu Di SD.Jakarta:Universitas Terbuka
  61. Rusman, 2010, model-model pembelajaran, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada
  62. Sanjaya, Wina.2011. perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  63. Sauri, Sofyan. 2011. Revitalisasi Pendidikan Sains dalam Pembentukan Karakter Anak Bangsa untuk Menghadapi Tantangan Global, Makalah dalam file.upi.edu. (Di akses pada 27 Januari Maret 2011)
  64. Sobry, Sutikno. 2002. BeberhasilanBelajarMengajar, Jakarta: RinekeCipta,
  65. Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika diIndonesia.Jakarta: Ditjen
  66. Sri Anitah W,dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  67. Subroto, Hadi. 2004. Pembelajaran Terpadu,Jakarta: Pusat penerbitan universitas terbuka
  68. Subroto, Tisno Hadi dkk. 2004. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka.
  69. Subroto, Tisno Hadi, dan Ida Siti Herawati . 2004.Pembelajaran Terpadu. Jakarta:Universitas Terbuka
  70. Subroto,Hadi.2004. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Pusat penerbitan Universitas Terbuka.
  71. Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran
  72. Tianto, 2007, Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek, Jakarta : prestasi pustaka publisher.
  73. Tim pengembang PGSD. 1996. Pembelajaran Terpadu D-II dan S-2 Pendidikan Dasar.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
  74. Tisno dan Ida,dkk. 2008. Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  75. Trianto, 2007. Model Pembelajaran terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  76. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
  77. Trianto,2010,Model Pembelajaran Terpadu,Surabaya: Bumi Aksara
  78. Trianto. 2002. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher
  79. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta. Prestasi Pustaka.
  80. Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta : Bumi Aksara
  81. Trianto.2010.Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi, dan Implementasinya Dalam
  82. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta:PT Bumi Aksara.
  83. Trianto.2011.DesainPengembanganPembelajaranTematik. Jakarta. Kencana Pranada Media Group
  84. Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional
  85. Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group